Pemanfaatan Media Digital dalam Model Fan-N-Pick untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Anita Nurgufriani STKIP Taman Siswa Bima
  • Asriyadin Asriyadin STKIP Taman Siswa Bima
  • Adi Apriadi Adiansha STKIP Taman Siswa Bima
  • Muhammad Fuadi STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2543

Keywords:

Media Digital, Model Fan-N-Pick, Pemahaman Konsep IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Riset/penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media digital dalam model Fan-N-Pick terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasi-experiment) dengan rancangan pengukuran sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) pada kelompok eksperimen dan kontrol dengan sampel penelitian melibatkan 60 siswa kelas V SD. Kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan model Fan-N-Pick berbasis media digital, sementara kelompok kontrol menggunakan metode tradisional. Data diperoleh melalui evaluasi pemahaman konsep, observasi, serta angket respons siswa. Data penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep IPA yang signifikan pada kelompok eksperimen jika dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan nilai rata-rata untuk posttest pada kelompok eksperimen mencapai 36,5%, sedangkan pada kelompok kontrol mengalami peningkatan sebesar 22,1%. Hasil uji-t independen mengindikasikan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam peningkatan pemahaman konsep antara kedua kelompok pada taraf signifikansi 0,05. Selain itu, integrasi media digital dalam model Fan-N-Pick juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penggunaan media digital dalam model Fan-N-Pick dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di SD. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital dalam model Fan-N-Pick mengalami kenaikan yang signifikan untuk pemahaman konsep IPA siswa SD dibandingkan dengan pendekatan tradisional. Implementasi strategi ini memerlukan kesiapan guru dalam mengadaptasi teknologi ke dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pelatihan bagi guru untuk meningkatkan keterampilan integrasi teknologi dalam pembelajaran berbasis kooperatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). DESAIN KUASI EKSPERIMEN DALAM PENDIDIKAN: LITERATUR REVIEW. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Herawati, E., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–70.

Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (Ninth Edit). McGraw Hill.

Arends, R. I., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning: Becoming an accomplished teacher. In Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203866771

Creswell, W. J anda Creswell, D. J. (2018). Fifth Edition: Research Design Qualitative, Quantitative, adan Mix Methods Approaches. In Sage Publication, Inc. (Fifth Edit). Sage Publication Ltd. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Darmawati, V. D., Wulandari, A. Y. R., Putra, D. B. R. A., & Sulastri, E. (2025). Validitas Instrumen Soal Literasi Sains pada Konteks Batik Madura Materi Unsur, Senyawa, dan Campuran. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 15(1), 173–183. https://doi.org/10.37630/jpm.v15i1.2284

Dittmar, J., & Eilks, I. (2019). An Interview Study of German Teachers’ Views on the Implementation of Digital Media Education by Focusing on Internet Forums in the Science Classroom. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 7(4), 367–381.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Heebkaew, C., & Seehamongkon, Y. (2024). The Development of the Ability to Solve Mathematical Problems and Academic Achievement Decimal Problem of Prathomsuksa6 Students Through Cooperative Learning Management STAD and KWDL Technique. The Development of the Ability to Solve Mathematical Problems and Academic Achievement Decimal Problem of Prathomsuksa6 Students Through Cooperative Learning Management STAD and KWDL Technique, 13(1), 150. https://doi.org/10.5539/jel.v13n1p150

Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality dalam Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328–340. https://doi.org/10.29407/jsp.v7i1.694

Jannah, D. R. N., 1, Atmojo, I. R. W., & 2. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. International Journal of Information and Communication Technology Education, 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Kagan, S., & Kagan, M. (2009). Kaga Cooperative Learning. In Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing.

Kirbas, A., & Bulut, M. (2024). Examining the 21st Century Skills Teaching Levels of Teacher Candidates. International Journal of Technology in Education, 7(3), 434–455. https://doi.org/10.46328/ijte.800

Lachner, A., Backfisch, I., & Franke, U. (2024). Towards an Integrated Perspective of Teachers’ Technology Integration: A Preliminary Model and Future Research Directions. Frontline Learning Research, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.14786/flr.v12i1.1179

Lusiana, I. A., Setyosari, P., & Soetjipto, B. E. (2017). The Application of Two Stay Two Stray (TSTS) and Fan-N-Pick Learning Models to Improve Studentsâ Motivation and Learning Outcomes on Social studies Subject (A Study on the Fourth Grade students of SDN Tawun I Ngawi). International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 6(3). https://doi.org/10.6007/ijarped/v6-i3/3138

Lusiana, R., Krisdiana, I., & Aisyah, S. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Berdasarkan Taksonomi Bloom Ditinjau dari Kemampuan Kognitif. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 6(2), 60. https://doi.org/10.25273/jems.v6i2.5354

Maisarah, Ayudia, I., Prasetya, C., & Mulyani. (2023). Analisis Kebutuhan Media Digital Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(1), 48–59. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1.314

Nurgufriani, A., Soetjipto, B. E., & Zainuddin, M. (2019). Penerapan Model Fan-N-Pick dan Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1660. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13086

Nurhidayat, E., Herdiawan, R. D., & Rofi’i, A. (2022). Pelatihan Peningkatan Literasi Digital Guru Dalam Mengintegrasikan Teknologi di SMP Al-Washilah Panguragan Kabupaten Cirebon. Papanda Journal of Community Service, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.56916/pjcs.v1i1.71

Ozbay, I., & Ugurelli, Y. O. (2023). Changing Children’s Literature in the Digital Age: Digital Books. International Journal of Education and Literacy Studies, 11(1), 68–85. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.11n.1p.68

Rahmawati, S. M., Sutarni, N., Rasto, R., & Muhammad, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Contextual Teaching And Learning: Quasi-Eksperimen. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 969–976. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.378

Sarnoto, A. Z., Hidayat, R., Hakim, L., Alhan, K., Sari, W. D., & Ika, I. (2023). Analisis Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 82–92. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2915

Siregar, T. S., Renti, A., Sinaga, A., Sitio, A. A., Netanya, I., & Lubis, R. H. (2024). Model Pembelajaran Kolaboratif : Tinjauan Literatur. Pentagon : Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(4), 207–219. https://doi.org/https://doi.org/10.62383/pentagon.v2i4.326

Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734

Wells, M. S., Irish, C. K., Peck, K. A., Davis, J. S., & Clayton, C. (2023). Innovations in Intern/Mentor Relationships and Conceptions of the Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Framework. Teacher Educators’ Journal, 16(1), 1–26.

Wicaksono, S. A., & Wiratama, R. (2024). Pemanfaatan Media Digital Interaktif dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. 3.

Downloads

Published

2025-03-19