Pengembangan E-book Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book pembelajaran berbasis Discovery Learning guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi. Materi ini kerap dianggap kompleks dan sulit dipahami oleh siswa, sehingga pendekatan interaktif berbasis teknologi diharapkan mampu meningkatkan motivasi serta keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall, yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, serta validasi oleh para ahli. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berupa lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli, serta wawancara dengan guru dan siswa selama tahap uji coba awal. Hasil validasi dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung skor rata-rata penilaian. Berdasarkan hasil validasi media, terdapat peningkatan signifikan dalam aspek desain tampilan, kemudahan penggunaan, dan grafis, di mana skor rata-rata meningkat dari 81,93 menjadi 86,8. Selain itu, validasi materi juga menunjukkan perbaikan yang signifikan, dengan peningkatan skor pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian dari 86,08 menjadi 94,07 setelah revisi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa E-book yang dirancang secara baik, relevan, mudah dipahami, serta menarik bagi siswa dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. Dengan mengintegrasikan elemen interaktif, penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem sirkulasi serta mendukung pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna.
Downloads
References
Asrowi, A., Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The Impact of Using the Interactive E-book on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a
Bare, Y., Ra’o, P. Y. S. B., & Putra, S. H. J. (2021). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 158–167. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.508
Dewi, N. K. A. K. (2022). Discovery Learning in E-book With Natural Science Lesson at Elementary School. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.44733
Dewi, P., Romadhana, A., Muzaki, M., & Ati MZ, A. F. S. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Ilmiah Pendas Primary Education Journal. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3164
Fahdiani, D., Abudarin, A., & Fatah, A. H. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Di Kelas X SMAN 1 Marikit. In Journal of Environment and Management. https://doi.org/10.37304/jem.v3i2.5505
Fitriadi, P., Latumakulita, I. I., Jumadi, J., & Warsono, W. (2022). CTL-Based Physics E-book to Improve Students Physics Problem Solving Skills in Senior Highschool. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 8(3), 1121–1127. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1341
Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522
Kholistiyawatin, N. (2023). Development of E-Module Based on Discovery Learning to Improve Students’ Learning Outcomes in PKKR Subject for Grade XI TKRO at State Vocational High School 1 Merbau. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(12), 12032–12041. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5690
Komalasari, K., Winarno, W., & Indrawadi, J. (2023). Value-Based Blended Learning Model for Strengthening Students’ Character. International Journal of Instruction, 16(4), 689–706. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16439a
Maysara, Wahyuni, W., Marhadi, Muh. A., Dahlan, Haetami, A., & Esnawi. (2024). Application of the Discovery Learning Model Using Student Worksheets Based on Scaffolding on Stoichiometric Materials to Improve Learning Outcomes. International Journal of Educational Technology and Learning, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.55217/101.v16i1.744
Mukhoyyaroh, Q. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Augmented Reality (AR) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 65. https://doi.org/10.20961/bioedukasi.v16i2.73535
Ngurah Komang Wiratama, G., & Gede Margunayasa, I. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. 9(2), 258–267. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Purnamawati, S. N., Aryani, R., Tarjiah, I., & Kurniawan, E. (2023). Development of a Website-Based Education Management Information System in Inclusive Schools. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(3), 554–563. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.56659
Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas E-book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(1), 116–126. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p116-126
Putri, S. N. E., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2023). E-Module With the Borg and Gall Model With a Contextual Approach to Thematic Learning. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.57482
Rogaya, ., Mursid, R., & Baharuddin, B. (2023). Augmented Reality Based on Discovery Learning: The Human Circulatory System to Improve Biological Literacy. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 47–54. https://doi.org/10.7753/ijcatr1204.1011
Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-book Interaktif Materi Siklus Air Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas v Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180
Sanjaya, W. S. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik Terhadap Hasil Belajar. https://doi.org/10.31219/osf.io/fyu4h
Sekarwati, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Discovery Learning Yang Terintegrasi Pendidikan Karakter Dalam Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 9. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.819
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Fajar Interpratama Mandiri.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suryati, I. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Menganalisis Indeks Harga Dan Inflasi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 7(4), 481–488. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.63768
Syarif, E., Syamsunardi, S., & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (Est), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975
Tambunan, L., Rusdi, R., & Miarsyah, M. (2018). Efectiveness of Problem Based Learning Models by Using E-Learning and Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes on Subject Circullation Systems. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 96. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.598
Tampubolon, R. S., Nursamsu, N., & Mahyuny, S. R. (2024). Penerapan E-book Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Langsa. Bioed Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v12i1.12730
Widyatnyana, K. N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva for Education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695
Yulia, Y., Herawati, H., & Krismanto, W. (2022). Improving Student Activities and Learning Outcomes Through Implementation of Pop-Up Book Media in Discovery Learning. Electronic Journal of Education Social Economics and Technology, 3(2), 50–55. https://doi.org/10.33122/ejeset.v3i2.71
Copyright (c) 2025 JURNAL PENDIDIKAN MIPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.