Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Kelas V SD
Abstract
Pendidikan berbasis digital khususnya mata pelajaran matematika saat ini masih menjadi pelajaran yang sulit bagi siswa untuk memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Media pembelajaran belum dipergunakan dengan maksimal untuk proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun datar kelas V SDN 15 Cakranegara. Populasi penelitian mencangkup seluruh siswa kelas V SDN 15 Cakranegara yang berjumlah 44 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasy Experimental Design) dengan pendekatan Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh dan instrument penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t independent sample t-test dan uji N-Gain dengan bantuan SPSS 25. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai uji t Independent sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05 dengan t-hitung 6.858 > 1,682 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, dan dibuktikan dengan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-Gain skor untuk kelas eksperimen sebesar 63,27 atau 63% termasuk ke dalam kategori cukup efektif dengan arti Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar Kelas V SDN 15 Cakranegara.
Downloads
References
Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404–417. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i2.35391
Aprilia, A., & Nur Fitriana, D. (2022). Mindset Awal Siswa terhadap Pembelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Journal Elmentary Education, 1(2), 28–40.
Atmoko, S. W., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2017). Development of Main media (mathematical snakes and ladders) in solving mathematical problems in the material of the perimeter of plane figure in grade III SD / MI. Al Ibtida: Journal of MI Teacher Education, 4(1), 120.
Faturrochmah, H., Sary, R. M., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 310–321. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1404
Fredlina, K. Q., Putri, G. A. M., & Astawa, N. L. P. N. (2021). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Journal Information, 1(1), 1–6.
Fuadi, M., & Asriyadin, A. (2022). Pengaruh Model Pembeljaran Situated Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4). https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4073
Handayani, D. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Kritis pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(1), 98–105. https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3985
Hasbiya, O., Jannah, M., Adiesty, J. I., Fadjrin, R. S., Nurkholifah, S., Hayati, S. D., Marini, A., Guru, P., & Dasar, S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ips Sd. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 19–32.
James, W., Elston, D., & Treat, J. (2022). Pembelajaran Problem Based Learning. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 5(3), 1138–1145.
Jenah, R. (2021). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Secara Daring Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SD Negeri 2 Pahandut Palangkaraya.
Karso. (2019). Pembelajaran Matematika di SD. Pendidikan Matematika I, December 2019, 17.
Kusnita, Y. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Reproduksi. 3(2), 3–6.
Maghfiroh, K. (2018). Jurnal Profesi Keguruan. 4(1), 64–70.
Nida Winarti, Maula, L. H., Amalia, A. R., Pratiwi, N. L. A., & Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 552–563. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2419
Pradika, L., & Syamsuri, S. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa Smp Di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(1), 47. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6886
Putri, N. M., & Hamimah, H. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Wordwall Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 95–99. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.99
Simbolon, H., Sofiyan, & Ramadhani, D. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bangun Datar SD Negeri 7 Langsa. Basic Education Studies, 2(1), 100–111.
Tsaqila, S., & Astriani, L. (2023). Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit E-ISSN:2745-6080 ANALISIS MATH ANXIETY DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS 5 SISWA SEKOLAH DASAR.
Wulandari, A. N., & Mawardi, M. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel Bangun Datar Berbasis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas 4 SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.