Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA

  • Irman Irman Universitas Siliwangi
  • Endang Surahman Universitas Siliwangi
  • Dita Agustian Universitas Siliwangi
  • Diana Herawati Universitas Siliwangi
  • Liah Badriah Universitas Siliwangi

Abstract

Di era transformasi teknologi yang cepat, kemampuan berpikir kreatif menjadi penting, dengan kemampuan ini memungkinkan individu menemukan solusi inovatif untuk permasalahan kompleks dan beradaptasi dengan perubahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan berfikir kreatif peserta didik berdasarkan pada 4 aspek, yaitu berpikir rinci, berpikir asli, berpikir lancar, dan berpikir luwes. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas 8 SMPN 1 Cipatujah dengan jumlah populasi sebanyak 116 orang, diambil sebagai sampel sebanyak 20 peserta didik dengan teknik simple random sampling, sedangkan instrumen yang dipakai angket menggunakan skala Likert. Teknik analisis datanya mencakup pemberian skor pada setiap jawaban angket untuk setiap aspek berpikir kreatif, analisis statistik deskriptif untuk menghitung rata-rata, distribusi frekuensi, persentase, dan standar deviasi, mengklasifikasikan hasil berdasarkan kategori skor untuk memberikan interpretasi terhadap kemampuan berpikir kreatif dan terakhir melakukan visualisasi dalam diagram. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam karegori rendah. Salah satu penyebabnya karena ketidakmampuan peserta didik dalam menghasilkan ide-ide baru atau mengajukan alternatif jawaban dalam menyelesaikan sebuah persoalan. Penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah, penemuan, atau penggunaan media pembelajaran yang mendorong peserta didik menghasilkan ide-ide baru.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Berpikir Kreatif, Berpikir Rinci, Berpikir Asli, Berpikir Lancar, Berpikir Luwes

References

Adiansha, A. A., Khatimah, H., & Asriyadin, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 45–52. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.327

Damira, D., & Alberida, H. (2022). Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMA SDI Silungkang. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 10(1), 11–17. https://doi.org/10.23960/jbt.v10i1.23860

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239.

Hafiza, H., Hairida, H., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Ulfah, M. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 9 Pontianak Pada Materi Sistem Koloid. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4036–4047. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2685

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064–1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Monalisa, P., Sukarni, W., Koto Kampung Dalam, V., Padang Pariaman, K., & Sumatera Barat, P. (2019). Analisis Karakter “Kreativitas” siswa kelas VIII SMPN 08 Kota Jambi.

Monica, R., Ricky, Z., & Estuhono, E. (2021). Pengembangan Modul IPA Berbasis Model Research Based Learning pada Keterampilan 4C Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1470

Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403

Nuranggraeni, E., Effendi, K. N. S., & Sutirna, S. S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Kesulitan Belajar Siswa. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 6(2), 107–114. https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i2.2066

Nurhalizah, S., Munfaridah, N., & Mudaiyah, S. (n.d.). IMPLEMENTASI PBL-STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA SMP PADA MATA PELAJARAN IPA. 4(2), 2024. https://doi.org/10.17977/um067.v4.i2.2024.2

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Patmawati, K., Puspitasari, N., Mutmainah, S. N., & Prayitno, B. E. (2019). Profil Kemampuan Berfikir Kreatif Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 7(2), 11–18. https://doi.org/10.23971/eds.v7i2.1386

Rachmatul Yasiro, L., & Eka Wulandari, F. (n.d.). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL BERDASARKAN PRESTASI SISWA. JOUrnal of Banua Science Education E, 1(2), 2021. https://doi.org/10.5281/zenodo.1344846

Rasnawati, A., Rahmawati, W., Akbar, P., & Putra, H. D. (2019). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMK Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Di Kota Cimahi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 164–177. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.87

Ridwan, T., & Nasrulloh, I. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa sekolah dasar. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(2), 466. https://doi.org/10.29210/020221520

Rohmah, U. N., Ansori, Y. Z., & ... (2019). Pendekatan pembelajaran stem dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar …, 471–478.

Rudibyani, R. B. (2019). Peningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Elektrolisis Siswa Melalui Discovery Learning. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.24246/juses.v2i2p60-69

SAIDAH, N. A., TRIMULYONO, G., & HIKMAH, Z. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif Peserta Didik Dengan Model Pbl Kelas Vii. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 361–366. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2902

Suriya, N., Yulianci, S., Adiansha, A. A., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 12–15. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.285

Wahyuni, D., & Palupi, B. S. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL OPEN-ENDED. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30

Widia, W., Syahrir, S., & Sarnita, F. (2020). Berpikir Kreatif Merupakan Bagian Terpenting dalam Meningkatkan Life Skills di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (JP-IPA), 1(02). https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v1i02.6

Published
2025-03-01
How to Cite
Irman Irman, Endang Surahman, Dita Agustian, Diana Herawati, & Liah Badriah. (2025). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 60-67. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2318
Abstract viewed = 73 times
PDF downloaded = 57 times