Potensi Integrasi STEAM-SDGs dalam Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Bina Utama Kendal

  • Idha budiati Universitas PGRI Semarang
  • M. Syaiful Hayat Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fatonah Universitas PGRI Semarang

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran strategis dalam mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia kerja sekaligus mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). Meskipun saat ini pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) sudah banyak diterapkan dalam pembelajaran di SMK, namun belum terintegrasi dengan SDGs. Tujuan penelitian ini menganalisis potensi integrasi STEAM-SDGs dalam pembelajaran proyek IPAS di SMK Bina Utama Kendal. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian empat responden guru proyek IPAS. Pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan 100% guru mengaitkan pembelajaran proyek IPAS dengan masalah sosial dan lingkungan sekitar dan mendukung penerapan integrasi STEAM-SDGs, integrasi STEAM-SDGs mempersiapkan siswa menghadapi tantangan global, 75% responden guru proyek IPAS menyatakan sarana dan prasarana di sekolah siap, meskipun kurikulum sekolah belum berorientasi SDGs. Intregasi STEAM-SDGs dinilai mampu membuat pembelajaran proyek IPAS lebih menarik dan efektik dalam mengembangkan ketrampilan abad 21 sehingga menumbuhkan solusi inovatif terhadap masalah lingkungan. Namun dalam penerapannya masih terkendala keterbatasan waktu pembelajaran dan kesiapan siswa dalam menyelesaikan masalah kompleks.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: STEAM, SDGs, Pembelajaran Proyek IPAS, SMK

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. syakir Media Press.

Auliya, F. N., & Ngazizah, N. (n.d.). Proyek STEAM Kipas Angin Mini Menggunakan Barang Bekas. 5(2), 136–150.

Chatra, A. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Damar Fatika Sari. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Pada Era Pembelajaran Abad Ke-21 Untuk Menjawab Tantangan Industri 4.0. Sang Acharya: Jurnal Profesi Guru, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.25078/sa.v4i1.3234

Desak Gede Dika Pradnyani Dewi, & I Made Surat. (2022). Pkm. Pengembangan Soft Dan Hard Skill Berbasis Tri Hita Karana Dalam Mempersiapkan Diri Untuk Mampu Bersaing Di Era 5.0. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Widya Mahadi, 2(2), 110–120. https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i2.1962

Ekahidayatullah, M., & Uyun, N. (2024). Mengintegrasikan Sustainable Development Goals ( SDGs ) Dalam Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD ) Abad 21 : Transformasi Calon Guru. 1.

Fadhilah, A. N. (2022). Pembelajaran Biologi Berbasis STEAM di Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA 2022, 182–190.

Fauzy, A. (2019). Metode Sampling. In Universitas Terbuka (Vol. 9, Issue 1). http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com

Fenny Roshayanti, Arfilia Wijayanti, verliana P. (2022). Model Pembelajaran Berbasis STEAM Berorientasi Life Skills.

Gunawan, P. (2019). Model pembelajaran STEAM (Scient, Technology, Engineering, Art, Mathematics) dengan pendekatan saintifik. Model Pembelajaran STEAM, 1–64.

Hidayah, B. N., & Nugraheni, N. (2024). Peran Pembelajaran Abad 21 Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (Sdgs). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1666–1677. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3619

Indriastuti, M., Rosalinda, E., Maulida, M., & ... (2023). Literasi dan Inklusi Keuangan pada Gen Z guna Mendukung Agenda SDG’s di Indonesia. KUAT: Keuangan …, 5(2). https://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/view/2289%0Ahttps://jurnal.pknstan.ac.id/index.php/KUAT/article/download/2289/1275

Kosasih, B. D., & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Mtk Berbasis Steam Abad 21. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FKIP UMP.

Kumara, A. R. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif, 3–92.

Latifah, N., Hayat, M. S., & Khoiri, N. (2023). Potensi Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berorientasi ESD dalam Projek IPAS Aspek Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(2), 261–268. https://doi.org/10.26877/jp2f.v14i2.16955

Lestari, N., Apriani, N., Salsabila, & Ishak. (2021). Equity in Education Journal (EEJ). Efektif, Swasta Kota, D I Raya, Palangka, 6(2), 46–53. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221

Mariana, A., Nurbani, B., & Istiqlaliyah, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 88–94. https://doi.org/10.62274/tadrusuun.v1i2.18

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Muntamah, M., Roshayanti, F., & Hayat, M. S. (2023). Potensi Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics) pada Pembelajaran Projek IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) di SMK. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 77–83. https://doi.org/10.51874/jips.v4i1.79

Muslim, A. Q., Suci, I. G. S., & Pratama, M. R. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Di Jepang, Finlandia, China Dan Indonesia Dalam Mendukung Sustainable Development Goals. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 170. https://doi.org/10.25078/aw.v6i2.2827

Mustofa, M., Asy, H., & Ratnaningsih, S. (2024). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia Guru di Sekolah Dasar : Mengungkap Praktik Efektif Retensi untuk Pengembangan Guru. 9(1), 69–80.

Natalia, D., Herpratiwi, H., Nurwahidin, M., & Riswandi, R. (2023). Pengembangan Modul IPAS Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 327. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6459

Ninla Elmawati Falabiba. (2019). Perubahan Sosial Dan Pendidikan. Diah Retno Palupi Dan Gayut Fatwa Zatdni, 7(140151602825), 1–32.

Nurfadilah, S., & Siswanto, J. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Konsep Polimer dengan Pendekatan STEAM Bermuatan ESD Siswa SMA Negeri 1 Bantarbolang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 14(1), 45–51. https://doi.org/10.26877/mpp.v14i1.5543

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778–27787.

Purnamasari, S., Suhendi, F. A. F., & Zulfah, N. L. N. (2022). Implementasi Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA di Kabupaten Garut: sebuah studi pendahuluan. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 2(1), 7. https://doi.org/10.52434/jkpi.v2i1.1573

Purnomo, A. R., Yulianto, B., Mahdiannur, M. A., & Subekti, H. (2023). Embedding Sustainable Development Goals to Support Curriculum Merdeka Using Projects in Biotechnology. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 22(1), 406–433. https://doi.org/10.26803/ijlter.22.1.23

Rabbianty, E. N. (2022). Pemahaman Mahasiswa Terhadap Literasi Lingkungan. 10(2), 163–176.

Rahmawati, U. T., & Suranto, S. (2024). Mengeksplorasi Tantangan dalam Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pendidikan Akuntansi Dasar SMK di Surakarta. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1208–1217. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1087

Riyanto, A., Nuroso, H., & Roshayanti, F. (2024). Potensi Implementasi STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 88–94. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17345

Safitri, N. A. (2022). The STEAM approach to Improve 21st Century Skills in Elementary Schools. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 227. https://doi.org/10.20961/jkc.v10i2.65493

Salwa Andini, & Yakobus Ndona. (2024). Pendidikan Sebagai Agen Perubahan Dalam Mengembangkan Budaya Keadilan Sosial. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 202–208. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i3.3766

Sudarmin, & Sumarni, W. (2021). Berkreasi Mendesain Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Pustaka Rumah C1nta, 1–18.

Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Sutianah, C. (2021). Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08), 152–167. https://jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/596

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. SAPA - Jurnal Kateketik Dan Pastoral, 4(1), 46–58. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i1.68

Umami, L. F., Nugroho, K., & Zubedi, D. (2021). Projek Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (PROJEK IPAS). Kemdikbudristek RI.

Widarti, R., & Roshayanti, F. (2021). Potensi Implementasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) berorientasi ESD (Education for Sustainable Development) dalam Pembelajaran Fluida. Unnes Physics Education Journal, 10(3), 291–295.

Widyaiswara, R. (2021). Technical Vocational Education and Training (Tvet) Innovation Dengan Model Pelatihan Berbasis Kompetensi Dalam Pengembangan Soft-Skill Sumber Daya Manusia. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(8), 1495–1506. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/318/251%0Ahttps://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/318

Yuniar, E. T., Susiatiningsih, H., & Eko Wahyudi, F. (2022). Upaya Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals di Kota Pekalongan. Journal of International Relations, 8, 217–231. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jihiWebsite:http://www.fisip.undip.ac.id

Published
2025-03-01
How to Cite
Idha budiati, M. Syaiful Hayat, & Siti Fatonah. (2025). Potensi Integrasi STEAM-SDGs dalam Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Bina Utama Kendal. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 148-155. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2451
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 12 times