Pengembangan E-Asesmen Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Fitri Kurniati Universitas Negeri Semarang
  • Ika Ratnaningrum Universitas Negeri Semarang

Abstract

Kurangnya variasi dalam asesmen di akhir pembelajaran dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar, karena siswa cenderung bosan mengerjakan soal yang kurang bervariasi dan bersifat konvensional menggunakan kertas. Penelitian ini bertujuan mengembangkan, melakukan uji kelayakan, serta mengetahui respon dari siswa dan guru terhadap asesmen berbasis elektronik (e-asesmen) berbasis liveworksheet ini. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Fokus materi penelitian yaitu harmoni dalam ekosistem. Dengan subjek penelitian yaitu 30 siswa, guru, validator materi, dan validator media. Proses pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan angket yang kemudian dilakukan uji validasi oleh ahli media dan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-asesmen berbasis liveworksheet sangat layak digunakan, dengan skor rata-rata validator materi sebesar 90,27% dan validator media sebesar 88,88%, dan dikategorikan sangat layak. Skor tanggapan siswa kelompok kecil yaitu 95,83%, dan kelompok besar memperoleh persentase 97,53%. Tanggapan guru pada kelompok kecil sebesar 93,75% dan pada kelompok besar 97,92%, dimana respon guru dan siswa masuk dalam kategori sangat layak. Efektivitas e-asesmen berbasis liveworksheet ini juga termasuk kategori tinggi, dengan nilai rata-rata N-Gain 0,84 kelompok kecil dan 0,74 kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut, e-asesmen berbasis liveworksheet dinyatakan sangat layak digunakan dalam asesmen pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Pengembangan, E-Asesmen Berbasis Liveworksheet, Hasil Belajar

References

Alfurqan, Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A. (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal : Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 10(2), 213–222. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alawlad/article/view/2579

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashari, M. K., Athoillah, S., & Faizin, M. (2023). Model E-Asesmen Berbasis Aplikasi pada Sekolah Menengah Atas di Era Digital: Systematic Literature Review. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 132. https://doi.org/10.30659/jpai.6.2.132-150

Atmojo, I. R. W., Matsuri, M., Adi, F. P., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Pemanfaatan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Muatan IPA Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Jajar Kota Surakarta. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 241. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5514

Daryanto, J., Rukayah, R., Sularmi, S., Budiharto, T., Atmojo, I. R. W., Ardiansyah, R., & Saputri, D. Y. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Media LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Pada Masa Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 3(2), 319. https://doi.org/10.33394/jpu.v3i2.5516

Devega, A. T., & Suri, G. P. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk siswa SMK. Engineering And Technology International Journal, XIII(2), 8. https://doi.org/https://doi.org/org/10.55642/eatij.v1i01.39

Faidah, N. N., Hadiansah, Listiawati, M., & Yamin, I. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Liveworksheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Kiprah Pendidikan, 2(2), 194–208. https://doi.org/10.33578/kpd.v2i2.182

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–147.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919

Giati, A., & Aufa, A. A. (2022). Studi Korelasi Penerapan E-Assessment terhadap Perkembangan Kemampuan Regulasi Diri Siswa Sekolah Menengah Atas. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–10. http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/al-ulya/index

Gusti Ayu Putu Trisna Wulandari, Ida Bagus Putrayasa, I. N. M. (2018). Pemanfaatan LKPD Liveworksheet Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(1), 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Harmayanti, W., Arjudin, A., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tabung Penjumlahan Berbasis Montessori Untuk Siswa Kelas II SDN 3 Kabar Lombok Timur Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2135–2145. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.894

I Putu Wahyu Paramartha, Sudi Prayitno, G., Ida, & Prabandari, A. D. (2024). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan liveworksheet untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Mandalika Mathematics and Education Journal, 6(2), 462–475. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jm.v3i1.7804

Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081

Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3912

Mulyasari, R., Irvan, & Doly, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Model ADDIE (Sekolah Dasar). Jurnal Genta Mulia, 14(1), 334–342. https://doi.org/https://doi.org/10.61290/gm.v14i1.698

Muthoharoh, M., Kirna, I. M., & Indrawati, G. ayu. (2017). Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 13. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12805

Palumpun, N. S., Wilujeng, I., Suryadarma, I. G. P., Suyanta, S., & Syaukani, M. H. (2022). Identifikasi Kemandirian Belajar Peserta Didik Menggunakan E-Modul Berbantuan Liveworksheet Terintegrasi Potensi Lokal Toraja. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 558–565. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1245

Prabowo, A. (2021). Penggunaan Liveworksheet dengan Aplikasi Berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 1(10), 383–388. https://doi.org/10.52436/1.jpti.87

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pusataka Belajar.

Risyani, S., Sihotang, J. K., Prastia, A. L., Putra, A., & Fahlapi, R. (2024). Perbedaan Sistem Pendidikan Indonesia Dengan Negara-Negara Di Asia Tenggara. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(Juni), 343–350.

Selvi Aryani Damayanti, A. B. (2024). 1 , 2 1,2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(Desember 2024), 675–684. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.18920

Sintian S Yakop, Muhammad Yusuf, T. J. B. (2024). Jurnal jendela pendidikan. 4(03), 257–265.

Soamole, S., Amiroh, D., & Salim, A. (2024). Pengembangan E-Formative Assessment Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Balikan Video Tik Tok. SAINTIFIK@: Jurnal Pendidikan MIPA, 8(2), 2–5. https://doi.org/10.33387/saintifik.v8i2.7349

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tridane, M., Belaaouad, S., Benmokhtar, S., Gourja, B., & Radid, M. (2015). The Impact of Formative Assessment on the Learning Process and the Unreliability of the Mark for the Summative Evaluation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 680–685. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.058

Widiana, I. W. (2022). Dampak Penggunaan E-learning Berbasis Asesmen Proyek Terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 162–172. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48850

Widyastuti, S. A., Artharina, F. P., & Cahyadi, F. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Live Worksheets Untuk Meningkatkan Higher Order of Thingking Skill Siswa Sekolah Dasar. Wawasan Pendidikan, 3(1), 403–412. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11781

Wijayanti, A. (2023). PENGEMBANGAN MODEL E-ASESMEN UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN ORANGTUA DI LINGKUNGAN PAUD. IJCE (Indonesian Journal of Community Engagement), 4(01), 1–7.

Wijayanti, Jamilah, F., Herawati, T. R., & Kusumaningrum, R. N. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian KEpada Masyarakat, 3(2), 43–49. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2024.15(3).%25p

Wulan, A. R., Isnaeni, A., & Solihat, R. (2019). Penggunaan Asesmen Elektronik Berbasis Edmodo Sebagai Assessment for Learning Keterampilan Abad 21. Indonesian Journal of Educational Assesment, 1(2), 1. https://doi.org/10.26499/ijea.v1i2.7

Zakarina, U., & Ramadya, A. D. (2024). Integrasi Mata Pelajaran Ipa Dan Ips Dalam Kurikulum Merdeka Dalam Upaya Penguatan Literasi Sains Dan Sosial Di Sekolah Dasar. Damhil Education Journal, 4, 50–56. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2487

Published
2025-03-01
How to Cite
Fitri Kurniati, & Ika Ratnaningrum. (2025). Pengembangan E-Asesmen Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 20-30. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2253
Abstract viewed = 97 times
PDF downloaded = 85 times