Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM pada Muatan Matematika Kelas III SD

  • Khoiriyati Kaulina Rahmaningrum Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa; SD Negeri Depok 1
  • Banun Havifah Cahyo Khosiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Abstract

Pembelajaran yang klasikal masih cenderung dilakukan pada proses pembelajaran di kelas III SD Negeri Depok 1. Kegiatan belajar tersebut tentunya menjadi pandangan utama bagi kita untuk melihat hasil belajar peserta didik. Sekolah diharapkan mampu memberikan dan menyediakan fasilitas ataupun sarana yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan guru maupun peserta didik terhadap pengembangan LKPD berbasis STEM muatan matematika pada materi bangun datar di kelas III SD N Depok 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Tahapan yang digunakan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap analisis kebutuhan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penyebaran angket. Wawancara dilakukan dengan guru pengampu kelas III dan penyebaran angket kepada peserta didik. Hasil penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 89% dari 54 peserta didik membutuhkan LKPD yang menarik dan inovatif agar lebih menarik dan menjadikan peserta didik lebih bersemangat dalam memahami materi. 87% peserta didik juga menyatakan bahwa penggunaan LKPD berbasis STEM pada muatan matematika akan mempermudah dalam memahami materi bangun datar.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Analisis Kebutuhan, Matematika, LKPD, STEM

References

Anggara, R., & Fahmi, S. (2022, January). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Solving Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan) (Vol. 3, No. 1, pp. 423-428).

Anggraini, Y., Wardana, R. W., & Firdaus, M. L. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Konteks Sel Surya Materi Teknologi Ramah Lingkungan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 976-982

Annisa, N. N., Suhartini, E., Buhari, M. R., & Arafah, A. A. (2023). Pengembangan LKPD IPA Berbasis STEM pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Materi Bunyi Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(1), 170-176. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i1.800

Arinillah, G. A. (2016). Pengembangan buku siswa dengan pendekatan terpadu science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbasis inkuiri terbimbing pada materi kalor. Skripsi Sarjana. Universitas Lampung, Bandar Lampung. Dipublikasikan.

Fransisca, R., Y., & Fauziah, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Dunia Tumbuhan (Plantae) Kelas X SMA. Jurnal Online Mahasiswa (Jom) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–14. https://Jom.Unri.Ac.Id/Index.Php/Jomfkip/Article/View/11401

Herdiansyah, K. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Eksponen, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.47637/eksponen.v8i1.138

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem Based Learning: Creative Thinking Skills, Problem-Solving Skills, And Learning Outcome of Seventh Grade Students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/Jpbi.V4i2.5804

Komariyah, N., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis kebutuhan lks berbasis stem kelas xi materi fluida dinamis. Kappa Journal, 5(2), 289-297. https://doi.org/10.29408/kpj.v5i2.4441

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pasaribu, A. I., Lubis, I. S., & Medriati, R. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatih Berpikir Kritis Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 486-495. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i3.5383

Patresia, I., Silitonga, M., & Ginting, A. (2020). Developing Biology Students' Worksheet Based on STEAM to Empower Science Process Skills. Journal of Biological Education Indonesia (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 6(1), 147-156.

Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285-291. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046

Sanders, M. (2009). Integratif STEM education: primer. The Technology Teacher, 68(4), 20–26.

Sungkono, S. (2009). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 5(1).

Widjajanti, E. (2008, December). Kualitas lembar kerja siswa. In Makalah Seminar Pelatihan penyusunan LKS untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta (pp. 2-5).

Published
2023-06-15
How to Cite
Khoiriyati Kaulina Rahmaningrum, & Banun Havifah Cahyo Khosiyono. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis STEM pada Muatan Matematika Kelas III SD. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 454-458. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1016
Abstract viewed = 214 times
PDF downloaded = 207 times