Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Volume Benda Putar Menggunakan Tahapan

  • Sumargiyani Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui persentase kesalahan dan mennganlisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal aplikasi integral pada materi volume benda putar dengan tahapan Kastolan. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas B sebanyak 13 orang di Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan tahun akademik 2023/2024. Metode penelitian termasuk deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan jenis kesalahan dalam bentuk persentase, dan deskripstif kualitatif untuk menggambarkan faktor kesalahan dengan menggunakan kata-kata. Analisis dilakukan dari dokumentasi hasil Ujian Akhir Semester sebanyak satu soal uraian dengan dua pertanyaan. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan jenis-jenis kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal sesuai tahapan Kastolan. Faktor penyebab kesalahan dianalisis dengan mengambil empat buah hasil pekerjaan mahasiswa secara purposive sampling untuk dianalisis letak kesalahan jawaban. Penelitian menghasilkan persentase kesalahan mahasiswa yakni 50% terjadi pada jenis kesalahan prosedural, kedua kesalahan konseptul sebesar 39,5% dan kesalahan teknik sebesar 36%. Hasil analisis kesalahan yang dilakukan terletak pada penggambaran grafik yang salah, penentuan luas daerah yang diputar, penggunaan rumus metode cakram dan metode rumah siput, penentuan batas integral, dan dalam mengintegralkan fungsi. Dari hasil ini peneliti menyarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengkategorikan subyek penelitian berdasarkan gender.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kalkulus Integral, Analisis Kesalahan, Volume Benda Putar, Tahapan Kastolan

References

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Fanani, N. A., Dia, A., Sari, I., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., & Karakter, P. (2024). ISSN 3030-8496 Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2), 21–32.

Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002

Hajerina, Suciati, I., & Nurhalida Sartika. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Dua Variabel. Koordinat Jurnal MIPA, 3(2), 23–32. https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i2.41

Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652

Kurnia, L., Abdiassahirah, T., & Maemunah, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Tahap Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 357–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.19800

Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1288

Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 12–16.

Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581

Rimo, I. H. E. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP-UNDANA Dalam Memahami Materi Volume Benda Putar. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 91–104. https://doi.org/10.25139/smj.v6i2.1155

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sanjaya, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Pada Materi Volume Benda Putar Metode Kulit Tabung Mahasiswa Pendidikan Matematika. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8511

Sari, D. K. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Boolean Berdasarkan Teori Kastolan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(2), 237–247. https://doi.org/10.37905/euler.v11i2.22478

Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13948

Septianingsih, N., & Amelia, R. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik SMP Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1995–2002. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19409

Sihombing, S. C. (2020). Interpolasi Polinom Newton untuk Mengestimasi Fungsi Polinomial dari Suatu Benda Putar. Jurnal Penelitian Fisika Dan Terapannya (JUPITER), 1(2), 33. https://doi.org/10.31851/jupiter.v1i2.4994

Silitonga, R. H. Y., & Ramadhani, W. P. (2023). Hubungan Antara Hasil Belajar Kalkulus Diferensial Dan Integral Dengan Prestasi Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–113.

Siregar, T. M., Saragih, R. M., Wardani, A., Lumbanraja, I., & Silalahi, W. R. W. (2023). Analisis Kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal integral tentu dan integral tak tentu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 1–8. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index

Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947

Sundari, S., & Wulantina, E. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(2), 147. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858

Vhantoria, F. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Ketaksamaan Yang Melibatkan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Kastolan. Eksponen, 12(1). https://doi.org/10.47637/eksponen.v12i1.513

Yudhi Anggoro, A. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.30822/asimtot.v4i2.2340

Published
2025-02-06
How to Cite
Sumargiyani, S. (2025). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Volume Benda Putar Menggunakan Tahapan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 164-172. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2433
Abstract viewed = 66 times
PDF downloaded = 34 times