Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran Flip book Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Agar siswa dapat belajar secara efektif, media baru harus digunakan untuk meningkatkan pemahaman mereka. Salah satu media yang dapat digunakan adalah Flip book berbasis proyek, yang menyediakan konten dengan cara yang interaktif dan menarik. Meskipun demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kegunaan dan keabsahan media ini. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah penggunaan Flip book berbasis proyek merupakan metode yang layak dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian dan pengembangan (RnD) digunakan dalam penelitian ini. Enam profesional, tiga instruktur yang berkualifikasi, dan tiga dosen, melakukan validasi media dengan menggunakan instrumen penilaian yang mencakup fitur tampilan, substansi, dan bahasa. Kepraktisan media dinilai oleh 30 siswa dan minimal 15 guru Kelompok Kerja Guru (KKG) menggunakan instrumen kepraktisan yang mengukur efektivitas serta efisiensi media. Pengumpulan data dilakukan melalui Google Form dan pertemuan langsung dengan responden yang telah menyatakan kesediaannya untuk berpartisipasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Flip book berbasis proyek memiliki tingkat validitas yang tinggi, dengan skor rata-rata 3,28. Selanjutnya, hasil evaluasi kepraktisan menunjukkan bahwa guru memberikan skor rata-rata 3,52 dan siswa memberikan skor rata-rata 3,65. Hal ini menunjukkan bahwa media ini berhasil dan efisien dalam membantu proses pembelajaran. Dengan demikian, Flip book berbasis proyek dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran alternatif yang menarik dan bermanfaat, terutama pada materi sistem pernapasan manusia. Guru dan pemangku kepentingan lainnya diharapkan dapat memanfaatkan media ini untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
Downloads
References
Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar (Development of Audiovisual Based Powtoon Media in Mathematics Learning for Elementary School Students). JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 5(2), 40–50.
Chaeruman, U. A. (2015). Instrumen Evaluasi Media Pembelajaran. Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pendidikan Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, December, 0–15.
Fiqry, R., Fuadi, M., Asriyadin, A., Napisah, E., & Nurnamira, N. (2024). Peningkatkan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa SD. Bima Journal of Elementary Education, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.37630/bijee.v2i1.1522
Hastuti, A., & Budianti, Y. (2014). Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas ii sdn bantargebang ii kota bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38.
Joseph F. Hair, J., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2006). Multivariate Data Analysis. Pearson Educational International.
Katarina, C. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PjBL BERBANTUAN MEDIA DIGITAL FLIPBOOK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humanior, 2(1), 306–316.
Kurniawan, A., Febrianti, A. N., & Hardianti, T. (2022). Evaluasi pembelajaran. In Remaja Rosdakarya.
Mtd, N. P., Ikhsan, M., Butarbutar, Sinulingga, S. A. B., Marpaung, J. R., & Harahap, R. M. (2023). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(1), 249–261. https://doi.org/10.30640/dewantara.v2i1.722
Mulyatiningsih, E. (2015). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Endang. Islamic Education Journal, 35,110,114,120,121.
Ningsyih, S., Nurjumiati, N., Asriyadin, A., & Fauziah, N. (2024). Analisis Kelayakan Bahan Ajar IPAS Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SD. Galaxy: Jurnal Pendidikan MIPA Dan Teknologi, 1(2), 53–59. https://doi.org/10.59923/galaxy.v1i2.358
Nisa, A. W. (2024). Penerapan E-Flipbook Berbantuan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Kemampuan Hasil Belajar Menulis Teks Narasi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. 10.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134.
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Suprijanto, E., & Arikunto, S. (2017). Efektivitas Pengelolaan Kegiatan Kelompok Kerja Guru (Kkg) Di Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 141. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12914
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.
Wikanengsih, W., & Yeni, R. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOKWikanengsih Wikanengsih, Y. R. (2024). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS STEAM MENGGUNAKAN APLIKASI FLIPBOOK. 13(2), 293–308. https://doi.org/10.22460/sem. Semantik: Jurnal Ilmiah Program Studi, 13(2), 293–308. https://doi.org/10.22460/semantik.v13i2.p293-308
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.