Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap Peningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Fisika
Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran pemecahan masalah kolaboratif mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Masalah utama studi ini adalah proses belajar yang masih fokus pada konsep daripada praktik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dan metodologi kuantitatif. Studi ini melibatkan 20 siswa dalam kelompok uji coba dan 23 siswa dalam kelompok pembanding. Pre-test, post-test, dan kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan informasi. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27 melalui analisis deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model Collaborative Problem Solving (CPS) memiliki keterampilan pemecahan masalah yang baik. Kelompok uji coba menerima skor post-test yang lebih tinggi (82) dibandingkan kelompok pembanding (68,69). Selain itu, hasil survei menunjukkan bahwa 90,5% Siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model CPS. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa model CPS dapat diterapkan secara luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan fisika di era modern.
Downloads
References
Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky, 3(1), 1. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346
Asih, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 8(September), 435–446.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. 1, 170–176.
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.580
Fajri, I., Ar, K., Prajana, A., Yusran, & Sanusi. (2020). Peningkatan Keterampilan 4C Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 371–380. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Febriani, Muhammad, T., & Salamang, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika Ditinjau dari Gender. Journal of Islamic Education and Teacher Training, 3(2), 67–82.
Firdaus, N. M., & Robandi, B. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET BAGI WARGA BELAJAR PKBM. 5492(2), 6–10.
Fitriyani, R. V., Supeno, S., & Maryani, M. (2019). Pengaruh LKS Kolaboratif Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 71. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.6026
Greiff, S., Holt, D. V., & Funke, J. (2013). Perspectives on problem solving in educational assessment: Analytical, interactive, and collaborative problem solving. Journal of Problem Solving, 5(2), 71–91. https://doi.org/10.7771/1932-6246.1153
Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714
Heller, R. K. and S. A. (n.d.). Heller_AJP_91a.pdf.
Hendarwati, E., Surabaya, U. N., Surabaya, U. M., Nurlaela, L., Bachri, B. S., & Surabaya, U. N. (2021). Collaborative Problem-Solving Based on Mobile Multimedia. 16–27.
Hijriani, H. A. H. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK Analysis of Learning Difficulties in Physics Problem Solving on Newton’s Law of Motion. Jpft, 9(1), 45–49. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft
Istiyono, E., Mustakim, S. S., Widihastuti, Suranto, & Mukti, T. S. (2019). Measurement of physics problem-solving skills in female and male students by phystepross. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 170–176. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.17640
Kang, J., An, D., Yan, L., & Liu, M. (2019). Collaborative problem-solving process in a science serious game: Exploring group action similarity trajectory. EDM 2019 - Proceedings of the 12th International Conference on Educational Data Mining, Edm, 336–341.
Kasse, F., Ragil, I., Atmojo, W., Maret, U. S., Thinking, C., Solving, P., & Education, J. (2022). Analisis kecakapan abad 21 melalui literasi sains pada siswa sekolah dasar. 10(1), 124–128.
Kuntie Sulistyowati, Yaya S Kusumah, B. A. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah. 3(1), 1–12.
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Lestari, I. F. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Hukum ArchimedesMenggunakan Pendekatan STEM. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(1), 8–13. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.325
Mitropoulos, T. (2024). The utility of mechanical objects : Aiding students ’ learning of abstract and difficult engineering concepts. November 2021, 124–142. https://doi.org/10.1002/jee.20573
Safitri, R. I., Wati, M., & Mahtari, S. (2024). Efektivitas Model Collaborative Problem Solving ( CPS ) dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Termodinamika. 3(1), 21–35.
Sari, R. E. A. I., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., Ahied, M., & Sutarja, M. C. (2022). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving Berbantuan Media Phet. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(2), 66–75.
Setyarini, D. A., Imam Supardi, Z. A., & Elok Sudibyo. (2021). Improving Senior High School Students’ Physics Problem-solving Skills Through Investigated Based Multiple Representation (IBMR) Learning Model. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 42–53. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.74
Ummah, R., & Fathani, A. H. (2018). SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL ( SPLTV ). 8.
Villarta, Y. M., Atibula, L. T., & Gagani, F. S. (2021). Performance-based assessment: Self-efficacy, decision-making, and problem-solving skills in learning science. Journal La Edusci, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v2i3.381
Wulandari, R. (2019). Mendorong Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, October 2019, 257–262.
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.