Integrasi Literasi Sains pada Bahan Ajar Berbasis Socio Scientific Issues

  • Neli Wisdayana SMPN 1 Bandar Negeri Semuong
  • Achyani Achyani Universitas Muhammadiyah Metro
  • Arif Rahman Aththibby Universitas Muhammadiyah Metro
  • Dasrieny Pratiwi Universitas Muhammadiyah Metro

Abstract

Literasi sains merupakan kompetensi mendasar yang harus diperoleh siswa”untuk memahami dan menerapkan konsep-konsep ilmiah dalam konteks sosial. Salah satu faktornya yaitu sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran sering kali tidak memadai untuk mendukung pengembangan literasi sains. Dengan mengintegrasikan literasi sains dalam konteks pengembangan bahan ajar berbasis socio scientific issues (SSI) diharapkan bisa memfasilitasi peserta didik untuk berliterasi sains. Tujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.”Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Lingkup penelitian ini dibatasi pada tahap Development untuk memastikan fokus pada proses pengembangan bahan ajar. Penyempurnaan bahan ajar ini melalui tahapan data kualitatif yang diambil berdasarkan hasil validator ahli materi, validator ahli media, dan validator ahli bahasa dengan teknil analisis data menggunakan uji Aiken V. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria yang ditetapkan validitas materi dengan rata-rata 0,90 (sangat tinggi), validitas media dengan rata-rata 0,74 (tinggi) dan validitas bahasa dengan rata-rata 0,76 (tinggi). Secara keseluruhan, bahan ajar berbasis sosio scientific issues ini dinilai layak dan memenuhi kriteria validitas yang diperlukan dalam konteks penggunaannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Literasi Sains, Bahan Ajar, Socio Scientific Issues, Penelitian dan Pengembangan, ADDIE

References

Aisya, Naafi Wibowo, Y., & Aminatun, T. (2017). The Influence Of Socio-Scientific Issues On Reflective Judgment Of High School’s Student In Ecosystem Material. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 14. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5346

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison of students’ scientific literacy in integrated science learning through model of guided discovery and problem based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31–37. https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5786

Efendi, N., & Barkara, R. S. (2021). Studi literatur literasi sains di sekolah dasar. Jurnal Dharma PGSD, 1(2), 57–64.

Jufri, W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains: Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Pustaka Reka Cipta.

Latif, A., Pahru, S., & Muzakkar, A. (2022). Studi Kritis Tentang Literasi Sains dan Problematikanya di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9878–9886. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4023

Mamba’ul Khikmah, Elok Sudibyo, R. W. M. (2024). EFektivitas Pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA.pdf.

Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.

Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2019). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 8–16. https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4162

Nurhalimah, S., Latip, A., & Purnamasari, S. (2024). Analisis Pendekatan Socio-Scientific Issues (Ssi) DalamPembelajaran Ipa Terhadap Literasi Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 1987–2000.

OECD. (2016). Adult Financial Literacy Competencies CORE COMPETENCIES FRAMEWORK ON. Financial Literacy and Education Trust Fund, 1–100.

OECD. (2023). PISA 2022 Results. In Factsheets: Vol. I.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran, 9, 34–42.

Rahmayanti, B. F., & Andayani, Y. (2023). Validasi E-Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issue (SSI) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Sains Peserta Didik. JCAR: Journal of Classroom Action Research, 5(Special Issue), 293–299.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Retnowati, A. (2019). Pengembangan instrumen penilaian sikap tanggung jawab siswa SMP. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(1), 76–84. https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.3591

Rohmawati, E., Widodo, W., & Agustini, R. (2018). Membangun Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berkonteks Socio-Scientific Issues Berbantuan Media Weblog. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 8. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi bahan ajar dengan konteks socio-scientific issues pada materi zat aditif makanan untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814

Yuliantika, D., & Ellizar, E. (2019). Pengembangan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas X SMA/MA. Edukimia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a4

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Published
2025-03-01
How to Cite
Neli Wisdayana, Achyani Achyani, Arif Rahman Aththibby, & Dasrieny Pratiwi. (2025). Integrasi Literasi Sains pada Bahan Ajar Berbasis Socio Scientific Issues. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 40-50. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2164
Abstract viewed = 74 times
PDF downloaded = 56 times