Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Lingsar Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa kelas VIII SMPN 1 Lingsar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian berupa angket, tes uraian dan pedoman wawancara. Dari 3 kelas yang terdiri dari 91 siswa yang diberikan angket karakteristik cara berpikir dipilih 1 kelas dengan banyak siswa 31 siswa sebagai subjek penelitian yaitu kelas VIII 3 dengan pertimbangan karakteristik cara berpikir siswa dikelas tersebut merata. Di kelas tersebut terdapat 14 siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe sekuensial konkret (SK), 4 siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe sekuensial abstrak (SA), 6 siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe acak abstrak (AA), dan 7 siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe acak konkret (AK). Kemudian siswa pada kelas VIII 3 diberikan tes kemampuan komunikasi matematis pada materi teorema Pythagoras, kemudian dipilih 8 subjek penelitian untuk dilakukan wawancara untuk memperdalam data yang terdiri dari 2 siswa pada masing-masing karakteristik cara berpikir dan dipilih melalui purposive sampling untuk. Indikator kemampuan komunikasi matematis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu indikator menulis, menggambar dan ekspresi matematika. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe SK sudah memenuhi indikator menulis, menggambar dan ekspresi matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe SA belum memenuhi indikator menulis, menggambar, ekspresi matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe AA sudah memenuhi indikator menulis dan menggambar namun masih kurang dalam indikator eskpresi matematika. Kemampuan komunikasi matematis siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe AK sudah memenuhi indikator menulis, namun masih kurang dalam indikator menggambar dan ekspresi matematika. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih rendah.
Downloads
References
Ahmad, S., Zawawi, T., Zainal, T., & Omar, A.(2006). Isu-isu Pendidikan Matematika. Kuala Lumpur: Prin-AD SDN.BHD.
Azmi, S., Hayati, L., Hapipi & Triutami, T, W. (2021Pengembangan Isntrumen Tes untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, 16(2), 163-169. https://doi.org//10.29303/jpm.v16i2.2249
Deporter, B. & M. Hernacki.(2004). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan.Bandung: Kaifa.
Hardani, Dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hayati, L., & Mulyani. (2019). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pijar MIPA, 14(1), 44-49. https://doi.org//10.29303/jpm.vl4.11.998
Hikmah, A., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Soal SPLDV. 7(1), 29–35. DOI:http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jmpm
Hodiyanto.(2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9-17. https://www.neliti.com/publication/177556/
Kemendikbud. Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (2014). Indonesia
Khoiriyah, S. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Kalkulus II. Jurnal E-DuMath, 2(2), 202–209. https://doi.org/10.52657/je.v2i2.183
Lestanti, M. M. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 17-23. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i1.9343
Muflihah, I, S., Ratnaningsih, N., & Apiati, V. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta Didik. Journal Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 68-77. https://doi.org/10.37058/jarme.v1i1.628
National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principle and Standarts for School Mathematics. Reston, VA: NCTM
Nurhami., Suaedi., & Ma’rufi. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Berpikir Acak Abstrak dan Sekuensial Abstrak. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49-56. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i1.1390
OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing. Retrieved from https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Olivia, R., Arjudin., Wahidaturrahmi., & Subarinah., S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Ditinjau Dari Self Efficac. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1753-1761. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.847
Rahmat & Irfan, D. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer Dan Jaringan Dasar Smk. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 30.
https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i4.106378
Sembiring, R. K. B., Simorangkir, F. M. A., & Anzelina, D. (2021). Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis dan Sikap Positif Siswa. Surabaya: Cv. Jakad Media Publishing.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Turmuzi, M., Wahidaturrami, & Kurniawan, E. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matrmatika, 11(1), 51-61. https://doi.org//10.22437/edumatica.v11i01.12394
Prayitno, S., Suwarsono, S., & Siswono, T. Y. E. (2013). Indentifikasi Indikator Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berjenjang Pada Tiap-Tiap Jenjangnya Sudi. Himpunan Matematika Indonesia, 5, 384–389. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10796
Vidyaningrum, A., Raharjo, S., & Pradja, B., P. (2022). Mathematical Problem Solving Based On The Characteristics Of The Stundent’s Thinking Style. Kalamatika Jurnal Pendidikan matematika, 7(2), 163-176. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol7no2.2022pp163-176
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.