Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII pada Tema Pencemaran Lingkungan

  • Yohanna Margaretha Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Annisa Novianti Taufik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Keterampilan komunikasi dirasa genting karena termasuk dalam salah satu keterampilan 4C yang menjadi bekal dalam mengahadapi tuntutan abad ke-21. Oleh karena itu dilakukan sebuah penelitian di SMPN 41 Kota Bekasi untuk menganalisis pengaruh penggunaan model think-talk-write learning terhadap keterampilan komunikasi siswa kelas VII pada materi pencemaran lingkungan. Desain pretest posttest nonequivalent control group, metode kuasi eksperimental diterapkan dalam penelitian ini. Sebanyak masing-masing 30 siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dijadikan sampel pada penelitian, dengan jumlah total 60 orang. Tes dan observasi merupakan dua teknik pengumpulan data yang digunakan. Berdasarkan temuan, model think-talk-write learning berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa ditunjukkan dengan uji Mann-Whitney dengan nilai probabilitas sig sebesar 0,00 < 0,05 dan uji effect size menunjukkan pengaruh yang besar. Selain itu, nilai indeks gain yang ditunjukkan kelompok eksperimen memberikan hasil yang lebih baik yaitu sebesar 61% pada kelompok eksperimen dengan kriteria cukup efektif, sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai indeks gain sebesar 41% pada kriteria kurang efektif. Dapat dibuktikan bahwa model think-talk-write learning berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Keterampilan Komunikasi, Model Pembelajaran Think Talk Write, Pencemaran Lingkungan

References

Ana, N. Y. (2018). Penggunaan model pembelajaran discovery learning dalam peningkatan hasil belajaran siswa di sekolah dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1). https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik Strategi Berfikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: PeNA.

Arista, N. L. P. Y., & Putra, D. B. K. N. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran think talk write (ttw) berbasis literasi terhadap keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia. International Journal of Elementary Education, 3(3), 284–292. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19413

Febrina, L. (2017). Pengaruh Minat Baca Cerpen Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu, 11(74). https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.81

Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal of Education Action Research, 4(4), 546–555. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28925

Greenstein, L. M. (2012). Assessing 21st century skills: A Guide To Evaluating Mastery And Authentic Learning. Corwin Press.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis.

Jaya, I. M., Sadia, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter Dengan Setting Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Karakter Dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Khusna, A. (2017). Penerapan model pembelajaran think talk write (TTW) berbantu media cd interaktif pada mata pelajaran IPA terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 136–148. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.17907

Listyawati, M. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education, 1(1).

Marfuah, M. (2017). Meningkatkan keterampilan komunikasi peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial (JPIS), 26(2), 148–160. https://doi.org/10.17509/jpis.v26i2.8313

Maulana, I., & Shalahuddin, I. (2018). Hubungan antara OMSK dengan Gangguan Pendengaran di Poliklinik THT RSUD dr. Slamet Garut. Jurnal Medika Cendikia, 5(02), 124–132. https://doi.org/10.33482/medika.v5i02.87

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/jpk.v1i1.12808

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10062

Octavia, W. A. H., Satrijono, H., Hutama, F. S., Haidar, D. A., & Rukmana, L. P. (2020). Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Siswa Dalam Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Poster. EDUCARE: Journal of Primary Education, 1(2), 169–186. https://doi.org/10.35719/educare.v1i2.15

Oktaviani, F., & Hidayat, T. (2015). Profil Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA Menggunakan Metode Fenetik Dalam Pembelajaran Klasifikasi Arthropoda. Jurnal Pengajaran MIPA, 15(1), 13–24. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i1.288

Purnamawati, H. (2021). Mengembangkan Keterampilan Komunikasi dan Kolaborasi Melalui Pembelajaran Aktif dengan Pendekatan MIKiR. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), 664–668. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i2.1521

Putri, A. J., & Arsil, A. (2020). Analisis pencapaian keterampilan komunikasi pada proses pembelajaran. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 154–161. https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i2.3438

Rahma, A. N. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Strategi Think Talk Write (Ttw) Dengan Model Discovery Learning Di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batubelah Kecamatan Kampar. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Ramadina, A., & Rosdiana, L. (2021). Keterampilan Komunikasi Siswa Setelah Diterapkan Strategi Active Knowledge Sharing Ketika Pembelajaran Daring. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 9(2), 247–251.

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis hubungan keterampilan membaca dengan keterampilan menulis siswa sekolah dasar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(2), 85–96. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul sociolinguistics: Keterampilan 4C (collaboration, communication, critical thinking, dan creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Winarto, W., & Nurbaiti, N. (2020). Hubungan Kemampuan Kognitif Dan Kemampuan Psikomotorik Ditinjau Dari Keterampilan Proses IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Di Kecamatan Bumiayu. Dialektika Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 497–505.

Published
2023-06-15
How to Cite
Yohanna Margaretha, Lukman Nulhakim, & Annisa Novianti Taufik. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas VII pada Tema Pencemaran Lingkungan. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 459-464. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1015
Abstract viewed = 178 times
PDF downloaded = 223 times