Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap Peningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Fisika

  • Fitriyani Fitriyani Universitas Garut
  • Rahmadhani Mulvia Universitas Garut
  • Siti Nurdianti Muhajir Universitas Garut

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran pemecahan masalah kolaboratif mempengaruhi keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran fisika. Masalah utama studi ini adalah proses belajar yang masih fokus pada konsep daripada praktik dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dan metodologi kuantitatif. Studi ini melibatkan 20 siswa dalam kelompok uji coba dan 23 siswa dalam kelompok pembanding. Pre-test, post-test, dan kuesioner diterapkan untuk mengumpulkan informasi. Data dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27 melalui analisis deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan model Collaborative Problem Solving (CPS) memiliki keterampilan pemecahan masalah yang baik. Kelompok uji coba menerima skor post-test yang lebih tinggi (82) dibandingkan kelompok pembanding (68,69). Selain itu, hasil survei menunjukkan bahwa 90,5% Siswa memberikan respon yang baik terhadap penerapan model CPS. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa model CPS dapat diterapkan secara luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan fisika di era modern.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Collaborative Problem Solving, Pemecahan Masalah, Pembelajaran Fisika

References

Arilaksmi, N. P. G., Susiswo, S., & Sulandra, I. M. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Open-Ended Siswa SMP Berdasarkan Tahapan Polya. Vygotsky, 3(1), 1. https://doi.org/10.30736/voj.v3i1.346

Asih, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 8(September), 435–446.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. 1, 170–176.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.580

Fajri, I., Ar, K., Prajana, A., Yusran, & Sanusi. (2020). Peningkatan Keterampilan 4C Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 371–380. http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Febriani, Muhammad, T., & Salamang, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran fisika Ditinjau dari Gender. Journal of Islamic Education and Teacher Training, 3(2), 67–82.

Firdaus, N. M., & Robandi, B. (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI INTERNET BAGI WARGA BELAJAR PKBM. 5492(2), 6–10.

Fitriyani, R. V., Supeno, S., & Maryani, M. (2019). Pengaruh LKS Kolaboratif Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 71. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.6026

Greiff, S., Holt, D. V., & Funke, J. (2013). Perspectives on problem solving in educational assessment: Analytical, interactive, and collaborative problem solving. Journal of Problem Solving, 5(2), 71–91. https://doi.org/10.7771/1932-6246.1153

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Heller, R. K. and S. A. (n.d.). Heller_AJP_91a.pdf.

Hendarwati, E., Surabaya, U. N., Surabaya, U. M., Nurlaela, L., Bachri, B. S., & Surabaya, U. N. (2021). Collaborative Problem-Solving Based on Mobile Multimedia. 16–27.

Hijriani, H. A. H. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK Analysis of Learning Difficulties in Physics Problem Solving on Newton’s Law of Motion. Jpft, 9(1), 45–49. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpft

Istiyono, E., Mustakim, S. S., Widihastuti, Suranto, & Mukti, T. S. (2019). Measurement of physics problem-solving skills in female and male students by phystepross. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 170–176. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i2.17640

Kang, J., An, D., Yan, L., & Liu, M. (2019). Collaborative problem-solving process in a science serious game: Exploring group action similarity trajectory. EDM 2019 - Proceedings of the 12th International Conference on Educational Data Mining, Edm, 336–341.

Kasse, F., Ragil, I., Atmojo, W., Maret, U. S., Thinking, C., Solving, P., & Education, J. (2022). Analisis kecakapan abad 21 melalui literasi sains pada siswa sekolah dasar. 10(1), 124–128.

Kuntie Sulistyowati, Yaya S Kusumah, B. A. P. (2020). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah. 3(1), 1–12.

La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021

Lestari, I. F. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Hukum ArchimedesMenggunakan Pendekatan STEM. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 6(1), 8–13. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.325

Mitropoulos, T. (2024). The utility of mechanical objects : Aiding students ’ learning of abstract and difficult engineering concepts. November 2021, 124–142. https://doi.org/10.1002/jee.20573

Safitri, R. I., Wati, M., & Mahtari, S. (2024). Efektivitas Model Collaborative Problem Solving ( CPS ) dalam Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah pada Materi Termodinamika. 3(1), 21–35.

Sari, R. E. A. I., Wulandari, A. Y. R., Hadi, W. P., Ahied, M., & Sutarja, M. C. (2022). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Collaborative Problem Solving Berbantuan Media Phet. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(2), 66–75.

Setyarini, D. A., Imam Supardi, Z. A., & Elok Sudibyo. (2021). Improving Senior High School Students’ Physics Problem-solving Skills Through Investigated Based Multiple Representation (IBMR) Learning Model. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 42–53. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.74

Ummah, R., & Fathani, A. H. (2018). SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL ( SPLTV ). 8.

Villarta, Y. M., Atibula, L. T., & Gagani, F. S. (2021). Performance-based assessment: Self-efficacy, decision-making, and problem-solving skills in learning science. Journal La Edusci, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v2i3.381

Wulandari, R. (2019). Mendorong Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Melalui. Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi, October 2019, 257–262.

Published
2025-03-01
How to Cite
Fitriyani, F., Mulvia, R., & Muhajir, S. N. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap Peningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa dalam Pembelajaran Fisika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 138-147. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2354
Abstract viewed = 39 times
PDF downloaded = 26 times