Pengembangan LKPD Berbasis RME Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah penting bagi siswa, pada kenyataannya masih cenderung rendah, sehingga diperlukan bahan ajar berupa LKPD sebagai penunjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dilengkapi dengan teknologi augmented reality, yang diharapkan dapat memenuhi kriteria validitas, kepraktisan, dan efektivitas terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, & Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 42 orang siswa dan 1 orang guru magtematika di SMAN 1 Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes, menggunakan instrumen yang mencakup angket validitas, tanggapan, kepraktisan, serta soal tes. Data yang diperoleh dianalisis berdasarkan aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil validasi materi dan LKPD menunjukkan persentase masing-masing sebesar 82,3% dan 84,5%, yang dikategorikan sangat valid. Hasil kepraktisan guru dan siswa masing-masing memperoleh nilai 86,5% dan 80,2%, yang masuk dalam kategori praktis. Uji one sample t-test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000<0,05, yang mengindikasikan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa melebihi standar yang ditetapkan (KKTP). Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa LKPD berbasis RME yang didukung oleh augmented reality pada materi transformasi fungsi terbukti valid, praktis, dan efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan penggunaan LKPD tersebut dapat mendukung proses pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan efektif bagi guru dan siswa.
Downloads
References
Albab, R. U., Wanabuliandari, S., & Sumaji, S. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Aplikasi Gagung Duran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1767. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3969
Ali, D., Nurhanurawati, N., & Noer, S. H. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Poblem Based Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 829. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4760
Anggraini, W., Nurhanurawati, N., & Caswita, C. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Kontekstual Dengan Model Logan Avenue Problem Solving (Laps)–Heurustic Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 58. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4641
Angraini, F., Erita, S., Oktafia, M., & Nasution, E. Y. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipchart Berbasis Etnomatematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.30605/proximal.v6i2.2586
Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2017). Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Seseuai Kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah 03 Wajak. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 67–76. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v1i1.872
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90-114.
Bahar, E. E., Syamsuadi, A., Gaffar, A., & Syahri, A. A. (2020). Analisis Kemampuan Matematis dalam Menyelesaikan Soal PISA (Programme For International Student Assessment) pada Konten Kuantitas. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1(1), 65–72. http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
Deswita, R., Milenia, I. F., & Erita, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal on Education, 4(4), 1666-1674.
Fadli, A. (2019). Kemampuan Problem-solving Skills Calon Guru PAI Berdasarkan Gender dan Grade Levels. Jurnal Tatsqif, 17(2), 121–130. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i2.1223
Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2020). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis discovery learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 17-25.
HA, N. R. H. & Kurniasari, I (2016). profil pemecahan masalah matematika model pisa berdasarkan kemampuan matematika siswa SMA. MATHEdunesa, 5(3).
Hakim, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality. Lentera Pendidikan, 20(1), 59–72. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i6
Handican, R., & Laswadi, L. (2024). Edutainment: Pembelajaran Matematika Menyenangkan Melalui Video Game di SMPN 3 Kota Sungai Penuh. RANGGUK: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 102–114. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/rgk.v4i2.4606
Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Operasi Pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 51–60. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.51-60
Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan bahan ajar berbasis Liveworksheet untuk siswa sekolah dasar kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566
Hayong, M. S. W., & Putra, S. H. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(3), 38–49. https://doi.org/10.55241/spibio.v1i3.19
Hendriyani, Y., Effendi, H., & Novaliendry, D. (2019). Augmented Reality As An Innovative Learning Media In The Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 62–67. http://tip.ppj.unp.ac.id
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Hidayat, M. F., Hapizah, H., Susanti, E., & Scristia, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Materi Prisma Berbasis Android untuk Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas VIII. Jurnal Gantang, 5(2), 191–201. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2362
Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77–86. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86
Jewarut, S., Sumarni, M. L., Usman, U., Manggu, B., Torimtubun, H., & Durasa, H. (2024). Analisis Transformasi Mengajar Guru Sekolah Dasar Daerah Perbatasan, Berbasis TPACK(Technology Pedagogical Content Knowledge) dalam Bingkai Kurikulum Merdeka. Journal of Education Research, 5(2), 2155–2163. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1102
Junika, N., Izzati, N., & Tambunan, L. R. (2020). Pengembangan Soal Statistika Model PISA untuk Melatih Kemampuan Literasi Statistika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 499–510. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.632
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2(1), 702–707. https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/360/380
Kusumawati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa dengan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME). Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 104–113. https://doi.org/https://doi.org/10.31941/delta.v1i1.467
Ma’wa, A., Hapipi, H., Turmuzi, M., & Azmi, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(4), 631–640. https://doi.org/10.29303/griya.v1i4.114
Mullis, I. V. ., Martin, M. O., Foy, P., & Hopper, M. (2016). Timss 2015 International Results in Mathematics. TIMSS & PIRLS International Study Center, 1–971. http://timss2015.org/timss-2015/science/student-achievement/distribution-of-science-achievement/
Muslimah, M. (2020). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1471–1479. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.56958
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Nashan, S., Anisa, R. N., Ummah, N., Margaretha, S. M., & Fitryah, A. (2023). Analisis perbedaan pencapaian hasil belajar siswa dengan menggunakan metode PBL kelas V di SD 2 Bulong Kulon. Proceding UMSurabaya, 2(1), 753–760. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pro/article/view/19794
Novianto, S., Budi, S., Al Zami, F., Wibowo, S., Kurniawan, A. W., & Widjajanto, B. (2022). Pelatihan & Simulasi Crack Vs Hack 1.0 Di Sma Negeri 3 Semarang. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 6(2), 385–394. https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.385-394
Nurhusain, M., & Hadi, A. (2021). Desain Pembelajaran Statistika Terapan Berbasis Kasus Berkualitas Baik (Valid, Praktis, dan Efektif) untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 105–119. https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2.951
Purba, N. P., & Rajagukguk, W. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis RME (Realistic Mathematic Education) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Lingkaran. SAKOLA - Journal of Sains Cooperative Learning and Law, 1(2), 483–496. https://doi.org/10.57235/sakola.v1i2.3356
Ragilena, R. N., Wijayanti, A., & Reffiane, F. (2022). Keefektifan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Sains, Teknologi, Teknik, Seni, Dan Matematika (Steam) Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Citra Pendidikan, 2(3), 522–527. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i3.631
Rahman, Z. H., & Setyaningsih, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1620–1629. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5139
Rahmayanti, S., Dailami, D., Apricilia, A., & Hanina, H. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION BERBANTUAN WIZER. ME DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI SMAN I PULAU RAKYAT. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(3), 10608-10615.
Rakhmat, M. D. K., & Handayani, I. (2024). Pengembangan Aplikasi Berbasis Mobile untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dan Efisiensi Pemasaran dengan Metode ADDIE. Journal of Information System Research (JOSH), 5(2), 374–383. https://doi.org/10.47065/josh.v5i2.4584
Rihayati, I., Purnomo, Y. W., & Pamenan, M. S. (2023). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Augmented Reality terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(3), 2833–2846. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i3.7027
Rustandi, A., & Rismayanti, R. (2021). Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57–60. https://doi.org/10.37859/jf.v11i2.2546
Samad, A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Laps-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 4 Sungguminasa. ELIPS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 108–123. https://doi.org/10.47650/elips.v2i2.274
Sanjaya, M. D., Nilawijaya, R., & Erwanto. (2021). Strategi dan Model Pengembangan Bahan Ajar Bagi Calon Guru di Era Pandemi COVID 19 PBSI Fkip Universitas Baturaja. Jurnal Indonesia Raya, 2(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.37638/Indonesiaraya.2.1.1-5 pelatihan
Sari, M., Oktafia, M., & Ningsih, F. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa PHYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika, 101-112.
Sari, O. B. mila, Risdianto, E., & Sutarno, S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Poe Berbantuan Augmented Reality untuk Melatihkan Keterampilan Proses Dasar pada Konsep Fluida Statis. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 85–93. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.85-93
Septiani, A., Yuhana, Y., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan LKPD untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika : Systematic Literature Review. Jurnal Basicedu, 6(6), 10110–10121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3782
Setiyaningsih, A., Yuwono, M. R., & Wijayanti, S. (2022). Analisis Kelengkapan LKPD sebagai Media Pembelajaran Matematika Peserta Didik. WIDYA DIDAKTIKA - Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 42–47. https://doi.org/10.54840/juwita.v1i2.68
Sintawati, M., Berliana, L., & Supriyanto, S. (2020). Real Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31604/ptk.v3i1.26-33
Sumargiyani, S., & Tsani, S. M. A. (2024). Pengembangan LKPD Elektronik Materi Bentuk Aljabar Berbasis Model Discovery Learning Menggunakan LiveWorksheets. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 317-323.
Susana, T., Astuti, R., & Risalah, D. (2023). Pengembangan LKPD Digital Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 371–379. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i2.1450
Wahyuni, & Yurnetti. (2023). Development Of E-Lkpd Biotechnology Topic Intregrated With Local Wisdom Based On Scientific Approach. Journal of Science Education Teaching and Learning, 4(1), 110–117. https://doi.org/10.24036/universe.v4i1.246
Widiyanti, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-LKPD menggunakan Live Worksheet pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar. Eprints UMM.
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.