Validitas Instrumen Soal Literasi Sains pada Konteks Batik Madura Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran
Abstract
Mengukur literasi sains penting dilakukan untuk menilai pencapaian peserta didik terhadap pemahaman konsep sains yang dipelajarinya. Tingkat literasi sains peserta didik Indonesia berdasarkan hasil skor PISA 2022 mengindikasikan masih rendah. Pengintegrasikan kearifan lokal, seperti batik Madura ke dalam instrumen soal literasi sains merupakan langkah tepat menangani permasalahan tersebut. Aspek literasi sains yang diukur adalah kompetesi, mencakup indikator menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan imiah, serta menafsirkan data dan bukti ilmiah. Salah satu materi IPA yang cukup sulit bagi peserta didik adalah unsur, senyawa, dan campuran. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk instrumen soal literasi sains pada konteks batik Madura materi unsur, senyawa, dan campuran yang valid serta mengetahui respons peserta didik pada produk yang dikembangkan. Penelitian ini mengadopsi model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Namun, penelitian ini tidak melalui tahap implementasi. Instrumen soal divalidasi oleh ahli materi, yaitu dua dosen IPA dan dua guru IPA, kemudian produk diujicobakan. Hasil rata-rata validasi dengan rumus Aiken's V adalah 0,87 yang menunjukkan instrumen termasuk dalam kriteria valid. Angket respons peserta didik pada uji coba one to one memperoleh hasil 84% kriteria sangat baik, sedangkan pada uji coba small group memperoleh hasil 80% kriteria sangat baik. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah penelitian dilengkapi dengan tahap implementasi dalam pembelajaran di kelas, sehingga benar-benar terbukti dapat mengukur tingkat literasi sains peserta didik.
Downloads
References
Adesfiana, Z. N., Astuti, I., & Enawaty, E. (2022). Pengembangan Chatbot Berbasis Web Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 10(2), 147–152. https://doi.org/10.31294/jki.v10i2.14050
Adhari, D., Yuliani, H., & Nasir, M. (2024). Alat Ukur Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Terintegrasi Lingkungan: Sistematika Literatur Review. Kappa Journal, 8(2), 278–285. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/26075%0Ahttps://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/kpj/article/view/26075/5848
Amiruddin, Rochman, C., & Nana. (2024). Mengukur Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(3), 723–731. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1790
Arsyaf, F., Usman, H., Aunurrahim, M., & Yulianingsih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran e-Flashcard Berbasis Website untuk Pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 2(3), 349–357. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v2i3.756
Azizah, S. I., Wahyuni, S., & Budiarso, A. S. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Literasi Sains Menggunakan Quzziz untuk Mengukur Hots pada Pembelajaran IPA Siswa SMP. Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 121–132. http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Chasanah, N., Widodo, W., & Suprapto, N. (2022). Pengembangan Instrumen Asesmen Literasi Sains untuk Mendeskripsikan Profil Peserta Didik. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 474–483. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.474-483
Dewi, C. A., Khery, Y., & Erna, M. (2019). An Ethnoscience Study In Chemistry Learning to Develop Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 279–287. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.19261
Dewi, K. (2022). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Kualita Pendidikan, 3(3), 140–145. https://doi.org/10.51651/jkp.v3i3.332
Hadi, W. P., Yunin, H., & Rosidi, I. (2020). Respon Guru Ipa Terhadap Pembelajaran Ipa Berintegrasi Etnosains: Studi Pendahuluan Di Kabupaten Bangkalan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 46–53. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92
Herawati, S. S., Kurniawan, D., & Ulya, R. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Animaker Menggunakan Model Addie pada Topik Karakteristik Materi dan Perubahannya. 05(02), 141–151.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Krismawati, A., Maula, L. H., & Prayogo, M. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Papan Pintar pada Materi Peran Fungi dalam Kehidupan Sehari-Hari di Kelas IV SD. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 219–227. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.1745
Kriswanti, D. P., Suryanti, & Supardi, Z. A. I. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Melatihkan Literasi Sains Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 8(3), 372–378.
Limiansih, K., Sulistyani, N., & Melissa, M. M. (2024). Persepsi Guru SMP terhadap Literasi Sains dan Implikasinya pada Pembelajaran Sains di Sekolah. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 786–796.
Magdalena, I., Elyipuspita, M., & Irmawati, N. (2023). Analisis Proses Pembuatan Tujuan Pembelajaran Berdasarkan Capaian Pembelajaran pada Siswa Kelas IV SDN Pondok Jengkol. Masaliq (Jurnal Pendidikan Dan Sains), 3(3), 362–369. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i3.968
Maulida, F., & Sunarti, T. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Lamongan. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 52. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.8337
Melyasari, N. S., Suyatno, S., & Widodo, W. (2018). The Validity of Teaching Material Based on Ethnoscience Batik to Increase the Ability of Scientific Literacy for Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012126
Muizz, A., Suryanti, & Prahani, B. K. (2023). Literature Review : Penggunaan Modul IPA Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Siswa SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1905–1914. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7574
Murti, W. W., & Sunarti, T. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Sains Berbasis Kearifan Lokal di Trenggalek. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 33. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4386
Nirmalasari, M. . Y., Mago, O. Y. T., & Manuk, I. L. (2022). Validitas Instrumen Soal Literasi Numerasi Kimia Hidrokarbon dalam Integrasinya dengan Isu Sosiosaintifik Lokal Sikka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1004–1011. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.725
Nurfadillah, T., Elvia, R., & Elvinawati. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Kimia Berbasis Literasi Sains untuk Mengukur Literasi Sains Siswa. Alotrop, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 7(1), 44–56. https://doi.org/10.33369/alo.v7i1.28253
Nurhamida, & Andromed. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Ajar Berbasis Project Based Learning pada Materi Perubahan Fisika dan Kimia Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 398–403. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.965
OECD. (2023). Program For International Student (PISA) 2022 Assessment and Analytical Framework. In OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-2022-assessment-and-analytical-framework_dfe0bf9c-en
Paduwinata, V., Yuniasti, A., Wulandari, R., Tamam, B., & Wahyuni, E. A. (2024). Development of Science Literacy-Based E-Booklet Accompanied by Mind Mapping on Human Digestive System Material. 2(1), 19–27.
Prasetyaningrum, M. E., & Trilaksono, A. (2020). Perkembangan Batik Tulis di Desa Klampar Kabupaten Pamekasan Tahun 2009-2017. Journal Pendidikan Sejarah, 8(1), 1–9.
Rahmadhani, A. A., Mamlu’ah, N., Humaidah, N., & Karenina, A. (2023). Validitas Modul Perubahan Fisika dan Kimia Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif di Tingkat SMP/MTs. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 180–189. https://doi.org/10.21154/jtii.v3i2.2281
Ramadhan, S., & Syuhada, F. A. (2024). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Literasi Sains dengan Konteks Pewarnaan Kain Batik pada Materi Ikatan Kimia Kelas X di SMA Negeri 4 Medan. Jurnal Koulutus: Jurnal Pendidikan Kahuripan, 7(1), 13–20.
Ristiyah, A. Z., Dewi, A. S., & Mubarok, M. K. (2023). Pengembangan Media Scrapbook untuk Meningkatkan Respon dan Hasil Belajar Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1339–1349. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5096
Riyadi, L., & Budiman, N. (2023). Capaian Pembelajaran Seni Musik Pada Kurikulum Merdeka Sebagai Wujud Merdeka Belajar. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 5(1), 40–50. https://doi.org/10.24036/musikolastika.v5i1.104
Rohman, M. A., & Dwijananti, P. (2023). Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang di SMAN 1 Cepiring. Unnes Physics Education Journal, 13(1), 61–72. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej
Sahyar, Bunawan, W., & Yanti, J. (2020). Analysis of Competency Level for Wave Science in General Physics-Based on Literacy Science in PISA. Journal of Physics: Conference Series, 1485(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1485/1/012012
Sari, A. P., & Suryelita. (2023). Uji Validitas E-Modul Struktur Atom Keunggulan Nanoteknologi Sesuai Kurikulum Merdeka untuk Peserta Didik SMA/MA Fase E. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 235–242. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.867
Utami, A. T., & Sayekti, I. C. (2023). Kajian Etnosains Pembuatan Pisau Sebagai Kearifan Lokal Kabupaten Klaten pada Materi Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 7(2), 7–2.
Yani, S. H., & Yerimadesi, Y. (2023). Validitas dan Praktikalitas Modul Reaksi Kimia Berbasis Guided Discovery Learning Terintegrasi Etnosains untuk Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(2), 436–444. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.986
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.