Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM pada Muatan Matematika Kelas III SD
Abstract
Pembelajaran yang klasikal masih cenderung dilakukan pada proses pembelajaran di kelas III SD Negeri Depok 1. Kegiatan belajar tersebut tentunya menjadi pandangan utama bagi kita untuk melihat hasil belajar peserta didik. Sekolah diharapkan mampu memberikan dan menyediakan fasilitas ataupun sarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan guru maupun peserta didik terhadap pengembangan LKPD berbasis STEM muatan matematika pada materi bangun datar di kelas III SD N Depok 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap analisis kebutuhan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Wawancara dilakukan dengan guru pengampu kelas III dan penyebaran angket kepada peserta didik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 89% dari 54 peserta didik membutuhkan LKPD yang menarik dan inovatif agar lebih menarik dan menjadikan peserta didik lebih bersemangat dalam memahami materi. 87% peserta didik juga menyatakan bahwa penggunaan LKPD berbasis STEM pada muatan matematika akan mempermudah dalam memahami materi bangun datar.
Downloads
References
Anggara, R., & Fahmi, S. (2022, January). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Solving Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 423-428).
Anggraini, Y., Wardana, R. W., & Firdaus, M. L. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Konteks Sel Surya Materi Teknologi Ramah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 976-982
Annisa, N. N., Suhartini, E., Buhari, M. R., & Arafah, A. A. (2023). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 170-176. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.800
Arinillah, G. A. (2016). Pengembangan buku siswa dengan pendekatan terpadu science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis inkuiri terbimbing pada materi kalor. Skripsi Sarjana. Universitas Lampung, Bandar Lampung. Dipublikasikan.
Fransisca, R., Y., & Fauziah, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–14. https://Jom.Unri.Ac.Id/Index.Php/Jomfkip/Article/View/11401
Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Eksponen, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.138
Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, And Learning Outcome of Seventh Grade Students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/Jpbi.V4i2.5804
Komariyah, N., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis kebutuhan lks berbasis stem kelas xi materi fluida dinamis. Kappa Journal, 5(2), 289-297. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.4441
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pasaribu, A. I., Lubis, I. S., & Medriati, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatih Berpikir Kritis Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 486-495. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5383
Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing Biology Students' Worksheet Based on STEAM to Empower Science Process Skills. Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147-156.
Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285-291. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046
Sanders, M. (2009). Integratif STEM education: primer. The Technology Teacher, 68(4), 20–26.
Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).
Widjajanti, E. (2008, December). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.