Kelayakan dan Karakteristik Media Pembelajaran IPA Berpendekatan Gamifikasi Berbasis Socio Scientific Issue pada Tema Pencemaran Lingkungan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan karakteristik media pembelajaran IPA berpendekatan gamifikasi berbasis socio scientific issue (SSI) pada tema pencemaran lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode reserach and develompment (R&D) dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar judgment kelayakan dan karakteristik media pembelajaran IPA berpendekatan gamifikasi berbasis SSI dengan melibatkan lima orang ahli sebagai validator. Analisis data dilakukan dengan cara statistik deskriptif yang menekankan pada pencarian rata-rata dan persentase dari setiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran IPA berpendekatan gamifikasi berbasis SSI memiliki kelayakan konten media dan desain media dengan kategori snagat layak. Lebih lanjut, media pembelajaran IPA berpendekatan gamifikasi berbasis SSI memiliki karakteristik gamifikasi dengan kategori sangat baik dan karakteristik scientific dengan kategori baik. Hasil ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah layak digunakan dalam pembelajaran di kelas pada tema pencemaran.
Downloads
References
Ashari, M. K., Rohmah, A. N., & Yudi, U. (2023). Joyful Learning with App-Based Interactive Quizzes in Senior High Schools in the Digital Era. Jurnal Cendekia: Media Komunikasi, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Islam, 15(2), 210-228. doi:https://doi.org/10.37850/cendekia.v15i02.528
De Salles Soares Neto, C., De Damasceno, B. A. L., De Sousa Lima, T., & Busson, A. J. G. (2017). Creating multimedia learning objects. WebMedia 2017 - Proceedings of the 23rd Brazillian Symposium on Multimedia and the Web, 19–21. https://doi.org/10.1145/3126858.3131626
Dichev, C., & Dicheva, D. (2017). Gamifying education: what is known, what is believed and what remains uncertain: a critical review. In International Journal of Educational Technology in Higher Education (Vol. 14, Issue 1). International Journal of Educational Technology in Higher Education. https://doi.org/10.1186/s41239-017-0042-5
Edsand, H. E., & Broich, T. (2020). The Impact of Environmental Education on Environmental and Renewable Energy Technology Awareness: Empirical Evidence from Colombia. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(4), 611–634. https://doi.org/10.1007/s10763-019-09988-x
Karim, N., Othman, H., Zaini, Z. ‘Izzat I., Rosli, Y., Wahab, M. I. A., Al Kanta, A. M., Omar, S., & Sahani, M. (2022). Climate Change and Environmental Education: Stance from Science Teachers. Sustainability (Switzerland), 14(24), 1–18. https://doi.org/10.3390/su142416618
Lange, C., & Costley, J. (2020). Improving online video lectures: learning challenges created by media. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00190-6
Latip, A. (2022). Penerapan Model Addie Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(2), 102–108. https://doi.org/10.33369/diksains.2.2.102-108
Munawaroh, A. (2023). Pengembangan Buletin Berbasis Sosio-Scientific Issue sebagai Inovasi Media Pembelajaran Materi Pencemaran Udara. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 3(2), 200–209.
Noetel, M., Griffith, S., Delaney, O., Harris, N. R., Sanders, T., Parker, P., del Pozo Cruz, B., & Lonsdale, C. (2022). Multimedia Design for Learning: An Overview of Reviews With Meta-Meta-Analysis. In Review of Educational Research (Vol. 92, Issue 3). https://doi.org/10.3102/00346543211052329
PUTRI, A. (2023). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS PEMBELAJARAN SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE FLIP PDF PROFFESIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Raharjo, A. D., Putri, A. A., & Budi, H. R. (2024). The use of game-based learning to increase student engagement. Hipkin Journal of Educational Research, 1(3), 299-310. https://ejournal-hipkin.or.id/index.php/hipkin-jer/article/view/30
Ramandani, R. (2023). Problem Based Learning Modules in Environmental Education to Improve Problem Solving Ability. International Journal of Research and Community Empowerment, 02(01), 1–13.
Reid, G., & Norris, S. P. (2016). Scientific media education in the classroom and beyond: a research agenda for the next decade. Cultural Studies of Science Education, 11(1), 147–166. https://doi.org/10.1007/s11422-015-9709-1
Rini, D. S., Suryanda, A., & Azrai, E. P. (2021). Peningkatan Persepsi Guru IPA Terhadap Penggunaan Pendekatan Gamification pada Kegiatan dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal SOLMA, 10(1), 32-41. doi:https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5987
Smiderle, R., Rigo, S. J., Marques, L. B., Peçanha de Miranda Coelho, J. A., & Jaques, P. A. (2020). The impact of gamification on students’ learning, engagement and behavior based on their personality traits. Smart Learning Environments, 7(3), 1–12. https://doi.org/10.1186/s40561-019-0098-x
Susilawati, Aznam, N., Paidi, & Irwanto, I. (2021). Socio-scientific issues as a vehicle to promote soft skills and environmental awareness. European Journal of Educational Research, 10(1), 161–174. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.161
Srimuliyani. (2023). Menggunakan Teknik Gamifikasi untuk Meningkatkan Pembelajaran dan Keterlibatan Siswa di Kelas. EDUCARE: Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 1(1), 29-35. doi:https://doi.org/10.31004/jedu.v1i1.2
Tabuenca, B., Moreno-Sancho, J. L., Arquero-Gallego, J., Greller, W., & Hernández-Leo, D. (2023). Generating an environmental awareness system for learning using IoT technology. Internet of Things (Netherlands), 22(October 2022), 100756. https://doi.org/10.1016/j.iot.2023.100756
Tang, X. (2023). The Requirements and Functions of Multimedia Teaching for Different Subjects. Advances in Educational Technology and Psychology, 7(10), 24–31. https://doi.org/10.23977/aetp.2023.071005
Zahara, R., Prasetyo, G. E., & Yanti, D. M. (2021). Kajian literatur: gamifikasi di pendidikan dasar. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 76-87. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v1i1.1783
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.