Analisis Miskonsepsi Siswa SMP kelas VII pada Materi Himpunan Menggunakan Three Tier Test
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi dalam materi himpunan pada siswa kelas VII.A SMPN 5 Masbagik melalui tes three tier test. Jenis penelitian kualitatif. 23 siswa kelas VII.A SMPN 5 Masbagik adalah subjek penelitian. Tes dan pedoman wawancara adalah instrument penelitian yang digunakan. Teknik analisis data melibatkan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Miskonsepsi diidentifikasi menggunakan tes diagnostik three tier test. Hasil penelitian menunjukan siswa mengalami miskonsepsi pada materi himpunan 78%, dengan kriteria miskonsepsi 1 (siswa diberikan perlakuan tes three tier test dimana jika siswa menjawab dengan benar, kemudian tidak dapat menjelaskan penyelesaian dari tes yang diberikan serta yakin terhadap apa yang siswa jawab 30%), miskonsepsi 2 (siswa menjawab dengan salah tes yang diberikan, akan tetapi siswa dapat menjelaskan tes yang diberikan dengan baik serta yakin terhadap jawabannya 9%), dan miskonsepsi 3 (siswa menjawab dengan salah tes yang diberikan serta siswa tidak mampu menjelaskan dengan benar tes yang diberikan dan siswa yakin terhadap apa yang siswa berikan jawabannya 39%). Penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu kurangnya pemahaman siswa tentang materi himpunan, kurangnya minat dan keinginan siswa untuk mempelajari materi yang telah mereka pelajari, dan kurangnya minat siswa untuk mempelajari materi yang telah mereka pelajari sebelumnya.
Downloads
References
A. C. Dindar, O. G. (2011). Development of a three-tier test to assess high school students’ understanding of acids and bases. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15(3), 600–604. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.147
Abidin, Z., Mania, S., & Kusumayanti, A. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP Dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar. 1(1), 19–25.
Afidah, A., K. (2018). Matematika Dasar. Rajawali Perss.
Agung Herutomo, R., & Mulyono Saputro, T. E. (2014). Analisis Kesalahan Dan Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Materi Aljabar. Edusentris, 1(2), 134. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.140
E. Mailani, U. R. Efendi, S. R. (2022). Three Tier Test in Analyzing the Misconceptions of Mathematics learning. 2016. https://doi.org/10.4108/eai.21-12-2021.2317282
Efendi, U. R., & Mailani, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Bangun Datar Dengan Menggunakan Three Tier Test Di Kelas Iv Sdn 050644 Bahorok T.a. 2020/2021. Jurnal Guru Kita PGSD, 5(4), 113. https://doi.org/10.24114/jgk.v5i4.28240
Ika, M. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. K-Media.
Jalal, A., & Afandi, A. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Aljabar Berbasis Masalah untuk Mengoptimalkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 45–55.
K. Natalia T, S. Subanji, I. M. S. (2016). Miskonsepsi pada Penyelesaian Soal Aljabar Siswa Kelas VII Berdasarkan Proses Berpikir Mason. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(10), 1917–1925.
Lesmana, G. (2021). Kapita Selekta Pelayanan Konseling.
S. Prayitno, D. Novitasari, N. H. (2024). Analisis miskonsepsi matematis mahasiswa calon guru pada konsep kombinatorika dan bilangan. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(2), 752–763.
S. Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 194–209.
Safilu, A. (2019). Biologi dan Pembeljaran di Era Revolusi Industri 4.0. UHO Press.
Sarlina. (2015). Miskonsepsi Siswa terhadap Pemahaman Konsep Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat Siswa Kelas X5 SMA Negeri 11 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(2), 198.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.
Suparno. (2013). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika. Grasindo.
Wara, S, D. (2021). Hubungan Etnomatematika Adonara dan Matematika Sekolah Etnografi di Adonara. Media Nusa Creative.
Y. Rahayu, H. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Himpunan. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 93–102. https://doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1284
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. 4(1), 60–65.
Yusnadi, Nution, Mawaddah, Sriadhi, E. (2021). Iconseir 2021 Procedings of the 3rd International Conference of Sience Education in Industrial Revolution 4.0. EIA.
Yuzianah, D., & Fatimah, S. (2022). Penggunaan Three Tier Test Untuk Mendiagnosa Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Eksponensial. Jurnal Eduscience, 9(1), 19–27. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2516
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.