Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Model Inkuiri dengan Media PhET pada Hasil Belajar IPA dan Aktivitas Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berdiferensiasi berbasis model inkuiri dengan media simulasi PhET terhadap hasil belajar IPA dan aktivitas siswa kelas V SD N 104215 Sudirejo tahun ajaran 2024/2025. Metode kuantitatif digunakan dengan desain eksperimen semu dengan jenis pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah dua kelompok kelas masing-masing terdiri dari 30 siswa. Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran berdiferensiasi berbasis model inkuiri dengan media simulasi PhET dan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional. Data hasil belajar (pretest dan posttest) serta lembar observasi aktivitas siswa telah dikumpulkan. Digunakan uji t untuk melihat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol, uji N-gain untuk mengetahui efektifitas perlakuan terhadap capaian pembelajaran, dan uji beda untuk melihat perbedaan aktivitas siswa tiap grup. Dari hasil uji t diperoleh temuan perbedaan perolehan hasil belajar dan aktivitas antara kedua grup. Ditemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai n-gain pada kategori efektif pada kelas eksperimen dan kategori kurang efektif pada kelas kontrol.
Downloads
References
Aina, Q., & Hariyono, E. (2023). Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p56-65
Bahtiar, Ibrahim, & Maimun. (2022). Analysis Of Students’ Scientific Literacy Skill In Terms Of Gender Using Science Teaching Materials Discovery Model Assisted By PhET Simulation. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(3), 371–386. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i3.37279
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Erdani, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa di SMP Negeri 35 Palembang. In Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (Vol. 6, Issue 1, pp. 45–52). core.ac.uk. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1549
Fa’idah, R. N., & Mahanal, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap literasi sains siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 4(12). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13096
Fatmawati, T. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Learning Berbantuan Phet Simulation terhadap Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Sains Fisika, 3(1), 95–102. https://doi.org/10.47650/omega.v3i1.1206
Fitri, I., & Fatisa, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 60. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7888
Harefa, E. (2023). Implementation of Scientific Inquiry Approach for Enhancing Scientific Literacy among Elementary Students. In IRAONO: Journal of Elementary and Childhood Education (Vol. 1, Issue 1, pp. 32–38). https://doi.org/10.56207/iraono.v1i1.131
Lai, C., Zhang, W., & Chang, Y. (2020). Differentiated instruction enhances sixth-grade students ’ mathematics self-efficacy , learning motives , and problem-solving skills. Social Behavior and Personality, 48(6), 9094. https://doi.org/10.2224/sbp.9094
M. Agus Muhtadi Rohim, Roseli Theis, & Khairul Anwar. (2024). Pengaruh Pembelajaran Diferensiasi Berbasis Masalah Berdasarkan Kesiapan Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 388–396. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1549
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Muliastrini, N. K. E., Nyoman, D., & Rasben, D. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding Terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.14116
Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167–6180.
Rahmah, S., Dalila, A. A., Liliawati, W., & Setiawan, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi dalam Model Inkuiri terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), 393–401. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i2.50838
Salar, R., & Turgut, U. (2021). Effect of Differentiated Instruction and 5E Learning Cycle on Academic Achievement and Self-efficacy of Students in Physics Lesson. Science Education International, 32(1), 4–13. https://doi.org/10.33828/sei.v32.i1.1
Saputra, H., Al Auwal, T. M. R., & Mustika, D. (2017). Pembelajaran Inkuiri Berbasis Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Fisika Universitas Samudra. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9688
Sirait, S. H., Putri, J., Ginting, B., & Sembiring, S. B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Siswa SD 056604 Purwobinangun. Jurnal Curere, 7(2).
Suryatni, L. (2021). Teknologi pendidikan sebagai pelaksanaan sistem informasi dalam perkuliahan online di masa pandemi covid-19. JSI (Jurnal Sistem Informasi) Universitas Suryadarma, 8(1), 31–46. https://doi.org/10.35968/jsi.v8i1.607
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Tomlinson, C. A. (2014). Responding to the Needs of All Learners. 25. http://www.ascd.org/Publications/Books/Overview/Leading-and-Managing-a-Differentiated-Classroom.aspx
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times (2009). Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 243.
Wahyuningsih, A., & Pramasty, B. R. (2024). Pengaruh media phet simulation terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa materi sumber energi. 7(2), 70–75.
Wardani, D., & Rosdiana, L. (2022). Efektivitas Simulasi PhET dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Listrik Dinamis. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 221–226. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Wen, C. T., Liu, C. C., Chang, H. Y., Chang, C. J., Chang, M. H., Fan Chiang, S. H., Yang, C. W., & Hwang, F. K. (2020). Students’ guided inquiry with simulation and its relation to school science achievement and scientific literacy. Computers and Education, 149. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103830
Yusro, A. C., & Ardania, R. (2023). Upaya peningkatan hasil belajar IPA melalui implementasi pembelajaran berdiferensiasi model PJBL dengan media kartu. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1). https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3109
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.