Pengembangan E-book Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi

  • Ayu Tiara Putri Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Yatin Mulyono Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Ayatusa’adah Ayatusa’adah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-book pembelajaran berbasis Discovery Learning guna meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem sirkulasi. Materi ini kerap dianggap kompleks dan sulit dipahami oleh siswa, sehingga pendekatan interaktif berbasis teknologi diharapkan mampu meningkatkan motivasi serta keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall, yang mencakup analisis kebutuhan, perancangan, serta validasi oleh para ahli. Pengumpulan data dilakukan melalui angket berupa lembar validasi yang diberikan kepada validator ahli, serta wawancara dengan guru dan siswa selama tahap uji coba awal. Hasil validasi dianalisis secara kuantitatif dengan menghitung skor rata-rata penilaian. Berdasarkan hasil validasi media, terdapat peningkatan signifikan dalam aspek desain tampilan, kemudahan penggunaan, dan grafis, di mana skor rata-rata meningkat dari 81,93 menjadi 86,8. Selain itu, validasi materi juga menunjukkan perbaikan yang signifikan, dengan peningkatan skor pada aspek kelayakan isi, kebahasaan, dan penyajian dari 86,08 menjadi 94,07 setelah revisi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa E-book yang dirancang secara baik, relevan, mudah dipahami, serta menarik bagi siswa dapat menjadi media pembelajaran yang efektif. Dengan mengintegrasikan elemen interaktif, penelitian ini berkontribusi dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sistem sirkulasi serta mendukung pembelajaran yang lebih aktif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: E-book, Discovery Learning, Sistem Sirkulasi, Hasil Belajar, Pendidikan Interaktif

References

Asrowi, A., Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The Impact of Using the Interactive E-book on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a

Bare, Y., Ra’o, P. Y. S. B., & Putra, S. H. J. (2021). Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(2), 158–167. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.508

Dewi, N. K. A. K. (2022). Discovery Learning in E-book With Natural Science Lesson at Elementary School. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(1), 111–122. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.44733

Dewi, P., Romadhana, A., Muzaki, M., & Ati MZ, A. F. S. (2023). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DI SEKOLAH DASAR. In Jurnal Ilmiah Pendas Primary Education Journal. https://doi.org/10.29303/pendas.v4i1.3164

Fahdiani, D., Abudarin, A., & Fatah, A. H. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Discovery Learning Pada Konsep Reaksi Reduksi Oksidasi Di Kelas X SMAN 1 Marikit. In Journal of Environment and Management. https://doi.org/10.37304/jem.v3i2.5505

Fitriadi, P., Latumakulita, I. I., Jumadi, J., & Warsono, W. (2022). CTL-Based Physics E-book to Improve Students Physics Problem Solving Skills in Senior Highschool. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 8(3), 1121–1127. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i3.1341

Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi Pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522

Kholistiyawatin, N. (2023). Development of E-Module Based on Discovery Learning to Improve Students’ Learning Outcomes in PKKR Subject for Grade XI TKRO at State Vocational High School 1 Merbau. Jurnal Penelitian Pendidikan Ipa, 9(12), 12032–12041. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.5690

Komalasari, K., Winarno, W., & Indrawadi, J. (2023). Value-Based Blended Learning Model for Strengthening Students’ Character. International Journal of Instruction, 16(4), 689–706. https://doi.org/10.29333/iji.2023.16439a

Maysara, Wahyuni, W., Marhadi, Muh. A., Dahlan, Haetami, A., & Esnawi. (2024). Application of the Discovery Learning Model Using Student Worksheets Based on Scaffolding on Stoichiometric Materials to Improve Learning Outcomes. International Journal of Educational Technology and Learning, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.55217/101.v16i1.744

Mukhoyyaroh, Q. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbantuan Augmented Reality (AR) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi, 16(2), 65. https://doi.org/10.20961/bioedukasi.v16i2.73535

Ngurah Komang Wiratama, G., & Gede Margunayasa, I. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA Pada Sub Tema 1 Tema 5. 9(2), 258–267. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Purnamawati, S. N., Aryani, R., Tarjiah, I., & Kurniawan, E. (2023). Development of a Website-Based Education Management Information System in Inclusive Schools. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(3), 554–563. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.56659

Putra, R. R., & Fitrihidajati, H. (2021). Validitas E-book Terintegrasi Hands on Minds on (Homo) Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 11(1), 116–126. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p116-126

Putri, S. N. E., Agung, A. A. G., & Suartama, I. K. (2023). E-Module With the Borg and Gall Model With a Contextual Approach to Thematic Learning. Journal for Lesson and Learning Studies, 6(1), 27–34. https://doi.org/10.23887/jlls.v6i1.57482

Rogaya, ., Mursid, R., & Baharuddin, B. (2023). Augmented Reality Based on Discovery Learning: The Human Circulatory System to Improve Biological Literacy. International Journal of Computer Applications Technology and Research, 47–54. https://doi.org/10.7753/ijcatr1204.1011

Rusdiana, N. P. M., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). E-book Interaktif Materi Siklus Air Pada Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas v Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45180

Sanjaya, W. S. M. (2023). Pengaruh Penggunaan Buku Elektronik Terhadap Hasil Belajar. https://doi.org/10.31219/osf.io/fyu4h

Sekarwati, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Discovery Learning Yang Terintegrasi Pendidikan Karakter Dalam Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 9. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.819

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,. Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suryati, I. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Menganalisis Indeks Harga Dan Inflasi Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Journal of Education Action Research, 7(4), 481–488. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.63768

Syarif, E., Syamsunardi, S., & Saputro, A. (2020). Implementation of Discovery Learning to Improve Scientific and Cognitive Attitude of Students. Journal of Educational Science and Technology (Est), 23–31. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.11975

Tambunan, L., Rusdi, R., & Miarsyah, M. (2018). Efectiveness of Problem Based Learning Models by Using E-Learning and Learning Motivation Toward Students Learning Outcomes on Subject Circullation Systems. Indonesian Journal of Science and Education, 2(1), 96. https://doi.org/10.31002/ijose.v2i1.598

Tampubolon, R. S., Nursamsu, N., & Mahyuny, S. R. (2024). Penerapan E-book Pada Materi Sistem Koordinasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 3 Langsa. Bioed Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v12i1.12730

Widyatnyana, K. N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Pada Materi Teks Cerpen Dengan Menggunakan Media Canva for Education. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 10(2), 229–236. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v10i2.695

Yulia, Y., Herawati, H., & Krismanto, W. (2022). Improving Student Activities and Learning Outcomes Through Implementation of Pop-Up Book Media in Discovery Learning. Electronic Journal of Education Social Economics and Technology, 3(2), 50–55. https://doi.org/10.33122/ejeset.v3i2.71

Published
2025-03-03
How to Cite
Putri, A. T., Mulyono, Y., & Ayatusa’adah, A. (2025). Pengembangan E-book Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Sirkulasi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 219-230. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2532
Abstract viewed = 50 times
PDF downloaded = 27 times