Potensi Integrasi STEAM-SDGs dalam Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Bina Utama Kendal
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran strategis dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja sekaligus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Meskipun saat ini pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) sudah banyak diterapkan dalam pembelajaran di SMK, namun belum terintegrasi dengan SDGs. Tujuan penelitian ini menganalisis potensi integrasi STEAM-SDGs dalam pembelajaran proyek IPAS di SMK Bina Utama Kendal. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian empat responden guru proyek IPAS. Pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan 100% guru mengaitkan pembelajaran proyek IPAS dengan masalah sosial dan lingkungan sekitar dan mendukung penerapan integrasi STEAM-SDGs, integrasi STEAM-SDGs mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global, 75% responden guru proyek IPAS menyatakan sarana dan prasarana di sekolah siap, meskipun kurikulum sekolah belum berorientasi SDGs. Intregasi STEAM-SDGs dinilai mampu membuat pembelajaran proyek IPAS lebih menarik dan efektik dalam mengembangkan ketrampilan abad 21 sehingga menumbuhkan solusi inovatif terhadap masalah lingkungan. Namun dalam penerapannya masih terkendala keterbatasan waktu pembelajaran dan kesiapan siswa dalam menyelesaikan masalah kompleks.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.
Auliya, F. N., & Ngazizah, N. (n.d.). Proyek STEAM Kipas Angin Mini Menggunakan Barang Bekas. 5(2), 136–150.
Chatra, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Damar Fatika Sari. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Pada Era Pembelajaran Abad Ke-21 Untuk Menjawab Tantangan Industri 4.0. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3234
Desak Gede Dika Pradnyani Dewi, & I Made Surat. (2022). Pkm. Pengembangan Soft Dan Hard Skill Berbasis Tri Hita Karana Dalam Mempersiapkan Diri Untuk Mampu Bersaing Di Era 5.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 110–120. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1962
Ekahidayatullah, M., & Uyun, N. (2024). Mengintegrasikan Sustainable Development Goals ( SDGs ) Dalam Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) Abad 21 : Transformasi Calon Guru. 1.
Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran Biologi Berbasis STEAM di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 182–190.
Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1). http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com
Fenny Roshayanti, Arfilia Wijayanti, verliana P. (2022). Model Pembelajaran Berbasis STEAM Berorientasi Life Skills.
Gunawan, P. (2019). Model pembelajaran STEAM (Scient, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dengan pendekatan saintifik. Model Pembelajaran STEAM, 1–64.
Hidayah, B. N., & Nugraheni, N. (2024). Peran Pembelajaran Abad 21 Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1666–1677. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3619
Indriastuti, M., Rosalinda, E., Maulida, M., & ... (2023). Literasi dan Inklusi Keuangan pada Gen Z guna Mendukung Agenda SDG’s di Indonesia. KUAT: Keuangan …, 5(2). https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/view/2289%0Ahttps://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/download/2289/1275
Kosasih, B. D., & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Mtk Berbasis Steam Abad 21. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UMP.
Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, 3–92.
Latifah, N., Hayat, M. S., & Khoiri, N. (2023). Potensi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berorientasi ESD dalam Projek IPAS Aspek Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 261–268. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16955
Lestari, N., Apriani, N., Salsabila, & Ishak. (2021). Equity in Education Journal (EEJ). Efektif, Swasta Kota, D I Raya, Palangka, 6(2), 46–53. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221
Mariana, A., Nurbani, B., & Istiqlaliyah, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v1i2.18
Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.
Muntamah, M., Roshayanti, F., & Hayat, M. S. (2023). Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 77–83. https://doi.org/10.51874/jips.v4i1.79
Muslim, A. Q., Suci, I. G. S., & Pratama, M. R. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Di Jepang, Finlandia, China Dan Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 170. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827
Mustofa, M., Asy, H., & Ratnaningsih, S. (2024). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar : Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. 9(1), 69–80.
Natalia, D., Herpratiwi, H., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 327. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6459
Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Perubahan Sosial Dan Pendidikan. Diah Retno Palupi Dan Gayut Fatwa Zatdni, 7(140151602825), 1–32.
Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543
Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.
Purnamasari, S., Suhendi, F. A. F., & Zulfah, N. L. N. (2022). Implementasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA di Kabupaten Garut: sebuah studi pendahuluan. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 7. https://doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1573
Purnomo, A. R., Yulianto, B., Mahdiannur, M. A., & Subekti, H. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23
Rabbianty, E. N. (2022). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Literasi Lingkungan. 10(2), 163–176.
Rahmawati, U. T., & Suranto, S. (2024). Mengeksplorasi Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pendidikan Akuntansi Dasar SMK di Surakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1208–1217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1087
Riyanto, A., Nuroso, H., & Roshayanti, F. (2024). Potensi Implementasi STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 88–94. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17345
Safitri, N. A. (2022). The STEAM approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 227. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65493
Salwa Andini, & Yakobus Ndona. (2024). Pendidikan Sebagai Agen Perubahan Dalam Mengembangkan Budaya Keadilan Sosial. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 202–208. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3766
Sudarmin, & Sumarni, W. (2021). Berkreasi Mendesain Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Pustaka Rumah C1nta, 1–18.
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152–167. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/596
Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68
Umami, L. F., Nugroho, K., & Zubedi, D. (2021). Projek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (PROJEK IPAS). Kemdikbudristek RI.
Widarti, R., & Roshayanti, F. (2021). Potensi Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) berorientasi ESD (Education for Sustainable Development) dalam Pembelajaran Fluida. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 291–295.
Widyaiswara, R. (2021). Technical Vocational Education and Training (Tvet) Innovation Dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Soft-Skill Sumber Daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1495–1506. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/318/251%0Ahttps://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/318
Yuniar, E. T., Susiatiningsih, H., & Eko Wahyudi, F. (2022). Upaya Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals di Kota Pekalongan. Journal of International Relations, 8, 217–231. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jihiWebsite:http://www.fisip.undip.ac.id
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.