Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Volume Benda Putar Menggunakan Tahapan
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui persentase kesalahan dan mennganlisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal aplikasi integral pada materi volume benda putar dengan tahapan Kastolan. Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas B sebanyak 13 orang di Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan tahun akademik 2023/2024. Metode penelitian termasuk deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan jenis kesalahan dalam bentuk persentase, dan deskripstif kualitatif untuk menggambarkan faktor kesalahan dengan menggunakan kata-kata. Analisis dilakukan dari dokumentasi hasil Ujian Akhir Semester sebanyak satu soal uraian dengan dua pertanyaan. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan jenis-jenis kesalahan konseptual, kesalahan prosedural, dan kesalahan teknikal sesuai tahapan Kastolan. Faktor penyebab kesalahan dianalisis dengan mengambil empat buah hasil pekerjaan mahasiswa secara purposive sampling untuk dianalisis letak kesalahan jawaban. Penelitian menghasilkan persentase kesalahan mahasiswa yakni 50% terjadi pada jenis kesalahan prosedural, kedua kesalahan konseptul sebesar 39,5% dan kesalahan teknik sebesar 36%. Hasil analisis kesalahan yang dilakukan terletak pada penggambaran grafik yang salah, penentuan luas daerah yang diputar, penggunaan rumus metode cakram dan metode rumah siput, penentuan batas integral, dan dalam mengintegralkan fungsi. Dari hasil ini peneliti menyarankan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut dengan mengkategorikan subyek penelitian berdasarkan gender.
Downloads
References
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824
Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 510–518. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790
Fanani, N. A., Dia, A., Sari, I., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., Guru, P., Dasar, S., Gresik, U. M., & Karakter, P. (2024). ISSN 3030-8496 Jurnal Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 1(2), 21–32.
Fitriyah, I. M., Pristiwati, L. E., Sa’adah, R. Q., Nikmarocha, N., & Yanti, A. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Koordinat Cartesius Menurut Teori Kastolan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 109–122. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i2.1002
Hajerina, Suciati, I., & Nurhalida Sartika. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan Fungsi Dua Variabel. Koordinat Jurnal MIPA, 3(2), 23–32. https://doi.org/10.24239/koordinat.v3i2.41
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323–334. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.652
Kurnia, L., Abdiassahirah, T., & Maemunah, S. (2024). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Tahap Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(2), 357–364. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.19800
Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1), 77–83. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1288
Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika,1(1), 12–16.
Purnamasari, A., & Afriansyah, E. A. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Topik Penyajian Data di Pondok Pesantren. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 207–222. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1257
Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2475–2488. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581
Rimo, I. H. E. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP-UNDANA Dalam Memahami Materi Volume Benda Putar. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 6(2), 91–104. https://doi.org/10.25139/smj.v6i2.1155
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Sanjaya, F. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Ditinjau Dari Pemahaman Konsep Pada Materi Volume Benda Putar Metode Kulit Tabung Mahasiswa Pendidikan Matematika. Statmat : Jurnal Statistika Dan Matematika, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8511
Sari, D. K. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Boolean Berdasarkan Teori Kastolan. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 11(2), 237–247. https://doi.org/10.37905/euler.v11i2.22478
Sari, M. R., Sa’dijah, C., & Sukoriyanto, S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 156. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.13948
Septianingsih, N., & Amelia, R. (2023). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi pada Peserta Didik SMP Kelas VIII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1995–2002. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.19409
Sihombing, S. C. (2020). Interpolasi Polinom Newton untuk Mengestimasi Fungsi Polinomial dari Suatu Benda Putar. Jurnal Penelitian Fisika Dan Terapannya (JUPITER), 1(2), 33. https://doi.org/10.31851/jupiter.v1i2.4994
Silitonga, R. H. Y., & Ramadhani, W. P. (2023). Hubungan Antara Hasil Belajar Kalkulus Diferensial Dan Integral Dengan Prestasi Belajar Kalkulus Lanjut Mahasiswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 101–113.
Siregar, T. M., Saragih, R. M., Wardani, A., Lumbanraja, I., & Silalahi, W. R. W. (2023). Analisis Kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal integral tentu dan integral tak tentu. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9), 1–8. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/nautical/index
Sulistyorini, Y., & Napfiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(2), 279. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
Sundari, S., & Wulantina, E. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 3(2), 147. https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858
Vhantoria, F. (2022). Analisis Kesalahan Mahasiswa Menyelesaikan Soal Ketaksamaan Yang Melibatkan Nilai Mutlak Berdasarkan Teori Kastolan. Eksponen, 12(1). https://doi.org/10.47637/eksponen.v12i1.513
Yudhi Anggoro, A. (2023). Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.30822/asimtot.v4i2.2340
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.