Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I- SETS) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIPA

  • Ulfa Ize Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Imam Nawawi Madrasah Aliyah Negeri 2 Jember
  • Ira Nurmawati Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Abstract

Ilmu sains dapat dipadukan dengan nilai-nilai keagamaan, serta aspek lingkungan, teknologi, dan sosial masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai efektivitas model pembelajaran terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS) terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada topik sistem reproduksi manusia. Metode penelitian yang digunakan Quasi Exsperimental Design dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran I-SETS dan tes. Analisis data menggunakan uji N-Gain dan Uji Z, dengan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: 1) Kelas eksperimen memiliki rerata skor pretes sebesar 51,46 dan skor posttes sebesar 84,97, sedangkan kelas kontrol memperoleh skor pretes sebesar 52,97 dan skor posttes sebesar 79,81. 2) Hasil analisis N-gain menunjukkan bahwa kelas kontrol memperoleh skor sebesar 0,5313 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan kelas eksperimen memperoleh skor N-gain sebesar 0,7022 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan Hasil perhitungan uji Z menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, yang menunjukkan bahwa Ha diterima “ada perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan I-SETS”. Kesimpulan dari penelitian pembelajaran terintagrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I-SETS) terbukti efektif dalam menunjang pencapaian hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem reproduksi manusia dalam konteks pembelajaran di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pembelajaran Terintegrasi, Islamic-Science Environment Technology Society, I-Sets, Hasil Belajar

References

Badrul Uyun, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. 6(2), 2023.

Chanifudin, C., & Nuriyati, T. (2020). Integrasi Sains dan Islam dalam Pembelajaran. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 212–229. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i2.77

Hidayati, N., & Irmawati, F. (2021). A Survey on the SETS-Based Human Anatomy and Physiology Course: Analysis of Instruments for Assessing Critical Thinking Skills Using Multimedia. Proceeding Biology Education Conference, 17(1), 112–119.

Jakni. (2016). Metode Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Khasanah, N. (2015). SETS (Science, Environmental, Technology and Society) sebagai pendekatan pembelajaran IPA modern pada kurikulum 2013. Seminar Nasional Konservasi Dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam, 270–277.

Laila Puspita, Ruhban Masykur, Yayan Eko Saputro, K. (2022). “The Development Of Worksheets Students Based I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology, Society) Skills To Tain Students Thing Critically.” Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 77–82. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JPB

Mery Safitri. (2018). “Pengaruh Penggunaan Modul Biologi Berbasis I-Sets (Islamic, Science, Environment, Technology And Society) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Anxiety (Kecemasan) Siswa Kelas X Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung”. Skripsi. (Vol. 2016).

N. Norhidayah. (2014). “Pembelajaran I-SETS (Islamic, Science, Environment, Technology and Society) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Darul Ulum Palangka Raya” Skripsi, IAIN Palangkaraya. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/121/.

NGSS (National Generatin Science Standars). (2013). “Appendix J: Science, Tecnology, Society and Environment”. Washington DC: NTA (National Academies Press).

Nurhasanah, Siti. Statistika Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika., 2019.

Popilaya, Padila., Budi, Astuti. (2020). Pembentukan Karakter Religius Dan Komunikatif Melalui Majalah Fisika Berbasis I-SETS (Islamic, Science, Envaironment, Technology, Society). Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang Press, 1-12.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS INKUIRI TERINTEGRASI SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DEVELOPMENT OF SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY BASED ON SCIENCE INQUIRY IN THE HUMAN REPRODUCT. J. Pijar MIPA, 13(3), 74–78. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1256

Rahmaniati, R., & Supramono, S. (2015). Pembelajaran I�SETS (Islamic, Science, Environment, Technology and Society) terhadap Hasil Belajar Siswa. Anterior Jurnal, 14(2). https://doi.org/10.33084/anterior.v14i2.185

Ratunguri, Y. (2015). Pembelajaran Berbasis Saintifik Terhadap Sikap Berpikir Ilmiah Mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Negeri Manado. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.66

Setiyo Ningrum, L., Imam Supardi, K., & dan Sri Haryani, J. (2020). Pengembangan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon Smk. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2490–2497.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan ). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)., Alfabeta: 2017

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)., Alfabeta.

Subana, et. All., statistik pendidikan, ”belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi” (2015) (jakarta pt bineka cipta)

Vidiarti, E., Zulhaini, Z., & Andrizal, A. (2019). Analisis Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Kurikulum 2013. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 102–112. doi: 10.18860/jpai.v5i2.5858

Yulistiana, Y. (2015). Penelitian Pembelajaran Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, And Society) dalam Pendidikan Sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 76–82. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.169

Zaini, M. (2020). Penguatan Manajemen Kurikulum Terintegrasi Pada Madrasah di Lingkungan Pesantren. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 11(1), 79–103. https://doi.org/10.36835/falasifa.v11i1.278

Published
2025-04-22
How to Cite
Ulfa Ize, Imam Nawawi, & Ira Nurmawati. (2025). Pengaruh Pembelajaran Terintegrasi Islamic-Science Environment Technology Society (I- SETS) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI MIPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(2), 398-406. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i2.2601
Abstract viewed = 52 times
PDF downloaded = 48 times