Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Pengukuran

  • Firdaus Firdaus Universitas Jambi
  • Haerul Pathoni Universitas Jambi
  • Alrizal Alrizal Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran yang diperlukan pada materi pengukuran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian peserta didik kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Muaro Jambi yang telah mempelajari materi pengukuran. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini sebanyak 30 peserta didik. Data penelitian diperoleh dari pengisian lembar observasi awal dan angket analisis kebutuhan terhadap media pembelajaran yang diinginkan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa media pembelajaran pada materi pengukuran masih belum dapat menjelaskan konten pembelajaran secara rinci, baik dari segi materi maupun visualisasi, dan media yang digunakan masih belum mampu meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar peserta didik. Hasil analisis angket kebutuhan peserta didik terhadap media pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik membutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep, menjelaskan konten pembelajaran secara rinci dan dilengkapi dengan konten yang menarik.   

 

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Analisis Kebutuhan, Media Pembelajaran, Video Pembelajaran

References

Alamsyah, R., Toenlioe, A. J. E., & Husna, A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Kepenyiaran Materi Produksi Program Televisi Untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 229–236

Devi, B. S., & Subali, B. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Fisika Berbasis STEM untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Unnes Physics Education Journal, 10(2), 156–165.

Fechera, B., Somantri, M., & Hamik, D. L. (2017). Desain dan Implementasi Media Video Prinsip-Prinsip Alat Ukur Listrik dan Elektronika. Innovation of Vocational Technology Education, 8(2), 115–126. https://doi.org/10.17509/invotec.v8i2.6125

Hafizah, S. (2020). Penggunaan Dan Pengembangan Video Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 225. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.2656

Hardianti, H., & Asri, W. K. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 123–130. https://doi.org/10.26858/eralingua.v1i2.4408

Kurniawan, Y., Muliyani, R., & Nassim, S. (2019). Digital Story Conceptual Change Oriented (DSCC) to Reduce Students’ Misconceptions in Physics. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(2), 211–220. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v0i0.4596

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.107

Nasution, S. W. R., & Harahap, M. S. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Digital Mata Kuliah Fisika Dasar Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Institut Pendidikan …. Jurnal Education and …, 8(4), 1–6. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2032

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Priyadi, R., Kusairi, S., & Indrasari, N. (2018). Desain dan Pengembangan Video Pembelajaran Gerak Parabola Sebagai Fasilitas Remediasi Siswa Design and Development of Parabolic Motion Learning Videos as a Student Remediation Facility. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 20–28.

Ramdhani, M.A., & Muhammadiyah, H. (2015). Proceeding International Conference of Islamic Education: Reforms, Prospects and Challenges Faculty of Tarbiyah and Teaching Training The Criteria of learning Media Selection for Character Education in Higher Education. 174-182.

Riyana. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif menggunakan Aplikasi Camtasia Studio dan Macromedia Flash. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(2), 35.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Widodo, S. A., & Wahyudin. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165728

Published
2023-09-16
How to Cite
Firdaus, F., Haerul Pathoni, & Alrizal, A. (2023). Analisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran Sebagai Acuan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan STEM pada Materi Pengukuran. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 790-796. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1006
Abstract viewed = 1132 times
PDF downloaded = 524 times