Analisis Pemanfaatan Laboratorium dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs
Abstract
Pembelajaran harus mempunyai prasarana, terhitung ruang laboratorium guna mendukung proses pendidikan yang tertib serta berkepanjangan. Tujuan penelitian ini menganalisis pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran IPA di MTs Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 32 responden siswa kelas 7. Instrumen yang digunakan yakni lembar observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik analisis data menggunakan skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan ruang laboratorium IPA MTs Negeri 4 Surabaya dapat dinyatakan sudah sesuai standar Permendiknas No. 24 Tahun 2007 dengan rata- rata mencapai 75.25% kategori cukup layak, kedua terkait alat laboratorium fisika sudah sesuai standar Permendikbud No. 8 Tahun 2018 dengan rata- rata 41.1% kategori cukup layak, dan ketiga terkait alat laboratorium biologi sudah sesuai standar Permendikbud No. 8 Tahun 2018 dengan rata- rata 79.7% kategori layak. Harapan dari penelitian ini sekolah dapat memperbaiki alat laboratorium IPA terutama di bidang fisika yang kurang sesuai dengan standardisasi Permendikbud 2018. Sehingga proses pembelajaran akan lebih maksimal dengan beberapa alat yang bisa diperbaharui.
Downloads
References
Amalatus, R. B., Alifha, R. N., Ningsih, I. S., Hartono, A., & Ikbal, M. (2021). Analisis Studi Kelayakan Laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam di SMPN 2 Tempurejo. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.25
Anggereni, S., & Ikbal, M. S. (2018). Analysis of Physics Laboratory Management at The Northern Region of Makassar’s State Senior High Schools By Standard of Facilities and Infrastructure. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2329
Arifin, I. (2017). Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium IPA dalam Menunjang Pembelajaran di MI Daarul Aitam Palembang. (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Ezrailson, C. M. (2013). Danger in the School Science Lab: Are Students At Risk? Proceedings of the South Dakota Academy of Science, Vol 92, 92(February), 149–164.
Gunawan, M. (2020). Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di SMPN 03 Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. (Doctoral Dissertation, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan).
Herlina, Ernawati, Sintiani, L., Afriyanto, R., & Aprida, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMPN 2 Gending Tahun Pelajaran 2019/2020. 2(1), 92–105. http://digilib.uinkhas.ac.id/4900/%0Ahttp://digilib.uinkhas.ac.id/4900/1/AB. Dimas Ghimby_T20169035.pdf
Indrawan, I., Safita, R., Novallyan, D., Mahdayeni, Elsha, R. Y., Rochbani, I. T. N., Adiati, Jaya, E. P., Syafitri, R., Susanti, T., Maryani, & Enadarlita. (2019). Manajeman Laboratorium Pendidikan. In CV. Penerbit Qiara Media. www.journal.uta45jakarta.ac.id
Ismiyanti, N., Windasari, R., M. S, A., H.M, V., & Aziz, A. (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.24
Isnaini, M., & Anwar, K. (2018). Evaluasi Kesiapan Guru Fisika Sma Dalam Kegiatan Laboratorium Di Kota Mataram. Paedagoria | FKIP UMMat, 6(1), 49. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i1.104
Kalemben, S., Rumahorbo, B. T., & Siallagan, J. (2018). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas Viii Smp Negeri 9 Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 6(3), 62–70. https://doi.org/10.31957/jipi.v6i3.603
Kemendikbud. (2022). Merdeka Mengajar. Https://Guru.Kemdikbud.Go.Id/.
Miles, M., & Huberman, A. M. (2007). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode-metode baru. Universitas Indonesia Press.
Munarti, & Sutjihati, S. (2018). P e d a g o n a l. 2(1), 56–62.
Nulngafan, & Khoiri, A. (2021). Analisis Kesiapan Dan Evaluasi Pengelolaan Laboratorium Ipa Berbasis Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 10–17. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1531
Pertiwi, F. N. (2019). Sistem Pengelolaan Laboratorium IPA 65. Kodifikasia: Jurnal Penelitian Islam, 13(1), 89–106.
Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. CV. Sarnu Untung.
Pradana, D. K., Supandi, S., & Wardani, T. I. (2022). Rancang Bangun Media Pengenalan Alat Laboratorum Kimia Berbasis Mobile Augmented Reality. Jipetik: Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 3(2), 21–27.
Rahmadhani, A. A., Cahyani, V. P., Aristyawan, Mamlu’ah, N., Rahmawati, N. diya, Andreyana, P., & Defika. (2022). Analisis Pengelolaan Laboratorium IPA di SMAN 1 Geger Madiun Berdasarkan Standar Manajemen Laboratorium. Annual International COnference on Islamic Education for Students, 1(1), 351–360. https://doi.org/10.18326/aicoies.v1i1.289
Rahman, M. S. (2017). Kajian Standarisasi Sarana Prasarana Laboratorium Ipa Berdasarkan Permendiknas No. 24 Tahun 2007 Di Smpn 4 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i1.18
Rohmawati, S., Sihkabuden, & Susilaningsih. (2018). Penerapan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA di MTs Putri Nurul Masyithoh Lumajang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 205–212. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4543
Rostiyana, F. N., Sanusi, A., & Iriantara, Y. (2022). Pengelolaan Laboratorium IPA untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Peserta Didik (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Garut dan MTS Cilawu Nurul Amin). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 435–443. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.432
Setiawati, E., Sopyan, T., & Maladona, A. (2021). Analisis Pengelolaan Laboratorium Ipa Dan Alternatif Praktikum Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp Negeri 1 Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 229. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6290
Susilo, & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. 07(1), 127–137.
Wisudawati, A. W., & Sulistyowati, E. (2022). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=pTFsEAAAQBAJ
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.17933/diakom.v1i2.20
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.