Validasi: LKPD Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Materi Asam Basa

  • Eka Puspitasari Universitas Lambung Mangkurat
  • Abdullah Abdullah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mustika Wati Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Pendidikan di abad ke-21 menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi validitas dari pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang terintegrasi dengan model Problem Based Learning (PBL) dalam melatih keterampilan berpikir kritis untuk materi asam basa. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan rata-rata skor validitas LKPD sebesar 96,27, yang menandakan LKPD ini sangat valid dan siap digunakan dalam pembelajaran. Meskipun hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD tidak perlu direvisi, para validator merekomendasikan beberapa saran perbaikan saran-saran dari validator tetap dipertimbangkan agar kualitas dan efektivitas LKPD dapat ditingkatkan lebih lanjut. Saran tersebut termasuk peningkatan dalam penyajian kegiatan, seperti memperbaiki tampilan dan layout LKPD agar lebih menarik bagi peserta didik. Selain itu, disarankan untuk menambahkan beberapa kalimat instruksi sebelum melaksanakan kegiatan agar peserta didik lebih memahami langkah-langkah yang harus diikuti dalam proses pembelajaran. Rekomendasi penelitian selanjutnya, disarankan untuk melakukan studi yang membandingkan efektivitas LKPD ini dalam meningkatkan pemahaman konsep Asam Basa serta keterampilan berpikir kritis di berbagai tingkat pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis, Validitas

References

Arends, R. I. (2011). Learning to Teach (9th ed.). McGraw-Hill.

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1, 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Ayirahma, R. M., & Muchlis, M. (2023). Pengembangan E-LKPD Berorientasi Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(6), 675–683. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1961

Ayu Dewi, C., Rahayu, S., Muntolib, & Parlan. (2022). Pentingnya Mengoptimalkan Literasi Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Isu-isu Sosiosaintifik di Abad Ke-21.

Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. In JNSI: Journal of Natural Science and Integration (Vol. 3, Issue 2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8791

Gusyanti, C. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2, Issue 4).

Husain, A., Siti Nurjanah, A., Priyadi, D., Abdul Ghofur, M., & Mulyanti, S. (2023). Review Literatur: Analisis Media Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Ikatan Kimia.

Ismayanti, I., Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). Penerapan Strategi Refleksi pada Akhir Pembelajaran untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Fluida. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(1), 117–121. https://doi.org/10.46918/karst.v3i1.573

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. In Mathematic Education Journal)MathEdu (Vol. 5, Issue 1).

Latif, D., Yusuf, F. M., & Dama, L. (2022). Uji Validitas Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Materi Pewarisan Sifat Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis. Jambura Edu Biosfer Journal, 4(2), 94–100. https://doi.org/10.34312/jebj.v4i2.14829

Lestari, D., & Syamsurizal, S. (2021). The Effectiveness of PBL-Based LKPD for Empowering the Senior High School Student’s Critical and Creative Thinking Skills. International Journal of Social Science And Human Research, 07, 1776–1784. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i7-29

Mayasari, A., Pujasari, W., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2(2), 173–179. https://doi.org/10.57171/jt.v2i2.303

Mudrikah, S., Ahyar, D. B., Lisdayanti, S., Parera, M. M. A. E., Ndorang, T. A., Wardani, K. D. K. A., Siahaan, M. N., Wellyana, Hanifah, D. P., Amalia, R., Rahmadi, Siagian, R. C., Rahmandani, F., Ihsan, I. R., & Widyaningrum, R. (2022). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Pradina Pustaka.

Mulbasari, A. S., Marhamah, M., & Robiyatun, R. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Program Linear. Jurnal Pendidikan Matematika Unpatti, 2(2), 28–34. https://doi.org/10.30598/jpmunpatti.v2.i2.p28-34

Mulyani, S. M., Leksono, S. M., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Praktikum IPA Tema Transportasi Si-hijau Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 7.

Nur, M., Winarti, A., & Iriani, R. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Linktree Pada Materi Koloid dengan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal of Chemistry And Education, 6(1), 1–12.

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Plomp, T. (Tjeerd), & Nieveen, N. M. (2013). Educational design research. Part A: an introduction. SLO.

Ramadhani, D. P., Asrizal, & Festiyed. (2021). Analisis Effect Size Pengaruh Penerapan LKS Terhadap Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPA dan Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(1), 77–89. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19607

Siahaan, J. H., Sihombing, S., & Simamora, B. A. (2022). Studi Komparasi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa DenganMenggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah DanModel Pembelajaran Konvensional Pada Mata Pelajaran IpsTerpadu Kelas Viii Di Smp Negeri 10 Pematangsiantar T.A.2022/2023. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 188–195. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/cendikia.v13i2.3012

Sihaloho, S. M., & Saragih, M. J. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 8(1), 101. https://doi.org/10.19166/johme.v8i1.8270

Sirmayeni. (2023). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik dengan E-LKPD Berbasis Socioscientific Issues (SSI) pada Pembelajaran Kimia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alphabeta.

Suriya, N., Yulianci, S., Adiansha, A. A., Nurjumiati, N., & Asriyadin, A. (2020). Efektifitas Media Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 12–15. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.285

Trilling, B., & Fadel, C. (2019). 21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times (1st ed.). Jossey-Bass A Wiley Imprint.

Uliyandari, M., Emilia Candrawati, Anna Ayu Herawati, & Nurlia Latipah. (2021). Problem-Based Learning To Improve Concept Understanding and Critical Thinking Ability of Science Education Undergraduate Students. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i1.56

Uzani, H. D., Al Idrus, S. W., & Anwar, Y. A. S. (2023). Pengembangan Modul Praktikum Virtual Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa. Chemistry Education Practice, 6(1), 101–107. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.4262

Yulita, I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Kimia. UMRAH Press.

Published
2025-03-01
How to Cite
Puspitasari, E., Abdullah, A., & Wati, M. (2025). Validasi: LKPD Terintegrasi Model Problem Based Learning untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Materi Asam Basa. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 129-137. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2405
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 15 times