Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

  • Liska Berlian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Amanda Putri Cahyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Iin Indriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Hafrida Liyanissani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nisrina Maisuni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rekha Gayatri Putri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang ensiklopedia yang mengintegrasikan model problem based learning (PBL) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP dalam pelajaran IPA, metode yang diterapkan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap utama: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil analisis mengindikasikan rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik di salah satu sekolah swasta di Kabupaten Serang. Ensiklopedia berbasis PBL yang dikembangkan menggunakan software Canva bertujuan untuk menyediakan pengalaman pembelajaran interaktif dengan mengajak peserta didik menganalisis dan memecahkan masalah nyata. Hasil validasi media dan materi menunjukkan kelayakan tinggi, masing-masing 85% dan 84,1%. Implementasi pada peserta didik menunjukkan peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan skor rata-rata 3,13 dari skala 5. Maka bisa disimpulkan bahwa penelitian ini efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pengembangan Ensiklopedia yang berbasis Model PBL.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Ensiklopedia, Problem Based Learning (PBL), Berpikir Kritis, IPA SMP

References

Agustin, N., Ratnaningsih, A., & Anjarini, T. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Higher Order Thinking Skills Terintegrasi Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 641–648. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2259

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran.

Anjani, K., Sukamti, & Untari, E. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Materi Ipa Dengan Penguatan Karakter Gemar Membaca Siswa Kelas Iii Sd. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 99–107.

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach, Encyclopedia of Evolutionary Psychological Science.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(2), 165–182. https://doi.org/10.22329/il.v18i2.2378

Erdawati, S. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Integrasi Islam Dan Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Min 2 Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 40–57. https://doi.org/10.31538/nzh.v1i2.62

Fajriani, N., Syamswisna, & Marlina, R. (2014). kelayakan media ensiklopedia sub materi pemanfaatan keanekaragaman hayati indonesia. 26–32.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2017). ANALISIS BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN POLYA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT. Seminar Nasional STKIP PGRI Pacitan 2017, 2(9), 291–299. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/WSZA9

Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022). Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692.

Hawa, A. A., Supriadi, B., & Prastowo, S. H. B. (2021). EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL PBL BERBANTUAN SIMULASI PhET PADA MATERI TERMODINAMIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 7(2), 327. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.6041

Hermawan, C. (2023). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Perubahan Lingkungan. Biology Teaching and Learning, 5(2), 189–197. https://doi.org/10.35580/btl.v5i2.41840

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Muliana, Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning ( Pbl ) Terhadap Keterampilan Abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 22–30.

Mulyani, T., & Armiati, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA): Literature Review. Jurnal Ecogen, 4(2), 293. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11164

Mustaqim, & Bahri, A. (2018). Model Problem-Based Learning Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Problem-Based Learning Empowering Students’ Critical Thinking Skills In Biology Classroom. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 5–10.

Nugraha, M. I., Ritha, T., & Hakim, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. PINISI JOURNAL OF EDUCATION, 2(1), 101–107. https://doi.org/10.56916/bip.v2i1.442

Nurdiansyah, E., Faisal, E. El, & Sulkipani, S. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Identitas Nasional Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Civic Hukum, 6(2), 112–123. https://doi.org/10.22219/jch.v6i2.14612

Oktaviani, L., Syahrial, S., & Putri, A. G. E. (2023). Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Belajar Matematika Menggunakan Model PBL pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 139 Kota Jambi. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 10191–10201.

Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559

Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). Model Pembelajaran Radec (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): Pentingnya Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Konteks Keindonesiaan. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31960/ijolec.v2i1.99

Putri, R. H., Rini, C. P., & Perdiansyah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia IPA Berbasis Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Fondatia, 6(3), 751–766. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2087

Ramadhani, S. P., Pratiwi, F. M., Fajriah, Z. H., & Susilo, B. E. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis terhadap Pembelajaran Matematika. Prima, 7, 724–730.

Rosnawati, V., & Kaharudin, L. ode. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Potensi Lokal Yang Terdapat Di Wakatobi Pada Materi Pokok Animalia Invertebrata (Mollusca Dan Echinodermata). JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 4(1), 84. https://doi.org/10.26858/jkp.v4i1.12055

Saputro, O. A., & Rayahub, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193.

Sari, E. D. W., Ika, R. S., & Dina, L. N. A. B. (2021). Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar pada Pembelajaran Tematik Kelas II di Madrasah Ibtidaiyah Al- Hasib Pakis Kabupaten Malang. JPMI : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 1–11.

Sulfikayanti, Jahidin, J., & Suama, I. W. (2022). Pengembangan Sumber Belajar Berbentuk Ensiklopedia Untuk Mendukung Materi Fungi Mata Pelajaran Biologi Sma Kelas X. AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi, 6(3), 115. https://doi.org/10.36709/ampibi.v6i3.23068

Sulistyowati, P., Wahidiyah, D. M. N., & Setiawan, D. A. (2019). Membangun Karakter Nasionalisme Melalui Pengembangan Bahan Ajar Ensiklopedia pada Materi Tokoh-tokoh Proklamasi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(1), 32–37. https://doi.org/10.21067/jmk.v4i1.3392

Supardi, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas Xi Tia Smkn 2 Bogor. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 22. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6600

Susanti, R. S., Kurniasari, D., & Hardiarti, D. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) dan Student Team Achievement Division (STAD) Ditinjau dari Tingkat Keaktifan Siswa terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Sub Pokok Bahasan Pemantulan Cahaya di SMP. Https://Medium.Com/, 7(2).

Syahid, L., Djabba, R., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Barru. Pinisi Journal of Education, 1(2), 2189–2198.

Tabroni, Syukur, M., & Indrayani. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk-Bentuk Mobilitas Sosial Kelas VIII_B SMP Negeri 4 Rokan IV Koto Kab. Rokan Hulu Riau. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 261–266.

Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9

Uliyanti, I. A., Ardianti, D., & Fakhriyah, F. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipas Kelas V Sd Berbantuan Media Augmented Reality. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1468–1478.

Utami, R. A., Hidayati, Ratnawulan, & Riyasni, S. (2020). Pembuatan E-Modul Berbasis PBL Disertai Computer-based Tutorial Problem Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan, 14(September), 723–731.

Valentin, J. A., Shinta, N. M., Saputra, D. A., Kartiningtyas, W., Kritis, B., & Belajar, H. (2024). Problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2), 5962–5970.

Weldami, T. putri, & Yogica, R. (2023). Model ADDIE Branch Dalam Pengembangan E-Learning Biologi. Journal on Education, 06(01), 7543–7551.

Yusuf, R. R., Abdjul, T., & Payu, C. S. (2023). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Bahan Ajar Berbantuan Google Sites pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 199. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1115

Published
2025-03-20
How to Cite
Liska Berlian, Amanda Putri Cahyani, Iin Indriani, Hafrida Liyanissani, Nisrina Maisuni, & Rekha Gayatri Putri. (2025). Pengembangan Ensiklopedia Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 303-314. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2443
Abstract viewed = 54 times
PDF downloaded = 29 times