Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Konsep Pengukuran Berat Benda
Abstract
Terdapat beberapa masalah yang dapat ditemukan dalam proses penyampaian materi matematika di sekolah dasar. Salah satunya adalah adanya masalah yang ditimbulkan karena penggunaan bahan ajar yang kurang inovatif. Kondisi tersebut menyebabkan peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran matematika yang sulit. Penelitiann yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang memiliki tujuan guna mengetahui peningkatan hasil dari pembelajaran matematika melalui Pendekatan Realistic Matematics Education (RME) pada siswa kelas II SDN 02 Kartoharjo Madiun. Penelitian dilaksanakann dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Adapun subjek riset ini yaitu siswa kelas II SDN 02 Kartoharjo Madiun sejumlah 22 siswa. Model pengumpulan data yaitu pengamatan (observasii), uji/tes (evaluasi) dan dokumentaasi. Data yang didapat selanjutnya di analisis. Hasil penelitiann menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas II SDN 02 Kartoharjo Madiun. Hal tersebut bisa diketahui dari skor rerata ketuntasan hasil belajar Matematika materi pengukuran berat benda pada siklus 1 yaitu 62,95, sedangkan pada siklus II didapatkan hasil 74,77 dengan jumlah siswa mencapai ketuntasan hasil belajar pada siklus I yaitu 7 siswa, dan pada siklus II yaitu 16 siswa. Selain itu, adanya perubahan sikap murid kearah positif pada data hasil observasi/pengamatan pada tiap siklus. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil Belajar matematika siswa Kelas II SDN 02 Kartoharjo Madiun bisa ditingkatkan melalui pendekatan Realistik Matematic Education (RME).
Downloads
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.