Pengembangan Multimedia Interaktif Berbantuan ISpring Suite dengan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik di SMA
Abstract
Kurangnya media pembelajaran dalam beberapa jenjang pendidikan mendorong pendidik untuk mengembangakan multimedia interaktif guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berbantuan iSpring suite dengan model PBL yang valid dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model 4D yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Instrumen penelitian ini terdiri dari multimedia inteaktif dan instrumen tes. Data dikumpulkan melalui validasi ahli, uji coba, dan respons peserta didik. Hasil validasi menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbantuan iSpring Suite layak digunakan, dengan skor validasi materi sebesar 0,73 (kategori tinggi) dan validasi media sebesar 0,84 (kategori sangat tinggi). Berdasarkan respons peserta didik, multimedia ini mendapatkan persentase total sebesar 90,5% pada uji coba kelompok terbatas dan 87,9% pada uji coba lapangan, keduanya dalam kategori sangat tinggi. Terdapat Peningkatan hasil belajar peserta didik terlihat dari nilai pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan Wilcoxon Sign Rank Test dengan nilai -4.794 dan Asymp. Sig. <0,005. Dengan demikian, multimedia interaktif berbantuan iSpring Suite dengan model PBL pada materi fluida statis terbukti valid dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Downloads
References
Afrianti, R., Setyowati, D., & Listiarini, Y. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flashcard pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V di SD Negeri 02 Sungai Raya. Jurnal Edukasi, 2(6), 304–319.
Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia interaktif sebagai media visualisasi dasar-dasar animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229.
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Asmara, A., Judijanto, L., Hita, I. P. A. D., & Saddhono, K. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi: Apakah Memiliki Pengaruh terhadap Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7253–7261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5728
Asrori, M., Wibowo, A. M., Erfantinni, I. H., & Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pendampingan pemanfaatan teknologi dalam desain pembelajaran daring pada MGMP PAI SMK Kabupaten Blitar di masa pandemi covid-19.
Awwaliyah, Robiatul & Bahrun, H. (2016). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 12(1), 103. https://doi.org/10.21154/cendekia.v12i1.370
Ayu, F., & Fuzi, A. (2020). The Praktikalitas Pengembangan E-Book Fisika Berbantuan Edmodo Berbasis Discovery Learning dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 1(3), 66–71.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–60.
Deputra, F. Y. (2017). Pengaruh penggunaan animasi macromedia flash berbasis ispring suite terhadap aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VIII di SMPN 1 KotaGajah pada materi sistem pencernaan. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 134–141.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113.
Haryoko, S., & Jaya, H. (2017). Pengembangan Media Ajar Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2), 104–112. https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5134
Hastuti, H., Giatman, G., Muskhir, M., Effendi, H., & Ghoer, F. R. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik. Jurnal Basicedu, 7(1), 241–249.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media pembelajaran dalam pembentukan interaksi belajar siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.
Izzati, D. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning Disertai Concept Mapping Pada Materi Alat Optik Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8, 281–287.
Lestari, S. (2018). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI. 2(2), 94–100.
Lidyawati, Gani, A., & Khaldun, I. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 140–146.
Munir. (2012). MULTIMEDIA Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Alfabeta.
Nofindra, R. (2019). Ingatan, lupa dan transfer dalam belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Rokania, 4(1), 21–34.
Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023). MENGAPA SISWA TERKENDALA MENGEKSPOS GAGASAN?(KENDALA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI). International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC), 7(1), 361–367.
Oktaviani, P., Hartono, H., & Marwoto, P. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bervisi SETS sebagai Alat Bantu Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPA di SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Peserta Didik. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 125. https://doi.org/10.24905/psej.v2i2.746
Rafmana, H., Chotimah, U., & Alfiandra. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 5(1), 52–65. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jbti/article/view/7898/pdf
Rohmah, R. N. (2023). Pengembangan Aplikasi Mathematics Mobile Learning Berbasis Android untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa pada Materi Statistika. UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Rohman, A. H., Kosim, K., Gunada, I. W., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PBL pada Materi Gerak Parabola untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Kappa Journal, 5(2), 231–239. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.4394
Rosanti, M. A., & Rahayu, T. S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Multimedia Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Pada Peserta Didik Kelas V Di Sd Negeri Sudirman Ambarawa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4849–4858.
Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kausalitik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. GeoScienceEdu Journal, 1(1), 11–16.
Shofiya, F. ek wulandari. (2020). MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MELATIH SCIENTIFIC REASONING SISWA. Model Problem Besed Learning, 12(2), 344–349.
Sigalingging, R. (2022). Guru Penggerak dalam Paradigma Pembelajaran Kurikulum Merdeka. TATA AKBAR.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27.
Wijayanto, Y. R., Andayani, A., & Sumarwati, S. (2021). Utilization of microsoft teams 365 as an alternative for distance learning media amid the Covid-19 pandemic. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(2), 87–93.
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.