Pengaruh Penggunaan Software Phet Sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Ajaran 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software PhET sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan Pretest-Postest control group desaign dilaksanakan selama 1 bulan, subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 Sebagai kelas Eksperimen dan kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa untuk kelas Eksperimen dan Kontrol sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes hasil belajar, berupa tes pilihan ganda dan untuk mengetahui soal yang layak digunakan maka soal di uji validitas dan reliabilitas pada siswa kelas XI, soal yang diuji coba sebanyak 50 butir soal, dan di peroleh soal yang valid sebanyak 28 soal. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kovarian menggunakan SPSS versi 16.0 maka di peroleh nilai Corrected Model = 0,00 dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Penggunaan Software PhET sebagai media pembelajaran Terhadap Hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Palibelo tahun ajaran 2017/2018.
Downloads
References
AH. Sanaky, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arief S. Sadiman, dkk. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Colorado. 1998. “ Simulasi PhET”. Tersedia pada http: //www.phet.colorado.edu, diakses Jum’at, 25 Agustus 2017, pukul 16.43 Wita.
Danim, Sudarwan, 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Hamzah B. Uno. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Haris, Judy. 2000. RPL: Power Pedagogy and Possibility. Diunduh dari http://books.google.com pada tanggal 30 Mei 2013, jam 16.08.
Mubarrok, M. F. & Mulyaningsih, S. 2014. “Penerapan Pembelajaran Fisika pada Materi Cahaya dengan Media PhET Simulations untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP” dalam Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3 (1), 76-80.
Muhammat, E. D. Y. 2015. “Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Phet (Physics Education Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TITL Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik di SMKN 7 Surabaya” dalam Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 02, 407-414.
Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., & Jatmiko, B. 2013. “Implementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik” dalam Jurnal Pendidikan IPA Indonesia JPII, 2 (1), 18-22.
Ridwan. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Proses Perkembangan Hasil Belajar. Bandung: cv Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
________ 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
________ 2012. Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). (Edisi II). Bandung: Alfabeta.
Wahana Komputer. 2005. Penembangan Analisis Multivariat dengan SPSS. 12. Jakarta: Salembah Infotek.
Yasmaruddin, Bardansyah. 2008. Urgensi Penciptaan Lingkungan Berbahasa Asing. Jakarta.
Yus'iran, Y., Asriyadin, A., & Wahyuni, N. (2017). Perbedaan Penerapan Pendekatan Concept Mapping dan Pendekatan Inquiri Role terhadap Hasil Belajar Fisika. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 198-207.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.