Media ICAN terhadap Creative Thinking Skills pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan dari media Ican pada pembelajaran IPAS materi perkembangbiakan tumbuhan kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan Reseach and Develpoment (R&D) dengan pendekatan pengembangan model ADDIE. Adapun subjek penelitian ini ialah siswa kelas IV sejumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, beserta angket. Hasil uji validitas oleh ahli media (93,75%) dan ahli materi (96,25%) menunjukkan hasil sangat valid. Hasil uji kepraktisan diperoleh dari tanggapan guru media sebesar 100% (sangat praktis), tanggapan guru materi sebesar 97,5% (sangat praktis), dan tanggapan siswa sebesar 95%. Dengan demikian, media Ican layak dalam segi validitas dan layak diimplementasikan bagi siswa kelas IV SD.
Downloads
References
Amelia, D., Jayanti, & Suryani, I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 80 PALEMBANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(03), 797–810.
Dwi Cahyani, M., Reffiane, F., & Wakhyudin, H. (2023). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA CANVA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS IV DI SDN SENDANGMULYO 02 SEMARANG. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09, 2030–2042.
Fauziyah, A., Hendrayana, A., & Hariyadi, R. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA MATERI SUHU IPA KELAS VII. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10765
Hafild, M. N. R., Putri, T. P., Pramudiyanti, & Dewi, P. S. (2024). Pengembangan LKPD IPAS Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Lentera JURNAL ILMIAH KEPENDIDIKAN, 17(1), 69–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v17i1.1433
Hasanah, U., Astra, I. M., & Sumantri, M. S. (2023). Exploring the Need for Using Science Learning Multimedia to Improve Critical Thinking Elementary School Students: Teacher Perception. International Journal of Instruction, 16(1), 417–440. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16123a
Hasani, B., Ulya, N. R., Nabila, S., & Murni, A. W. (2025). Pengembangan Media Ajar Berbasis Canva Dalam Pembelajaran IPA SD Pada Materi Sistem Saraf Manusia. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 94–107. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/jpd.v6i1.5957
Iqbal Fareza, H., & Zuhdi, U. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS NEARPOD DALAM MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA TUMBUHAN SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR.
Irman, I., Surahman, E., Agustian, D., Herawati, D., & Badriah, L. (2025). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 60–67. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2318
Kamila, L., Taufik, M., & Dewi, R. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Website Canva Pada Mata Pelajaran IPAS Topik Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 15, Issue 2).
Kamila, Z., & Kowiyah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663
Karyati, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Website Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(03). https://doi.org/10.37905/aksara.9.3.1665-1674.2023
Kurniati, F., & Ratnaningrum, I. (2025). Pengembangan E-Asesmen Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 20–30. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2253
Lakaran, J., Mettang, S. A., & Tanan, O. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 4 Makale.
Muttaqin. H.P.S., Sariyasa, & Suarni, N. K. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN PERKEMBANGBIAKAN HEWAN UNTUK SISWA KELAS VI SD. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 1–15. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.613
Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Florenza, M., Sinaga, L., & Rahmadani, S. (2021). ANALISIS PERAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SMP.
Paramitha, M., Fadillah, S., & Sari, M. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Sistem Pernapasan. JURNAL BIOEDUIN, 13, 58.
Putri, F., & Nurjannah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Berbasis Masalah Pada Temaekosistem Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA (JP2MIPA, 8(1), 19–27.
Rahardjanto, A., Husamah, & Fauzi, A. (2019). Hybrid-PjBL: Learning outcomes, creative thinking skills, and learning motivation of preservice teacher. International Journal of Instruction, 12(2), 179–192. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12212a
Ramadani, T. N. S., Puspita, Y., & Oktavia, M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA MATERI NORMA DAN ADAT ISTIADAT DAERAHKU KELAS IV SD NEGERI 72 PALEMBANG. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 693–702. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3670
Rambe, Y. S., Rozi, F., Mailani, E., Sirait, A. P., & Manurung, I. F. U. (2024). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CANVA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 19 RANTAU UTARA T.A 2023/2024. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(4), 715. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i4.59420
Sari, M. L., & Pratikto, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi canva: Efektif dalam meningkatkan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(2), 236–245. https://doi.org/10.17977/um066v2i22022p236-245
Setiani, I., Medriati, R., & Purwanto, D. A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 9 (1), 57–68. https://doi.org/10.15575/jotalp.v9i1.31633
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sukarso, A., Artayasa, I. P., Bahri, S., & Azizah, A. (2022). Provision of Creative Teaching Materials in Improving Creative Disposition and Creative Thinking Skills of High School Students. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(6), 2728–2736. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i6.2514
Sulistiyono, & Triyanti, M. (2024). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 357–364. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1526
Suwistika, R., Ibrohim, I., & Susanto, H. (2024). Improving critical thinking and creative thinking skills through POPBL learning in high school student. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 10(1), 115–122. https://doi.org/10.22219/jpbi.v10i1.30172
Widuri, Fatimah, A. E., & Purba, A. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 7(3).
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.