Pengembangan E-Modul Berbasis Socio-Scientific Issues pada Tema Food Loss and Food Waste untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis
Abstract
Penelitian ini bersumber pada permasalahan terkait bahan ajar di sekolah. Bahan ajar IPA yang dipergunakan di SMP belum disusun berdasarkan pendekatan pembelajaran yang memuat isu kontekstual dan melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya sehingga kemampuan berpikir kritis siswa belum maksimal. Berdasarkan analisis masalah pada latar belakang dikembangkanlah e-modul berbasis socio-scientific issues pada tema food loss and food waste. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kevalidan e-modul berbasis socio-scientific issues pada tema food loss and food waste untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang dipergunakan adalah research & development (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang dilaksanakan sampai 3 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) pada uji kevalidan. Instrumen untuk tahap define pada uji kevalidan yaitu lembar angket validasi ahli materi, ahli media, dan praktisi. Analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai keseluruhan dari persentase rata-rata 3 ahli materi, 3 ahli media, dan 3 praktisi yaitu sebesar 93,35% dengan kategori “sangat valid”. Hal ini menunjukkan bahwa E-Modul Berbasis Socio-Scientific Issues pada Tema Food Loss and Food Waste untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP dapat dinyatakan sangat valid.
Downloads
References
Aprillia, I. N., & Asri, M. T. (2021). Validitas Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Virus Kelas X SMA. BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(2), 240–249. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p240-249
Chaerul, M., & Zatadini, S. U. (2020). Perilaku Membuang Sampah Makanan dan Pengelolaan Sampah Makanan di Berbagai Negara: Review. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(3), 455–466. https://doi.org/10.14710/jil.18.3.455-466
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk SMA/MA Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077104077
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 53–65. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267
Facione, P. A. (2020). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts 2020 Update. In E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence: Vol. XXVIII (Issue 1), 1–31.
Gevi, G., & Andromeda. (2019). Pengembangan E-Modul Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Virtual Laboratory Untuk SMA/MA. Edukimia Journal, 1(1), 53–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/ekj.v1.i1.a8
Humairah, E. (2022). Penggunaan Buku Ajar Elektronik (E-Book) Berbasis Flipbook Guna Mendukung Pembelajaran Daring Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Batch 1 Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar, 182–189. https://prosiding.amalinsani.org/index.php/semnas
Laksmi, N. L. P. A., & Suniasih, N. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 56. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911
Lastri, N., Hamidah, A., & Hsb, M. H. E. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP Kelas VII. Edu-Sains, 8(2), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v8i2.10343
Nafi’ah, I., & Prasetyo, B. A. P. (2015). Analisis Kebiasaan Berpikir Kritis Siswa Saat Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 Berpendekatan Scientific. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 53–59. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jbe.v4i1.52345234
Naj’iyah, A. L., Suyatna, A., & Abdurrahman. (2020). Modul Interaktif Efek Fotolistrik Berbasis LCDS Untuk Menstimulus Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 8(1), 79–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1943
Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global. Science Education National Conference, 1(2), 192–205. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4810
Nia, N., Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 415–421. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.415-421
Pitpiorntapin, S., & Topcu, M. S. (2016). Teaching Based on Socioscientific Issues in Science Classrooms: A Review Study. KKU International Journal of Humanities and Social Sciences, 6(1), 119–136.
Pratiwi, E., Suryanti, & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio Scientific Issues Dengan Menggunakan Multimedia Interaktif Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Education and Development, 9(1), 273–278.
Prihadi, S. (2017). Penguatan Ketrampilan Abad 21 Melalui Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir (Studi Kasus: Pembelajaran Non Formal Anak-anak Bantaran Bengawan Solo di Desa Nusupan). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2017, 45–50.
Putriana, A. R. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Socio Scientific Issues (SSI) Pada Pembelajaran IPA SMP Kelas VII. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1), 80–89. https://doi.org/10.33578/pjr.v4i1.7919
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk ,Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Saputri, L. I., Har, E., & Deswati, L. (2015). Pengembangan Modul dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta, 4(5), 1–16.
Sari, R. ., Agustini, R., & Widodo, W. (2021). The Effectiveness of Science E-Magazine of Socioscientific Issues-Based Inquiry Model to Improve Critical Thinking Skill of Junior High School Students. Studies in Learning and Teaching (SiLeT), 2(3), 10–20. https://doi.org/https://doi.org/10.46627/silet.v2i3.72
Stephen, Raymond, & Santoso, H. (2019). Aplikasi Convolution Neural Network untuk Mendeteksi Jenis-Jenis Sampah. Explore – Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 10(2), 122–132.
Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Science Education Research, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.21831/jser.v5i2.42877
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistiani, Kartimi, & Sahrir, D. C. (2022). E-modules with Android Appy Pie Based on Socio-Scientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Education Technology, 6(2), 372–379. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jet.v6i2.44817
Suryani, D. I., Ramdani, S. D., & Vitasari, M. (2021). Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dengan Smart Sensor kepada Office Boy. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 911–920. https://doi.org/10.30653/002.202163.727
Taufik, A. N., Berlian, L., Iman, A., & Tarisa, R. (2022). Profil Kemampuan Argumentasi Lisan Berbasis Socioscientific Issues Mahasiswa Pendidikan IPA pada Mata Kuliah Mikrobiologi. PENDIPA Journal of Science Education, 6(3), 832–838. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/pendipa.6.3.832-838
Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. (2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 404–411. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29060
Yani, R., Indrawati, & Wicaksono, I. (2019). Efektivitas Penerapan Desain Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Webbed Pada Kurikulum 2013 Revisi Untuk Siswa SMP Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 173–177. https://doi.org/https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15162
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.