Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP di Surabaya
Abstract
Pemahaman konsep IPA memiliki peran penting dalam pembelajaran IPA pada kurikulum merdeka, di mana siswa tidak hanya dituntut untuk memahami fakta, ide, dan teori ilmiah, tetapi juga proses yang digunakan untuk menemukannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep IPA siswa SMP di Surabaya. Penelitian ini menggunakan design survey melalui tes tulis. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMP/MTs/sederajat di Surabaya yang terdiri dari 99 siswa. Instrumen tes pemahaman konsep diadaptasi dari PISA yang terdiri tujuh indikator pemahaman konsep IPA yaitu: 1 menjelaskan, 2 menafsirkan, 3 menarik inferensi, 4 memberikan contoh, 5 meringkas, 6 mengklasifikasikan, dan 7 membandingkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 1 menjelaskan mendapatkan persentase 38% berkategori rendah, 2 menafsirkan mendapatkan persentase 40% berkategori rendah, 3 menarik inferensi mendapatkan persentase 41% berkategori cukup, 4 memberikan contoh mendapatkan persentase 43% berkategori cukup, 5 meringkas mendapatkan persentase 43% berkategori cukup, 6 mengklasifikasikan mendapatkan persentase 54% berkategori cukup, dan 7 membandingkan mendapatkan persentase 45% berkategori cukup. Kesimpulan yang didapat yaitu rata-rata pemahaman konsep IPA siswa di beberapa SMP/MTs/Sederajat di Surabaya masih dalam kategori cukup dengan persentase 44%, hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep IPA siswa SMP di Surabaya masih perlu ditingkatkan.
Downloads
References
Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, D. E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Multiple Representasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2200.
Apriliyana, D. A., Masfu’ah, S., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V pada Materi Bangun Ruang. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(6), 4166–4173. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i6.2149
Ermin, E. (2021). Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Kota Ternate. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(1), 56–60. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.25
Febriyana, S., Ahied, M., Fikriyah, A., & Yasir, M. (2021). Profil Pemahaman Konsep Siswa Smp Pada Materi Tata Surya. Natural Science Education Research, 4(1), 56–64. https://doi.org/10.21107/nser.v4i1.8140
Fitra, D. K. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas Vii Smp. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 278. https://doi.org/10.31258/jta.v5i2.278-290
Hadiprayitno, G., Jufri, A. W., & Nufus, S. S. (2020). Mapping of Students’ Scientific Literacy Skills at Mataram. SEJ (Science Education Journal), 4(2), 99–111. https://doi.org/10.21070/sej.v4i2.969
Handayani, T. wuri. (2018). Improving The Understanding Of The Science Concept Using The Incredible Inquiry Learning Model In SD Tut Wuri Handayani SD Negeri 3 Pangkalpinang. Edutaiment, 6(2), 130–153.
Irwandani, I. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 165–177. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90
Kurniawan, M. A., Miftahillah, A., & Nasihah, N. M. (2018). Pembelajaran Berbasis Student-Centered Learning Di Perguruan Tinggi: Suatu Tinjauan Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(1), 1–11. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1
Maidiana, M. (2021). Penelitian Survey. ALACRITY : Journal of Education, 1(2), 20–29. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.23
Muliarta, I. ketut. (2018). Menerjemahkan Perubahan Dari TCL (Teacher Center Learning) Ke SCL (Student Center Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(112), 76–86.
Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explain) dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.
Novanto, Y. S., Djudin, T., T, A. Y., Basith, A., & Murdani, E. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Gender. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 8(1), 43. https://doi.org/10.26737/jpdi.v8i1.4260
OECD. (2023). OECD Economic Outlook, Volume 2023 Issue 1 (Issue June). https://www.oecd-ilibrary.org/economics/oecd-economic-outlook/volume-2023/issue-1_ce188438-en
Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554
Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859
Siahaan, F. E., Siahaan, S., Siahaan, B. L., & Situmeang, S. A. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BAGI GURU IPA di KELAS RENDAH. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS), 3(1), 2023.
Suryani, E., Rusilowati, A., & Wardono. (2018). Analisis Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Two-Tier Test Melalui Pembelajaran Konflik Kognitif. Journal of Primary Education, 5(1), 56–65. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/download/12893/7031
Tarisa, R., Sjaifuddin Sjaifuddin, & Liska Berlian. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Tema Listrik Sahabat Kita Kelas IX SMP Melalui Instrumen Tes 4TMC. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(1), 159–169. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.849
Wardiah, R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPA Siswa Pada Pokok Bahasan Sifat-Sifat Cahaya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas VIII. Jurnal ESTUPRO, 6(1). https://jurnal.ugn.ac.id/index.php/ESTUPRO/article/view/702
Zuleni, E., & Marfilinda, R. (2022). Pengaruh Motivasi Terhadap Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 244–250. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.34
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.