Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri Lawe Kongker

  • Merna Wati Sekolah Tinggi ilmu Tarbiah Babussalam Aceh Tenggara

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti di SD Negeri Lawe Kongker, diketahui bahwa sebagian besar siswa kelas IV menganggap matematika sebagai pelajaran yang membosankan, sulit, dan tidak menarik. Hal ini berdampak langsung pada rendahnya minat dan hasil belajar siswa dalam pelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Lawe Kongker. Masalah yang dihadapi adalah rendahnya hasil belajar siswa sebelum diterapkan media pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksipenelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Lawe Kongker. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, dari 22 siswa hanya 9 siswa (40,90%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai kelas 69. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan yaitu 18 siswa (81,8%) mencapai ketuntasan. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan media gambar menunjukkan peningkatan keaktifan dalam bertanya, berdiskusi, dan menyampaikan pendapat selama proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Disarankan kepada guru untuk menggunakan media gambar sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa serta meningkatkan keterlibatan dan pemahaman materi secara lebih menyenangkan dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas, Media Gambar, Hasil Belajar, Matematika

References

Arikunto, S., & Cepi Abdul Jabar, S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Maha-siswa dan Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara.

Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran di kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500.

Fennilla Fadhila, R., Kurniawan, K., & Syahindra, W. (2023). Strategi Guru Menggunakan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 01 Merigi. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Lestari, A. . (2022). Pengembangan media pembelajaran lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis web liveworksheet di SMAN 5 Metro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, 1(1), 39–49.

Mulyati, T., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2021). Pembelajaran interaktif melalui media komik sebagai solusi pembelajaran dimasa pandemi. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 8(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.

Permatasari, A. J. (2025). Penerapan Media Gambar Dalam Materi Membaca, Menulis, Berhitung Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Siswa SD Kelas Rendah. Universitas PGRI Madiun.

Rudini, M., & Saputra, A. (2022). Kompetensi pedagogik guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis tik masa pandemi covid-19. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 841–852.

Supardi, K. (2017). Media visual dan pembelajaran IPA di sekolah dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 2(1), 160–171.

Wahab, A., Junaedi, S. P., Efendi, D., Prastyo, H., PMat, M., Sari, D. P., & Wicaksono, A. (2021). Media pembelajaran matematika. Yayasan. Penerbit Muhammad Zaini.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936.

Published
2025-04-22
How to Cite
Merna Wati. (2025). Efektivitas Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri Lawe Kongker. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(2), 407-417. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2640
Abstract viewed = 93 times
PDF downloaded = 85 times