Pengembangan E-LKPD Berbasis Guided Discovery Learning dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains pada Tema Zat yang Terkandung pada Makananku
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan bahwa Keterampilan Proses Sains siswa yang masih belum maksimal. Hal ini disebabkan karena banyaknya pembelajaran yang monoton dan hanya mengembangkan beberapa keterampilan sehingga lebih mengutamakan hasil akhir dibandingkan dengan proses. Selain itu, penggunaan Bahan Ajar juga belum dimaksimalkan dengan baik dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk Bahan Ajar berupa E-LKPD berbasis Guided Discovery Learning dengan memuat pendekatan Keterampilan Proses Sains pada pokok bahasan Zat Aditif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan tingkat validitas produk dan memberikan penjelasan tentang tingkat keterbacaan produk E-LKPD berbasis Guided Discovery Learning kepada siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research & Development dan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) dikembangkan oleh Thiagarajan dan dibatasi pada tahap ke tiga, yaitu Develop. Lembar kuesioner validasi dan lembar kuesioner keterbacaan digunakan sebagai instrumen dalam penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa produk E-LKPD berbasis Guided Discovery Learning yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase kevalidan sebesar 88,64%. Selain itu, berdasarkan persentase keterbacaan produk memperoleh persentase rata-rata sebesar 79,52% berdasarkan aspek tampilan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hal tersebut, produk yang telah dikembangkan dapat dilanjutkan menuju tahap disseminate.
Downloads
References
Achirul Abadin, Ab. H. R. (2022). Analisis Kemampuan Siswa SMP dalam Memeriksa Kembali Pada Pemecahan Masalah Kontekstual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 21–29. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/25554/23429
Adawiyah, R., Santri, I. P., & Laksana, A. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Guided Discovery dan Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 702–710. https://doi.org/10.56832/edu.v2i2.358
Afianti, D. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran. EduTech Journal, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.62872/mp5y5475
Ahmad Dhomiri, Junedi Junedi, & Mukh Nursikin. (2023). Konsep Dasar dan Peranan serta Fungsi Kurikulum dalam Pendidikan. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(1), 118–128. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i1.972
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Anda, H. (2022). PENGARUH GUIDED DISCOVERY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES DAN PEMAHAMAN KONSEP DARI TINGKAT KETERAMPILAN BERPIKIR SISWA SMA. Penambahan Natrium Benzoat Dan Kalium Sorbat (Antiinversi) Dan Kecepatan Pengadukan Sebagai Upaya Penghambatan Reaksi Inversi Pada Nira Tebu, 2(3), 385–397.
Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692
Anggara, A., Amini, F., Siregar, M., Muhammad, F., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 1899–1904.
Ariani, D., & Meutiawati, I. (2019). Jurnal Phi Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) berbasis discovery learning pada materi. 5(1), 14–20.
Ariyani, R. D., Indrawati, & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery (Gd) Disertai Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Ipa (Fisika) Di Smp. JurnalPembelajaranFisika, 6(4), 397–403.
Arsanti, M. W. O. P. Z. I. S. S. S. N. H. H. C. (2022). Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Analisis Kesalahan Berbahasa berdasarkan Kompetensi Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, Vol 9, No(1), 41–50.
Asthararianty, & Lesmana, F. (2018). Studi Hermeneutik: Desain Layout Buku Biografi Merry Riana. Nirmana, 18(1), 13–19. https://doi.org/10.9744/nirmana.18.1.13-19
Costadena, M. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Discovery Learning pada Muatan IPA Materi Ekosistem. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 180–190. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.45848
E. Triani, Darmaji, & Astalini. (2023). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.56996
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Hanum, L., & Amini, R. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Aplikasi Book Creator di Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 2183–2194. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7963
Hasanah, I., & Wisanti. (2023). Pengembangan E-Lkpd Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi. BioEdu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 12(3), 707–718. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–9.
Mulyani, M. (2023). Alur Ceria Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas X SMA dalam Konteks Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 142–148. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7189
Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304
Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920
Purwulan, H. (2024). Kajian Permasalahan Bidang Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(01), 9–17. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.683
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putri, A., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan E-Modul IPA Berbasis Adobe Flash Pada Tema Makananku Kesehatanku Untuk Kelas VIII SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.143-150
Putri, W. A., Astalini, A., & Darmaji, D. (2022). Analisis Kegiatan Praktikum untuk Dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3361–3368. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2638
Rachayuni, R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Model Guided Discovery Di Kelas Vii-I Smpn 32 Semarang. Jurnal Scientia Indonesia, 1(1), 67–73. https://doi.org/10.15294/jsi.v1i1.7943
Rani Nurafriani, R., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Liveworksheet Pada Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 404–414. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.711
Ratnasari, D. (2023). Dampak penggunaan zat aditif makanan terhadap kesehatan. Journal of Holistic Community Service, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.51873/jhcs.v1i1.14
Rivaldi, C. F., Sahrina, A., Rosyida, F., & Wiwoho, B. S. (2024). PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial (JPDS), 7(1), 26. https://doi.org/10.17977/um032v7i1p26-37
Robiatul, L., Setiono, S., & Suhendar, S. (2020). Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Ekosistem. Biodik, 6(4), 519–525. https://doi.org/10.22437/bio.v6i4.10295
Sa’diyah, H., & Budiyanto, M. (2019). Pengembangan Lks Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Sifat Cahaya Dan Proses Pembentukan Bayangan. E-Jurnal Pensa, 7(2), 205–210. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/28214
Saputra, S. O., Ayatusa’adah, & Septiana, N. (2022). Validitas dan Keterbacaan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Jaringan Tumbuhan. Ilmiah Pendidikan Biologi, 08, 48–58.
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 411–427. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/semai/article/view/400
Shavira, M., Sjaifuddin, & Kurniasih, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema Makanan Kemasan untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/963
Shofiah, N. (2017). Pertimbangan Pemilihan Teks Bacaan. Prosiding SENASBASA (Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra), 1, 285–296.
Supriyana, A., Azmin, G. G., Nureriyani, R., & Rahmawati, A. (2016). Pelatihan Penggunaan Ejaan Yang Disempurnakan Dan Kalimat Efektif Pada Penulisan Surat Resmi Bagi Guru Sekolah Dasar Di Jakarta Timur. Sarwahita, 12(1), 5–10. https://doi.org/10.21009/sarwahita.121.02
Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21473%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/download/21473/10157
Utami, T. P., Sjaifuddin, S., & Berlian, L. (2021). Pengembangan Soal Uraian Berbasis Indikator Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Konsep Sistem Pencernaan pada Manusia untuk Siswa Kelas VIII SMP/Mts. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 128–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.128-134
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Widiyasari, R., Astriyani, A., & Irawan, K. V. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Media Evaluasi Thatquiz. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(2), 131. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.131-154
Wijaya, N. O. P., & Hidayat, H. (2022). Development of e-LKPD Based on Real Problems in Theory Statistics Data Class VI SDN 101868 Sena Village. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 10(1), 132–147. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v10i1.16815
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 378–385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Copyright (c) 2024 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.