Analisis Etnosains Dalam Pembelajaran IPA Sebagai Sumber Belajar Yang Inovatif Bagi Siswa Kelas VII: Kajian Literatur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi etnosains dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai sumber belajar yang inovatif bagi siswa kelas VII. Kajian literatur digunakan sebagai metode untuk menggali konsep, implementasi, dan efektivitas etnosains dalam pendidikan IPA. Etnosains, sebagai pendekatan yang menghubungkan pengetahuan tradisional dengan konsep sains modern, diyakini mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap sains melalui konteks budaya lokal yang relevan. Integrasi ini tidak hanya memperkaya materi pembelajaran, tetapi juga mendorong siswa untuk lebih menghargai kearifan lokal sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Temuan dari kajian ini menunjukkan bahwa penggunaan etnosains dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar, memperkuat pemahaman konsep, dan menciptakan pembelajaran yang bermakna. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi pendidik dalam merancang strategi pembelajaran IPA yang lebih kontekstual dan relevan bagi siswa, khususnya di tingkat SMP.
Downloads
References
Amalia Putri, Nur Qomaria, & Ana Yuniasti Retno Wulandari. (2022). Kajian Etnosains pada Ramuan Tradisional Keraton Sumenep dan Kaitannya dengan Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(4), 1148–1155. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i4.762
Andayani, Y., Anwar, Y. A. S., & Hadisaputra, S. (2021). Pendekatan Etnosains dalam Pelajaran Kimia Untuk Pembentukan Karakter Siswa: Tanggapan Guru Kimia di NTB. Jurnal Pijar Mipa, 16(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2269
Arrumi, K., Syarif, M. I., Harahap, F. D. S., & Atika, R. N. (2024). Kajian Etnosains Asam Buaye Makanan Khas Melayu Siak sebagai Sumber Belajar IPA. Jurnal Basicedu, 8(3), 2178–2186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i3.7597
Basuki, F. R., Kurniawan, W., Jufrida, J., & Kurniawan, D. A. (2019). Pemetaan Kompetensi Dasar Dan Integrasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Ipa Smp Di Kabupaten Muaro Jambi. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 301. https://doi.org/10.32332/d.v1i2.1767
Hadi, W. P., & Ahied, M. (2017). Kajian Etnosains Madura dalam Proses Produksi Garam sebagai Media Pembelajaran IPA Terpadu. Rekayasa, 10(2), 79. https://doi.org/10.21107/rys.v10i2.3608
Hadi, W. P., Sari, F. P., Sugiarto, A., Mawaddah, W., & Arifin, S. (2019). Terasi Madura: Kajian Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal Dan Karakter Siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 10(1), 45. https://doi.org/10.20527/quantum.v10i1.5877
Hikmawati, K., & Khusniati, M. (2022). Kajian Etnosains dalam Proses Pembuatan Bubur Sumsum dalam Pembelajaran IPA. Proceeding Seminar Nasional IPA XII, 150–159.
Ilhami, A., Diniya, D., Susilawati, S., Sugianto, R., & Ramadhan, C. F. (2021). Analisis Kearifan Lokal Manongkah Kerang di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau sebagai Sumber Belajar IPA Berbasis Etnosains. Sosial Budaya, 18(1), 20. https://doi.org/10.24014/sb.v18i1.12723
Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2020). Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 79–86.
Istikomayanti, Y., Aldya, R. F., Djarawula, E., & Malo, A. R. (2023). Potensi Tenun Ikat Sebagai Sumber Belajar Berbasis Etnosains. Jurnal Ilmiah Biosaintropis (Bioscience-Tropic), 8(2), 104–114. https://doi.org/10.33474/e-jbst.v8i2.519
Kantina, S., Suryanti, S., & Suprapto, N. (2022). Mengkaji Pembuatan Garam Gunung Krayan dalam Etnosains Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6763–6773. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3360
Lestari, E., Basuki, F. R., & Wiratama, A. (2023). Analisis Etnosains Seni Anyaman Dan Budaya Betangas Di Muaro Jambi Sebagai Sumber Belajar Sains. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 3(April), 52–61. https://doi.org/10.30631/psej.v3i1.1770
Lidi, M. W., Mbia Wae, V. P. S., & Umbu Kaleka, M. B. (2022). Implementasi Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Di Kabupaten Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206–216. https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2218
M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, S. dan D. E. J., & 1, 2, 3, 4Universitas Sultan Ageung Tirtayasa. (2023). 1 . تفت نغد .لاله لوسر يهيساغم بدا تنيءاكرب غي يلقن ليلد وتاس خابمم .2 نيراه نفوديهك لماد لاله لوسر يهيساغم بدا 3 يسلاوميس نكنوكلام . لوتب نغد زيءوك نلاءوس 4 باوجنم. Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.
Melta, D., Arsih, F., & Fuadiyah, S. (2024). Kajian Etnosains Paureh Sebagai Sumber Pembelajaran IPA. 8(1), 37–46.
Mukti, H., Suastra, I. W., & Aryana, I. B. P. (2022). Integrasi Etnosains dalam pembelajaran IPA. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2).
Ningrum, E. I., Prasetyo, D. R., & Garam, P. (2024). NCoINS : National Conference of Islamic Natural Science ( 2024 ) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Kudus Kajian Etnosains Pada Proses Pembuatan Garam Di Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Sebagai Sumber Belajar IPA SMP / MTs. 378–402.
Rikizaputra, R., Firda, A., & Elvianasti, M. (2022). Kajian Etnosains Tapai Ketan Hijau Makanan Khas Indragiri Hilir Sebagai Sumber Belajar Biologi. Bio-Lectura : Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 238–247. https://doi.org/10.31849/bl.v9i2.11563
Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Pengembangan Bahan Ajar IPA SMP Tema Perpindahan Kalor Berkonteks Etnosains Jayapura Papua. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b). https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.132
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.