Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

					View Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Published: 2025-06-01

Articles

  • Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Zat dan Perubahannya Pelajaran IPAS Kelas X SMK

    Alifvia Desiva Maharani, Ayatusa’adah Ayatusa’adah, Mukhlis Rohmadi
    385-397
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2611
  • Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I- SETS) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIPA

    Ulfa Ize, Imam Nawawi, Ira Nurmawati
    398-406
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2601
  • Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri Lawe Kongker

    Merna Wati
    407-417
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2640
  • Analisis Bibliometrik Tren Pendekatan STEAM untuk Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 Siswa SMP Materi Bioteknologi di Indonesia

    Azmy Natarra Dinanti, Hasan Subekti, Dhita Ayu Permata Sari
    418-424
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.1563
  • Pengaruh Model Project-Based Learning (PjBL) terhadap Creative Thinking dan Creative Performance Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA

    Lutfiyatul Wafiyah, Supeno Supeno, Rusdianto Rusdianto
    425-437
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2619
  • Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif PELITA Berorientasi SDGs-12 pada Mata Pelajaran IPAS Materi Perubahan Lingkungan Kelas V SD

    Marhani Ainun Mardiah, Rosita Putri Rahmi Haerani, Mustamiroh Mustamiroh, Hety Diana Septika
    437-444
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2632
  • Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Potensi Lokal Desa Grenden Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP

    Nabila Hafizhah, Sri Wahyuni, Rusdianto Rusdianto, Isa Suhada
    445-453
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2685
  • Pengembangan Game Edukasi Berbasis Genially Materi Energi Berorientasi SDGs-7 Kelas IV Sekolah Dasar

    Berliana Tri Puspita, Rosita Putri Rahmi Haerani, Mustamiroh Mustamiroh, Hety Diana Septika
    454-461
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2689
  • Profil Penalaran Kombinatorik Siswa SMA dalam Menyelesaikan soal Cerita Berdasarkan Tipe Kepribadian MBTI

    Nurul Aini, Eny Suryowati, Arnis Ela Dwi Prameita
    462-470
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2701
  • Efektivitas Penggunaan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Berbasis Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Asam Basa

    Clara Elga Juliandha, Eny Enawaty, Andy Ifriany Harun, Erlina Erlina, Risya Sasri
    471-480
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2344
  • Development of Assessment Instruments for Scientific Literacy Skills Tests for VII Grade Junior High School Students on Global Warming Material

    Adisti Yuliastrin, Deska Indri Yani, Rian Vebrianto
    481-490
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2576
  • Analisis Kebutuhan Penilaian Kreativitas Ilmiah pada Materi Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem di SMP Swasta Muhammadiyah 1 Medan

    Kharisty Afriani, Sabani Sabani
    491-497
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2697
  • Kepraktisan E-Komik Interaktif Sebagai Media Pembelajaran pada Materi Ikatan Kimia Kelas XI SMA

    Firda Nurramdani Putri, Achmad Lutfi
    498-550
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2711
  • Guru Penggerak sebagai Agen Transformasi Pendidikan: Tinjauan Literatur terhadap Peran, Tantangan, dan Kolaborasi

    Dame Triulina Hutasoit
    551-561
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2719
  • Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Berdasarkan Kajian Literatur Terkini Tahun 2020-2025: A Systematic Literature Review (SLR)

    Bela Mustika, Afreni Hamidah
    562-568
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2637
  • S Pengembangan E-Booklet Berbasis Etnobotani Pada Upacara Pernikahan Etnis Pattinjo Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengembangan E-Booklet Berbasis Etnobotani Pada Upacara Pernikahan Etnis Pattinjo Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

    Sartika Sartika, Novia Anugra, Mulyati Rahayu
    569-578
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2710
  • Efektivitas Model Flipped Classroom dalam Pembelajaran Matematika: A Systematic Literature Review

    Hanifah Dwi Sulistiowati, Aruni Faza, Kusno Kusno
    579-587
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2725
  • Pengembangan LKPD Problem Based Learning Terintegrasi Social Emotional Learning (SEL) untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Topik Listrik

    Yolanda Nur Aini, Yudhi Utomo, Denny Fatmawati
    588-596
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2735
  • Praktik Pembelajaran Hadap Masalah Paulo Freire pada Siswa di Sekolah Alam Selasar

    Annisa Qoulan Sadida, Siany Indria Liestyasari
    597-604
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2742
  • Penggunaan Media Ajar PANDITA (Papan Piktogram dan Diagram Batang) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Keboananom Sidoarjo

    Firda Shahira, Alfathi Finna Hari, Arista Anggun Sa’adah Fatiah Fitri, Erna Puji Astutik, Sutikno Sutikno
    605-613
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2747
  • Penggunaan Chatbot Interaktif Berbasis Poe AI dan Mathpix dalam Mempersiapkan Calon Guru Adaptif di Era Society 5.0

    Nursyam Anaguna, Sri Wardani -, Nurtaqiya -, Sitti Inaya Masrura
    614-623
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2755
  • Pengaruh Efikasi Diri, Minat Belajar, dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Dasar

    Nursiwi Nugraheni, Chintya Pramugita
    624-634
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2793
  • Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar IPAS Materi Tumbuhan pada Siswa Kelas IV SDN Gayamsari 01

    Irma Bella Puspitasari, Fine Reffiane, Mira Azizah
    635-642
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2831
  • Pengaruh Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheet dengan Pendekatan Saintifik terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Karakter Gotong Royong Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA

    Ali Sodikin, Supeno Supeno, Mohammad Imam Farisi
    643-653
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2614
  • Food Chemical Quality Assessment : Food and Beverages Products Case Study in Malang City

    Mika Vernicia Humairo, Alfian Ihza Mahendra, Caroline Renee Lesmana P, Jihan Alfin Salsabilla, Nadya Nurhikmah, Yudha Eka Pratama
    654-659
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2708
  • Pengembangan Asessmen Formatif dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Aplikasi Quizizz pada Siswa Kelas X MAN 1 Sumbawa

    Indah Dwi Lestari, Wiwi Noviati, Sri Dayanti
    660-669
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2737
  • Pengembangan E-Book Berbasis Canva pada Pembelajaran IPAS Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Siswa SD Kelas V

    Alfionita Frederika Marindo, Maria Yuliana Kua, Fransiskus Xaverius Dolo, Dek Ngurah Laba Laksana
    670-679
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2815
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi IPA Kelas V UPTD SDI Kolokoa

    Angeliani Permata Liu, Yosefina Uge Lawe, Prisko Yanuarius Djawaria Pare, Ngurah Mahendra Dinatha
    680-685
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2829
  • Penerapan Model Problem Based Learning berbasis Sosio Scientific Issue untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah di SMP Negeri 4 Jember

    Rizky Diana Sari, Mutiara Shofia Zahra, Rimza Nuralifah Widyasari, Sri Wahyuni, Susiani Susiani
    685-692
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2734
  • Pengaruh Teknik Round Robin dalam Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa

    Nurdianah Abdul Kadir, Usman Usman, Agung Rahmadani
    693-698
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2770
  • Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Sikap Ilmiah dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks

    Reni Andriani, Zulkarnain Gazali
    699-705
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2773
  • Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa melalui Penerapan Padlet Berbasis RICOSRE pada Mata Kuliah Biologi Umum

    Ika Dewi Sumiati, Intan Lestari Mulyaning Tyas
    706-714
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2780
  • Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching Kearifan Lokal Gamelan Jawa Materi Gelombang Bunyi untuk Memfasilitasi Keterlibatan Siswa

    Yana Lazuardhana Shalsabilla, Yudhi Utomo, Denny Fatmawati
    715-723
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2796
  • Pengembangan LKPD berbasis Socio-scientific Issues untuk Memfasilitasi Kemampuan Argumentasi Tertulis Siswa

    Zahra Fajarani, Yudhi Utomo, Denny Fatmawati
    724-730
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2798
  • Penggunaan LKPD berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang

    Akeu Pitriyani, Shinta Purnamasari, Andinisa Rahmaniar
    731-740
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2802
  • Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Kelas X melalui Penggunaan Simulator Interaktif pada Materi Bentuk Molekul

    Ayunda Lingga Pranova, Muntholib Muntholib, Dasianto Dasianto
    741-750
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2805
  • Application of Project Based Worksheet to Develop Students' Scientific Performance through Making Hand Cream from Black Rice Kefir

    Dila Delima, Neneng Windayani, Riri Aisyah, Risa Rahmawati Sunarya, Yulia Sukmawardani
    751-764
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2853
  • Efektivitas Penggunaan LAPD dengan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

    Sayyida Alifia Putri Karima, Suyono Suyono, Antina Delhita
    765-772
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2795
  • Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Getaran, Gelombang, Bunyi dan Sistem Pendengaran

    Nur Rahmah, Nor Indriyanti, Jumriani Jumriani, Aulia Rahmadhani, Besse Mutmainnah
    773-782
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2799
  • Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Sekolah Dasar Berbasis Hakekat Sains untuk Peningkatan Literasi Sains Siswa

    I Komang Wisnu Budi Wijaya, I Made Candiasa, I Nyoman Jampel, Ketut Suma
    783-787
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2909
  • Analisis Minat Belajar Sains Siswa SMA Negeri 3 Woja di Era Digital

    Nasruddin Nasruddin, Muh. Irfan, Nur Islamiati, Yeni Rahmawati
    788-792
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2933
  • Identifikasi Pemahaman Calon Guru SD Mengenai Inkuiri Ilmiah

    Ince Raudhiah Zahra, Novira Anjani
    793-802
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2849
  • Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Peserta Didik pada Materi Keanekaragaman Hayati

    Afifah Wardah, Ridwan Abdullah Sani
    803-814
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2835
  • Pola Miskonsepsi Siswa dalam Konsep Bunga dan Pajak: Studi Komparatif Pemodelan Matematis di SMKN 3 Pinrang

    Iqbal Mukaddas, Abdul Hakim Junaid, Hariyady Hariyady
    815-823
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.3041
  • Literature Review: Analisis Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Pembelajaran OBE

    Vinalia Amanda, Aini Habi Ruhmi, Rosa Gustiara, Cantika Rusmaleni, Fitri Astriawati, Jodion Siburian, Lely Mardiyanti
    824-833
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2996
  • Pengaruh Metode Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Puzzle untuk Menstimulus Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI MIA Pokok Bahasan Termodinamika

    Adji Chencana Suryadinata, Rachmat Rizaldi, Sheila Fitriana, Nana Mardiana, Syahwin Syahwin, Tri Astuti Mardiana
    834-842
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2758
  • Optimalisasi Penerapan 5S dalam Pengelolaan Laboratorium Sekolah Menengah untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Siswa

    Nora Herliza, Ayu Sekar Sari, Nia Three Manurung, Hamdi Akhsan, Iful Amri
    843-851
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2775
  • Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Pendekatan Diferensiasi Berbasis PJBL Berbahan Limbah Anorganik pada Materi Ekosistem

    Zakiyatur Rizqi, Faiq Makhdum Noor
    852-861
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2890
  • Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Mendalam Berbantuan E-Modul Interaktif Berbasis Desmos terhadap Pemahaman Konsep Turunan

    Agnes Katrina, Rizka Fitria Syabila, Iwan Martua Simbolon, Rafael Tampubolon, Budi Halomoan Siregar
    862-870
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2955
  • Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA

    Muhidin Muhidin, Suparman Suparman
    871-877
    DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.3097