Konsep Fisika pada Sumpit Dayak dari Kalimantan sebagai Bahan Ajar berbasis Etnofisika
Abstract
Pembelajaran berbasis etnofisika merupakan kajian pembelajaran yang sering dikaji pada akhir-akhir ini. Ciri dari pembelajaran ini adalah mengkaitkan kebudayaan suatu daerah dalam proses pembelajaran fisika, baik sebagai bahan ajar maupun proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi prinsip fisika yang ada pada alat berburu sumpit Dayak Kalimantan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe eksplanasi deskriptif. Pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan etnografi untuk mengkaji hasil kebudayaan berupa sumpit Dayak dalam proses pembelajaran fisika. Temuan dalam penelitian ini adalah konsep fisika yang ada pada alat berburu sumpit dayak terdiri dari konsep debit alir, gerak parabola dan pesawat sederhana khususnya bidang miring. Konsep debit alir menerangkan bahwa proses peniupan dari pipa sumpit dayak dipengaruhi oleh luas penampang dan kuat debit air yang berpengaruh pada kecepatan aliran udara dalam pipa sumpit dayak. Konsep gerak parabola pada damak menerangkan bahwa posisi sumbu x dan sumbu y dari sasaran sebagai acuan dalam membuat sudut antara pipa sumpit dan tanah. Konsep keuntungan mekanis pada damak dan sangkok menerangkan bahwa kemiringan sudut berdampak pada kemudahan suatu alat pesawat sederhana untuk digunakan.
Downloads
References
Aini, D., Prastowo, S., & Astutik, S. (2018). Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso sebagai Rancangan Handout Fisika. FKIP E-PROCEEDING , 56–62. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/download/7371/5271
Almuharomah, F., … T. M.-B. I., & 2019, undefined. (2019). Pengembangan modul fisika stem terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa smp. Pdfs.Semanticscholar.Org. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630
Anomin. (2018). Ethnographic Arts & Textiles - August 28 - September 02, 2021 - Lot 187 - Waddingtons.ca. Https://Www.Waddingtons.Ca/. https://www.waddingtons.ca/auction/ethnographic-arts-textiles-sep-02-2021/gallery/lot/187/
Anonim. (2020). Memainkan Sumpit, Melestarikan Kebudayaan - Indonesia Kaya. https://indonesiakaya.com/pustaka-indonesia/memainkan-sumpit-melestarikan-kebudayaan/
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Sumarni, R. A. (2021). Identification of Rice Drying Culture “MOE” in Lebak as Ethnophysics-Based Learning Resource. NUCLEUS, 2(1), 33–38. https://doi.org/10.37010/NUC.V2I1.409
Busyairi, A., & Zuhdi, M. (2020). Profil Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Ditinjau Dari Berbagai Representasi Pada Materi Gerak Lurus Dan Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 6(1), 90–98. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1683
Darmadi, H., & Darmadi, H. (2018). Sumpit (Blowgun) as Traditional Weapons with Dayak High Protection. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 113–120.
Fauziah, A., & Darvina, Y. (2019). Analisis miskonsepsi peserta didik dalam memahami materi gerak lurus dan gerak parabola pada kelas X SMAN 1 Padang. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 12(1), 73–80. https://doi.org/10.24036/4813171074
Firdaus, A., Firdaus, A., Kartikawati, S. M., & Roslinda, E. (2019). ETNOTEKNOLOGI BERBURU DAYAK KUBIN DI DESA MANGGALA KECAMATAN PINOH SELATAN KABUPATEN MELAWI. JURNAL HUTAN LESTARI, 7(3), 1367–1378. https://doi.org/10.26418/jhl.v7i3.37509
Fuadi, M., Astutik, S., e-PROCEEDING, A. H.-F., & 2018, undefined. (2018). Kajian Dinamika Fluida pada Aliran Air Terjun Tujuh Bidadari Kabupaten Jember Berbasis Sensor Waterflow. Jurnal.Unej.Ac.Id, 3, 2527–5917. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7433
Huda, C., Fisika, D. S.-… P., & 2020, undefined. (2020). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Sains Berbasis Local wisdom pada pembahasan Suhu dan Kalor. Journal.Upgris.Ac.Id, 11(1), 89–93. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.5827
Karim, S., & Saepuzaman, D. (2016). ANALISIS KESULITAN MAHASISWA CALON GURU FISIKA DALAM MEMAHAMI KONSEP GERAK PARABOLA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 5, SNF2016-OER-51–56. https://doi.org/10.21009/0305010409
Nurhidayat, W., Aprilia, F., … D. W.-O. J. K., & 2020, undefined. (2020). Etno Fisika Berupa Implementasi Konsep Kalor Pada Tari Mojang Priangan. Journal.Ummat.Ac.Id, 6(1). http://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/2097
Sari, A. N., Elvina, O., & Dimas, A. (2019). Kemampuan Representasi Siswa SMP pada Materi Pesawat Sederhana. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 4(0), 180–185. https://doi.org/10.20961/PROSIDINGSNFA.V4I0.37987
Suci Agustia, F., Fauzi, A., Program, M., Magister, S., Fisika, P., Universitas, F., & Padang, N. (2020). Meta Analisis Pengaruh Pengintegrasian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran IPA dan Fisika Terhadap Hasil Belajar. Ejournal.Unp.Ac.Id, 6(1), 1–8. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/116478
Supriyadi, S., Wati, M., & Miriam. (2022). EFEKTIVITAS MATERI AJAR GERAK LURUS BERMUATAN AUTHENTIC LEARNING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 62–71. https://mail.online-journal.unja.ac.id/EDP/article/view/19877
Syariat Tella. (2019). Etnis.id - Sumpit Dayak yang Dulunya Senjata Pembunuh Senyap. https://etnis.id/sumpit-dayak-yang-dulunya-senjata-pembunuh-senyap/
Wahyuningsih, F., & Hakim, Y. Al. (2019). Pengembangan Alat Peraga Pengukur Debit Air Menggunakan Sensor Flow Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Fluida. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika , 12(1), 38–45. https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/31
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.