Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN

1. Umum

Naskah yang dikirim ke Jurnal Pendidikan MIPA adalah naskah yang berbasis hasil penelitian empiris berkualitas tinggi berkaitan dengan penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Method yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran dalam bidang Matematika, IPA, Biologi, Fisika, dan Kimia. Subjek yang dilibatkan dapat berasal dari jenjang pendidikan usia dini sampai dengan perguruan tinggi, baik jalur pendidikan formal, informal, maupun nonformal.

Isi naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Bahasa dan tata tulis termasuk salah satu penilaian naskah yang diterima. Penulis disarankan untuk memeriksa dengan cermat dan jika perlu menggunakan jasa proofreader. Penulis diwajibkan menghindari penjiplakan karya orang lain (plagiasi) kecuali dengan cara-cara yang dibenarkan misalnya dengan melakukan pengutipan terhadap referensi tersebut. Redaktur Jurnal Pendidkan MIPA memeriksa tingkat kesamaan setiap naskah menggunakan perangkat lunak Turnitin dan hanya menoleransi tidak lebih dari 20%.

Secara keseluruhan, badan artikel berjumlah antara 5.000–8.000 kata termasuk judul, abstrak, dan daftar pustaka. Pengetikan artikel menggunakan perangkat lunak Microsoft Word dengan Font Goundy Old Style sesuai dengan template yang telah disediakan, dan dalam satu kolom untuk memudahkan proses telaah, serta dalam format .doc, .docx, atau .rtf (tidak dalam format pdf). Nomor halaman tidak perlu dituliskan. Badan artikel terdiri atas empat bagian utama, yaitu pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, serta simpulan. Pembobotan panjang per bagian ditunjukkan pada Gambar dibawah ini.

2. Penulisan pada Jurnal

Title Typed with Font Goundy Old Style 14pt, Capital Letter in the Beginning of a Word, Bold, Maximum of 18 Words Using English, (Center).

Nama Penulis1,a,*, Nama Penulis2,b (ukuran 12pt, bold)

1Nama Institusi Penulis 1 (ukuran 11pt)
2Nama Institusi Penulis 2 (ukuran 11pt)
aemail_penulis1@gmail.com, bemail_penulis2@gmail.com (ukuran 10pt)
*Coresponding Author (ukuran 10pt)

Abstract: The abstract must reflect the overall substance of the article content and be able to help the reader determine its relevance to the interests and decide whether to read the document as a whole. The abstract contains statements about the summary of research problems, objectives, methods, findings, conclusions and suggestions for development. The title of the abstract is written in English, only 1 (one) paragraph, 1 (one) space apart, 10 days apart, Goudy Old Style with 150-200 words.

Keywords: Keyword 1, Keyword 2, and so on.

Judul Diketik Dengan Font Goundy Old Style 14pt, Huruf Kapital di Awal Kata, Bold, Maksimal 18 Kata dengan Menggunakan Bahasa Indonesia, (Center).

Abstrak: Abstrak harus mencerminkan keseluruhan substansi isi artikel dan mampu membantu pembaca untuk menentukan relevansinya dengan minat serta memutuskan apakah akan membaca dokumen secara keseluruhan. Abstrak berisi pernyataan tentang ringkasan masalah penelitian, tujuan, metode, hasil temuan, kesimpulan dan saran pengembangan. Judul Abstrak ditulis dalam bentuk Bahasa Indonesia, hanya 1 (satu) paragraf, jarak 1 (satu) spasi, ukuran huruh 10, huruf Goudy Old Style dengan jumlah kata 150-200 kata.

Kata Kunci: Kata Kunci 1, Kata Kunci 2, dan Seterusnya.

Pendahuluan (Ukuran 12)

Pendahuluan antara lain berisi tentang latar belakang permasalahan penelitian, pendalaman permasalahan, atau kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Didukung oleh konsep, teori, dan hasil penelitian yang relevan dan mutakhir, mempunyai nilai-nilai kebaharuan dalam penelitian yang merupakan inovasi, dan diakhiri tujuan penelitian. Pada bagian ini ditulis sebanyak 20-25% dari badan artikel termasuk judul dan abstrak, menggunakan huruf Goudy Old Style ukuran 11, spasi 1, dan line spasi options after 6.

Metode (Ukuran 12)

Pada bagai ini dirulis secara singkat, padat, jelas, tetapi mencakupi sehingga dapat direplikasi. Bagain ini beridi pendekatan penelitian, subjek, rancangan penelitian, penggunaan instrumen, teknik pengumpulan data dan analisis data namun bukan merukan teori. Jika perlu dicantumkan tabel kisi-kisi instrumen, bahan yang digunakan, dan atau rumus-rumus statistika yang tidak umum digunakan. Selanjutnya, bagian ini juga ditulis sebanyak 10-15% untuk penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mixed method dari badan artikel, menggunakan huruf Goudy Old Style ukuran 11, spasi 1, dan line spasi options after 6.

Hasil dan Pembahasan (Ukuran 12)

Untuk mempermudah pemahaman dan pembaca, maka hasil dan pembahasan langsung disatukan, sehingga setiap hasil yang didapat maka langsung dibahas sesuai dengan teori yang relevan. Hasil penelitian dalam pendekatan kuantitatif dapat disajikan dalam bentuk tabel angka-angka, grafik, deskripsi verbal atau gabungan ketiganya. Kemudian, hasil penelitian dalam bentuk pendekatan kualitatif yang bersumber dari wawancara, pengamatan, penafsiran isi teks, dan lain-lain dikondensasikan, disarikan, atau dibuat ke dalam ringkasan substansial. Jadi, yang disajikan adalah temuan-temuan substansial yang dapat disajikan dalam bentuk tabel-tabel deskriptif untuk memudahkan pemahaman oleh pembaca. Potongan wawancara, deskripsi hasil pengamatan, kutipan teks, dan lain-lain yang memuat temuan-temuan utama atau jawaban dari pertanyaan penelitian disajikan dalam pembahasan sebagai contoh otentik.

Pada pembahasan dimaksudkan untuk menginterpretasikan dan memaknai hasil penelitian sesuai dengan teori yang digunakan dan tidak sekadar menjelaskan temuan. Pembahasan harus diperkaya dengan merujuk atau membandingkan hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah diterbitkan dalam jurnal ilmiah bereputasi, tidak berasal dari jurnal abal-abal (predatory journal) dan referensinya telah memiliki DOI. Dalam pembahasan disarankan juga berisi pengintegrasian hasil penelitian ke dalam kumpulan teori atau pengetahuan yang telah mapan, penyusunan teori baru, modifikasi teori yang telah ada, serta implikasi hasil penelitian. Dalam penulisan isi dari jurnal terutama pada bagian latar belakang masalah, metode, hasil penelitian dan pembahasan, ucapan terimakasih serta simpulan, ketika ditemukan bahasa asing maka ditulis dengan italic (certak miring).

Penulisan rujukan (Program Mendeley) dalam badan artikel/jurnal menggunakan pola berkurung (...) dan diberi warna biru langit dan harus memiliki DOI. Jika hanya ada satu penulis: contoh (Simangunsong, 2019); jika ada dua penulis: contoh (Nurjanah & Efendi, 2019). Jika ada tiga sampai lima penulis, untuk penyebutan yang pertama ditulis semua: contoh (Adiansha, Sumantri, & Makmuri, 2018). Dan penyebutan berikutnya ditulis (Adiansha et al., 2018). Pada bagian ini ditulis sebanyak 45-55% dari keseluruhan badan artikel, menggunakan huruf Goudy Old Style ukuran 11, spasi 1, dan line spasi options after 6. Kemudian pada rujukan (Program Mendeley) dalam badan Buku menggunakan pola (...) dan diberi warna biru langit. Kemudian contoh untuk dilakukan pengutipan pada buku yaitu (Ozilgen, 2019, p. 35). jika ada dua penulis: contoh (Djamarah & Zain, 2019, p. 40; Wena, 2018, p. 57).

Simpulan (Ukuran 12)

Kesimpulan menyajikan ringkasan dari uraian mengenai hasil dan pembahasan, mengacu pada tujuan penelitian. Berdasarkan kedua hal tersebut dikembangkan pokok-pokok pikiran baru yang merupakan esensi dari temuan penelitian. Pada bagian ini ditulis sebanyak ≤ 5% dari keseluruhan badan artikel menggunakan huruf Goudy Old Style ukuran 11, spasi 1, dan line spasi options after 6.

Ucapan Terima Kasih (Ukuran 12)

Bagian ini berisi ucapan terima kasih kepada sponsor, pendonor Dana, narasumber, atau pihak-pihak yang berperan sangat penting dalam pelaksanaan penelitian. Jika menyebutkan Nama seseorang atau lembaga sebagai ucapan terima kasih, penulis wajib meminta ijin kepadanya. Penulis tidak perlu menuliskan ucapan terima kasih kepada redaktur, menggunakan huruf Goudy Old Style ukuran 11, spasi 1, dan line spasi options after 6.

Daftar Pustaka (Ukuran 12)

Semua yang dirujuk dalam artikel harus tertulis dalam daftar pustaka dan sebaliknya semua yang tertulis dalam daftar pustaka harus dirujuk dalam artikel. Referensi yang digunakan minimal berjumlah 15 Referensi. Sumber pustaka rujukan sebaiknya lebih banyak yang berasal dari jurnal bereputasi, nasional dan internasional yang memiliki DOI (sebanyak 80%) dari pada buku (sebanyak 20%). Penulis wajib menyajikan daftar pustaka dengan valid dengan menggunakan Program Mendeley pada Style American Psychological Association (APA) 6th Edition (dapat dilihat pada cara pengutipannya di bawah). Pada bagian ini ditulis sebanyak kurang lebih 10% dari keseluruhan badan artikel, menggunakan huruf Goudy Old Style ukuran 10, spasi 1, dan line spasi options after 6.

Contoh: (Jumlah Referensinya minimal 15 Referensi dari jurnal bereputasi, nasional dan internasional)

Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjanah, R., & Efendi, A. (2019). Literary Learning for Teenager Inmates in Institute for Children Special Rehabilitation. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322

Ozilgen, Z. S. (2019). Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. Francis: CRC Press, Taylor & Francis Group.

Simangunsong, E. (2019). Factors determining the quality management of higher education: A case study at a business school in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 215–227. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.19685

Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Ketentuan dan Cara Pengutipannya:

Ketentuan: Jurnal dipersiapkan dalam bentuk softcopy dengan format ukuran kertas A4 (width = 21,0 cm dan height = 29,7 cm). Batas tepi: atas (top) = 2.5 cm, bawah (Bottom) = 2 cm, sisi kiri (left) = 2.0 cm, dan sisi kanan (right) = 2,0 cm. Ukuran paragraf menjorok 1 cm dan pada setiap paragraf menggunakan space after dan before 6 pt. Isi artikel menggunakan font Goudy Old Style ukuran 11 pt. Isi artikel terbagi menjadi 4 bagian, yaitu pendahuluan (20-25%), metode (10-15%), hasil dan pembahasan (45-55%), kesimpulan (≤ 5%). Skala referensi yang digunakan 10 tahun terakhir terdiri dari sumber primer (jurnal maupun prosiding yang memiliki doi) 80% dan Buku 20%. Aturan penulisan daftar pustaka menggunakan program mendeley minimal 15 referensi. Ketentuan cara pada penggunaan tabel dan gambar sebagai berikut:

Pada Tabel dan gambar menggunakan rata tengah, dapat disesuaikan dengan format seperti di bawah ini:

Tabel 1. Contoh format tabel
(Sumber Tabel ukuran 10 pt)

Sedangkan pada bagian gambar, dapat disesuaikan sebagai berikut:

Gambar 1. Contoh Gambar
(Sumber gambar ukuran 10 pt)

Cara Pengutipannya: Contoh cara pengutipan daftar pustaka, adalah sebagai berikut:

Pada Kutipan Jurnal (Harus ada Memiliki DOI)

Adiansha, A. A., Sumantri, M. S., & Makmuri, M. (2018). Pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari kreativitas. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 127. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2905

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurjanah, R., & Efendi, A. (2019). Literary Learning for Teenager Inmates in Institute for Children Special Rehabilitation. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(3), 411–425. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.27322

Ozilgen, Z. S. (2019). Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. Francis: CRC Press, Taylor & Francis Group.

Simangunsong, E. (2019). Factors determining the quality management of higher education: A case study at a business school in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 215–227. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.19685

Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

 

Pada Kutipan Buku

Ozilgen, Z. S. (2019). Cooking as a Chemical Reaction Culinary Science with Experimen. Francis: CRC Press, Taylor & Francis Group.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.