Validitas Instrumen Soal Literasi Sains pada Konteks Batik Madura Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran

  • Vita Dwi Darmawati Universitas Trunodjoyo Madura
  • Ana Yuniasti Retno Wulandari Universitas Trunojoyo Madura
  • Dwi Bagus Rendy Astid Putra Universitas Trunojoyo Madura
  • Endang Sulastri Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Mengukur literasi sains penting dilakukan untuk menilai pencapaian peserta didik terhadap pemahaman konsep sains yang dipelajarinya. Tingkat literasi sains peserta didik Indonesia berdasarkan hasil skor PISA 2022 mengindikasikan masih rendah.  Pengintegrasikan kearifan lokal, seperti batik Madura ke dalam instrumen soal literasi sains merupakan langkah tepat menangani permasalahan tersebut. Aspek literasi sains yang diukur adalah kompetesi, mencakup indikator menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan imiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah. Salah satu materi IPA yang cukup sulit bagi peserta didik adalah unsur, senyawa, dan campuran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk instrumen soal literasi sains pada konteks batik Madura materi unsur, senyawa, dan campuran yang valid serta mengetahui respons peserta didik pada produk yang dikembangkan. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun, penelitian ini tidak melalui tahap implementasi. Instrumen soal divalidasi oleh ahli materi, yaitu dua dosen IPA dan dua guru IPA, kemudian produk diujicobakan. Hasil rata-rata validasi dengan rumus Aiken's V adalah 0,87 yang menunjukkan instrumen termasuk dalam kriteria valid. Angket respons peserta didik pada uji coba one to one memperoleh hasil 84% kriteria sangat baik, sedangkan pada uji coba small group memperoleh hasil 80% kriteria sangat baik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian dilengkapi dengan tahap implementasi dalam pembelajaran di kelas, sehingga benar-benar terbukti dapat mengukur tingkat literasi sains peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Batik Madura, Instrumen Soal, Kearifan Lokal, Kiterasi Sains

References

Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050

Adhari, D., Yuliani, H., & Nasir, M. (2024). Alat Ukur Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terintegrasi Lingkungan: Sistematika Literatur Review. Kappa Journal, 8(2), 278–285. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/26075%0Ahttps://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/26075/5848

Amiruddin, Rochman, C., & Nana. (2024). Mengukur Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(3), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1790

Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349–357. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.756

Azizah, S. I., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains Menggunakan Quzziz untuk Mengukur Hots pada Pembelajaran IPA Siswa SMP. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 121–132. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria

Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483

Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An Ethnoscience Study In Chemistry Learning to Develop Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279–287. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261

Dewi, K. (2022). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 140–145. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.332

Hadi, W. P., Yunin, H., & Rosidi, I. (2020). Respon Guru Ipa Terhadap Pembelajaran Ipa Berintegrasi Etnosains: Studi Pendahuluan Di Kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92

Herawati, S. S., Kurniawan, D., & Ulya, R. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker Menggunakan Model Addie pada Topik Karakteristik Materi dan Perubahannya. 05(02), 141–151.

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Krismawati, A., Maula, L. H., & Prayogo, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Papan Pintar pada Materi Peran Fungi dalam Kehidupan Sehari-Hari di Kelas IV SD. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.1745

Kriswanti, D. P., Suryanti, & Supardi, Z. A. I. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 372–378.

Limiansih, K., Sulistyani, N., & Melissa, M. M. (2024). Persepsi Guru SMP terhadap Literasi Sains dan Implikasinya pada Pembelajaran Sains di Sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786–796.

Magdalena, I., Elyipuspita, M., & Irmawati, N. (2023). Analisis Proses Pembuatan Tujuan Pembelajaran Berdasarkan Capaian Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Jengkol. Masaliq (Jurnal Pendidikan Dan Sains), 3(3), 362–369. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.968

Maulida, F., & Sunarti, T. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Lamongan. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 52. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8337

Melyasari, N. S., Suyatno, S., & Widodo, W. (2018). The Validity of Teaching Material Based on Ethnoscience Batik to Increase the Ability of Scientific Literacy for Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012126

Muizz, A., Suryanti, & Prahani, B. K. (2023). Literature Review : Penggunaan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Siswa SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1905–1914. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7574

Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386

Nirmalasari, M. . Y., Mago, O. Y. T., & Manuk, I. L. (2022). Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1004–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.725

Nurfadillah, T., Elvia, R., & Elvinawati. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kimia Berbasis Literasi Sains untuk Mengukur Literasi Sains Siswa. Alotrop, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.33369/alo.v7i1.28253

Nurhamida, & Andromed. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Ajar Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 398–403. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.965

OECD. (2023). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework. In OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c-en

Paduwinata, V., Yuniasti, A., Wulandari, R., Tamam, B., & Wahyuni, E. A. (2024). Development of Science Literacy-Based E-Booklet Accompanied by Mind Mapping on Human Digestive System Material. 2(1), 19–27.

Prasetyaningrum, M. E., & Trilaksono, A. (2020). Perkembangan Batik Tulis di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan Tahun 2009-2017. Journal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1–9.

Rahmadhani, A. A., Mamlu’ah, N., Humaidah, N., & Karenina, A. (2023). Validitas Modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 180–189. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2281

Ramadhan, S., & Syuhada, F. A. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains dengan Konteks Pewarnaan Kain Batik pada Materi Ikatan Kimia Kelas X di SMA Negeri 4 Medan. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 7(1), 13–20.

Ristiyah, A. Z., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1339–1349. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5096

Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.104

Rohman, M. A., & Dwijananti, P. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang di SMAN 1 Cepiring. Unnes Physics Education Journal, 13(1), 61–72. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej

Sahyar, Bunawan, W., & Yanti, J. (2020). Analysis of Competency Level for Wave Science in General Physics-Based on Literacy Science in PISA. Journal of Physics: Conference Series, 1485(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1485/1/012012

Sari, A. P., & Suryelita. (2023). Uji Validitas E-Modul Struktur Atom Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka untuk Peserta Didik SMA/MA Fase E. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 235–242. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.867

Utami, A. T., & Sayekti, I. C. (2023). Kajian Etnosains Pembuatan Pisau Sebagai Kearifan Lokal Kabupaten Klaten pada Materi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2), 7–2.

Yani, S. H., & Yerimadesi, Y. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 436–444. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.986

Published
2025-03-01
How to Cite
Darmawati, V. D., Wulandari, A. Y. R., Putra, D. B. R. A., & Sulastri, E. (2025). Validitas Instrumen Soal Literasi Sains pada Konteks Batik Madura Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 173-183. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2284
Abstract viewed = 193 times
PDF downloaded = 124 times