Penerapan Model Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Bernalar Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika

  • Ulis Rohmani Universitas Garut
  • Rahmadhani Mulvia Universitas Garut
  • Siti Nurdianti Muhajir Universitas Garut

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Sasaran utamanya adalah mengevaluasi perbedaan dampak implementasi model Cooperative Learning (CL) dan model Cooperative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan keterampilan bernalar kritis peserta didik tingkat XI pada bahasan momentum dan impuls dalam pembelajaran fisika di tingkat SMA. Rancangan instrumen yang diimplementasikan menggunakan Pretest Posttest Control Group Design dengan perangkat pengukuran berupa butir soal pretest dan posttest yang sudah mendapat penilaian dari tim penilai ahli. Objek penelitian diambil dari sebuah Sekolah Menengah Atas pada periode pembelajaran 2024/2025. Total partisipan mencakup 68 peserta didik kelas XI, terbagi menjadi 33 peserta didik pada kelompok pembanding dan 35 peserta didik pada kelompok uji. Metode pengambilan data mencakup empat instrumen: lembar pengamatan pelaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan perilaku, kuesioner tanggapan terhadap model pembelajaran, serta instrumen pretest dan posttest yang terdiri dari 9 butir soal uraian. Analisis data dilaksanakan melalui serangkaian pengujian, meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Mann-Whitney untuk verifikasi hipotesis menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 27. Hasil pengolahan data observasi memperlihatkan tingkat keberhasilan implementasi model CPS mencapai 100%. Sementara itu, umpan balik peserta didik terhadap penerapan model CPS mencapai 83,95%, yang mengindikasikan kategori sangat memuaskan. Analisis uji Mann-Whitney menghasilkan nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang mengakibatkan penolakan H0 dan penerimaan Ha. Temuan ini mengonfirmasi bahwa kedua model pembelajaran memberikan pengaruh terhadap keterampilan bernalar kritis peserta didik. Data deskriptif lebih lanjut memperlihatkan bahwa capaian rata-rata peserta didik berdasarkan parameter bernalar kritis pada kelompok uji (CPS) mengungguli kelompok pembanding (CL).

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Cooperative Learning, Cooperative Problem Solving, Bernalar Kritis

References

Adhi putra, yusuf, & Sistiasih, V. S. (2021). Modifikasi Pembelajaran Permainan Bola Voli. Jurnal Porkes, 4(2), 126–133. https://doi.org/10.29408/porkes.v4i2.4705

Ainun Siti Fadilah, N., & Lukman Hakim, D. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 565–574. https://doi.org/10.5281/zenodo.7357396

Amaliyah, A., Juliasih, Ardani, R., Putri, A., & Rismawati, P. (2023). Miskonsepsi penyelesaian soal cerita matematika pada materi FPB dan KPK. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 76–83. https://doi.org/10.55904/educenter.v2i1.219

Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692

Aptia, V., Sari, I., Tarbiyah, F., Kependidikan, D. A. N., Islam, U., & Radan, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Question Spinner Terhadap Higher Order Thinking Skill Dan Keterampilan Komunikasi Lisan Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Question Spinner Terhadap Higher Order Thinking Skill Dan.

Ayu, H. D., Rismawati, A. Y., Kristiyaningsih, E., Wulandari, E. T., Wahyuningtyas, A., & Hudha, M. N. (2023). Pembelajaran Kooperatif dalam Pendidikan Fisika: Sistematik Literatur Review. Teaching, Learning and Development, 1(1), 19–32. https://doi.org/10.62672/telad.v1i1.6

Azzahra, H. A., Nuraini, N. L. S., & Ahdhianto, E. (2023). Penerapan Pembelajaran Index Card Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(2), 201. https://doi.org/10.17977/um009v32i22023p201-211

Chen, X. X. X. X., Tsai, M. Y., Wolynes, P. G., da Rosa, G., Grille, L., Calzada, V., Ahmad, K., Arcon, J. P., Battistini, F., Bayarri, G., Bishop, T., Carloni, P., Cheatham, T. E., Collepardo-Guevara, R., Czub, J., Espinosa, J. R., Galindo-Murillo, R., Harris, S. A., Hospital, A., … Crothers, D. M. (2018). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR_SHARE (TPS) DITINJAU DARI PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA KELAS X PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. Nucleic Acids Research, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1007/s00412-015-0543-8%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature08473%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2009.01.007%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jmb.2012.10.008%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41598-018-2212

Dali, E. S., Londa, T. K., & Komansilan, A. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Soal Fisika Pada Materi Listrik Statis Di Smp Negeri 1 Tumpaan Di Era Covid-19. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 114–119. https://doi.org/10.53682/charmsains.v2i2.117

Eviota, J. S., & Liangco, M. M. (2020). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.

Fatimah, S., Rahayuningsih, M., Marianti, A., & Irambona, A. (2024). Plastic waste management using a Life Cycle Assessment (LCA) approach: A step toward improving sustainability literacy. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 8(2), 168. https://doi.org/10.20961/jdc.v8i2.86339

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Confrence Of Elementary Studies, 483.

Fernando, R., Zulkardi, & Putri, R. (2023). Kemampuan Bernalar Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe PISA Konteks Wisata Monumen Perjuangan Rakyat Ampera. SEMINAR NASIONAL FPMIPA 2023 IKIP PGRI Bojonegoro, 543–552.

Habibi, H., & Prahmana, R. C. I. (2022). Kemampuan Literasi Matematika, Soal Model PISA, dan Konteks Motif Batik Tulis Jahe Selawe. Jurnal VARIDIKA, 33(2), 116–128. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i2.16722

Hadistia, N., & Fadilah, S. I. (n.d.). Inovasi Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Menggunakan Padlet , Chat GBT , dan Media Sosial untuk Menjembatani ‘ Ways to Know ’ Siswa. 11, 126–134.

Huesin, W. M. (2016). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Penerapan Teknologi Informasi di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian. Jurnal PETISI, 3(1), 1–23.

Kaharudin, L. O., Wunasari, A., & Nurmayanti, N. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Projek terhadap Kemampuan Bernalar Kritis. Jurnal Basicedu, 7(5), 3063–3071. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5368

Kharisma, S., & Sylvia, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran SOLE ( Self-Organised Learning Environment ) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E SMA Negeri 1 Nan Sabaris. 3, 291–300.

Khasanah, V. A., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Bernalar Kritis Melalui Kegiatan Proyek Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(2), 172–180. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i2.7100

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Liana, D. (2020). Berpikir Kritis Melalui Pendekatan Saintifik. MITRA PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 6(1), 15–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.92

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Muttaqin, D., & Widhiarso, W. (2022). Dokumen Rekomendasi Kebijakan Hasil Asesmen Nasional Tahun 2021. 1–44.

Nurnaifah, I. I., Sakti, I., & . M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fisika Pada Materi Gerak Lurus Di Kelas X Sman 2 Pinrang. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 5(1), 39–46. https://doi.org/10.46918/karst.v5i1.1318

Nuvitalia, D., & Saptaningrum, E. (2020). Profil kemampuan pemecahan masalah mahasiswa calon guru fisika pada mata kuliah Kapita Selekta Fisika Sekolah II melalui problem based learning. Jurnal Kualita Pendidikan, 1(3), 9–13. https://doi.org/10.51651/jkp.v1i3.2

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Puspita Rini, C., Amaliyah, A., Dwi Hartantri, S., & Ari Nur Istiawanti, R. (2023). Analisis Kesalahan Mengerjakan Soal Matematika Materi Geometri Siswa Kelas V (Penelitian Kualitatif di SDN Doyong 2 Periuk Kota Tangerang). JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education, 7(2), 125–133.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmawati, H., Sunarto, S., & Saputro, H. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Ipa Sma Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2018/2019. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 9(1), 11–20. https://doi.org/10.30738/cjipf.v9i1.6089

Rika Widianita, D. (2023). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Sari, V. J., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Metode Cooperative Problem Solving. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 70–77. https://doi.org/10.33369/jkf.1.1.70-77

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Suryadhianto, U., & Mujianto, H. (2020). Manfaat Learning Resources dalam Pembelajaran Student Centered Learning. Zetroem, 2(1), 11–15. https://doi.org/10.36526/ztr.v2i1.1256

Susanti, A., & Darmansyah, A. (2023). Analisis Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis di SD Negeri 44 Kota Bengkulu. EduBase …, 4, 201–212. https://www.journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/1027

Thaariq, Z. Z. A., & Karima, U. (2023). Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21: Sebuah Renungan dan Inspirasi. Foundasia, 14(2), 20–36. https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.63740

Utami, A., Rukiyati, & Prabowo, M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.37304/paris.v3i2.8310

Wardani, K. E. K., Djudin, T., & Mursyid, S. (2021). Pengaruh Model Cooperative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Tekanan. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 36. https://doi.org/10.26418/jippf.v2i1.42453

Wulandari, W. (2023). Mind Map : Learning Model to Improve Creative Thinking Ability. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 14(1), 57–64. https://doi.org/10.25299/perspektif.2023.vol14(1).12479

Zahara, Y., Mujtahid, Z., Elisyah, N., Ningtiyas, F. A., & Sinaga, N. A. (2023). Nilai Rapor dan Pengaruhnya terhadap Capaian Akademik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh. Hexagon: Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4892.

Published
2025-03-01
How to Cite
Rohmani, U., Mulvia, R., & Muhajir, S. N. (2025). Penerapan Model Cooperative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Bernalar Kritis Siswa dalam Pembelajaran Fisika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 88-100. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2264
Abstract viewed = 47 times
PDF downloaded = 28 times