Pengaruh E-Kombus (Elektronik Komik Balok dan Kubus) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

  • Andi Asrafiani Arafah Universitas Mulawarman
  • Dita Nurlina Universitas Mulawarman
  • Sukriadi Sukriadi Universitas Mulawarman
  • Masriani Masriani Universitas Negeri Makassar

Abstract

Hasil belajar merupakan komponen penting dalam pendidikan karena dengan hasil belajar kita bisa mengetahui keberhasilan dari sebuah pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa SDN 007 Sungai Kunjang setelah menggunakan media pembelajaran berupa E-KOMBUS (Elektronik Komik Balok dan Kubus). Untuk medapatkan hasil tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif pre-experimental designs dengan menggunakan desain penelitian one grup pretest posttest designs. Untuk mendapatkan data yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti menggunakan instrumen tes untuk mendapatkan nilai hasil belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh uji asumsi normalitas shapiro-wilk menunjukkan bahwa hasil pretest E-KOMBUS terdistribusi normal karena nilai P Valuenya yakni 0,005 sedangkan hasil posttest terdistribusi tidak normal karena nilai P Valuenya yakni 0,001. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk dilanjutkan ke pengujian hipotesis menggunakan analisis non parametrik yakni analisis uji wilcoxon sebagai alternatif dari pengujian paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan wilcoxon diperoleh hasil bahwa penggunaan E-KOMBUS memiliki pengaruh yang signifikan karena nilai P Valuenya 0,000. Sedangkan untuk nilai N-Gain Scorenya diperoleh N-gain Skor pada mean sebesar 0.7033 yang artinya nilai tersebut berada pada kategori tinggi karena nilainya sebesar g>0,7. Sedangkan untuk nilai N-gain persen pada mean sebesar 70.3350 yang artinya nilai tersebut berada pada kategori cukup efektif karena nilainya sebesar 56-75. Kesimpulannya bahwa treatment atau metode yang digunakan dalam hal ini E-KOMBUS memiliki pengaruh yang cukup efektif dalam perubahan hasil nilai belajar peserta didik pada SDN 007 Sungai Kunjang. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa media pembelajaran E-KOMBUS memiliki pengaruh dan cukup efektif untuk meningkatkan nilai hasil belajar peserta didik pada materi balok dan kubus di SDN 007 Sungai Kunjang.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: E-KOMBUS, Elektronik Komik, Balok Kubus, Hasil Belajar

References

Ambaryani, & Airlanda, G. S. (2017). Pengembangan media komik untuk efektifitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif materi perubahan lingkungan fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 3(1), 19–28.

Amin, F. I., Sumarni, S., & Somakim, S. (2021). Pengembangan Media Interaktif pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Adobe Animate di Kelas V. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(2), 147. https://doi.org/10.17977/um009v30i22021p147

Amin, M., & Jamilah, I. I. (2024). Introducing KPK and FPB Material Using Pahima Media (Mathematics Counting Board) for Grade V Students in Elementary School. Journal of Insan Mulia Education, 2(2), 69–80. https://doi.org/10.59923/joinme.v2i2.182

Diergarten, K. A., Mockel, T., & Nieding, G. (2017). The Impact of Media Literacy on Children’s Learning from Films and Hypermedia. Journal Of Technical Education, 21, 33–41.

Fanani, M. A. (2023). The Urgency of Facilities and Infrastructure in Improving the Quality of High School Education. Journal of Insan Mulia Education, 1(2), 38–44. https://doi.org/10.59923/joinme.v1i2.6

Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073

Hidayah, N., & Ulva, R. K. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34–46.

Ntobuo, N. E., Arbie, A., & Amali, L. N. (2018). The development of gravity comic learning media based on gorontalo culture. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 246–251.

Nurwidayanti, D., & Mukminan, M. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi ditinjau dari gaya belajar siswa SMA Negeri. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 105–114. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i2.17743

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385

Rachmadtullah, R., Nadiroh, N., S, S. M., & Zulela, M. S. (2018). Development of Interactive Learning Media on Civic Education Subjects in Elementary School. Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). Atlantis Press.

Ruiyat, S. A., Yufiarti, Y., & Karnadi, K. (2019). Peningkatan keterampilan berbicara dengan bercerita menggunakan komik elektronik temati. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 518–526.

Saputra, H. G., & Zinnurrain. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Ms Powerpoint Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1).

Shomad, M. A., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Journal Of Techonolgy Mathematics And Social Science), 2(2), 2829–3363.

Silva, I. P., Purnomo, D., & Zuhri, M. S. (2019). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme Berbantu Media E-Book Berbasis Android terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar pada Siswa Kelas X di SMKN 11 Semarang. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 310–316. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4859

Soulissa, S. M., Smith, A., & Matdoan, M. N. (2020). Hubungan Bahan Ajar Ebook Berbasis Android Dan Berpikir Kritis Konsep Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Bula. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 6(2), 109–116. https://doi.org/10.30598/biopendixvol6issue2page109-116

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135–141.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparmi, S. (2018). Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 62–68. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5196

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(1), 75–82. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i1.409

Published
2025-03-01
How to Cite
Andi Asrafiani Arafah, Dita Nurlina, Sukriadi, S., & Masriani, M. (2025). Pengaruh E-Kombus (Elektronik Komik Balok dan Kubus) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 120-128. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2199
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 16 times