Pembelajaran IPA Kolaboratif: Siswa Reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus Berkontribusi Aktif dalam Mencapai Tujuan Bersama

  • Nurull Hary Mulya Universitas Negeri Surabaya
  • An Nuril Maulida Fauziah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini menggali manfaat kolaborasi antara siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam pembelajaran IPA. Studi literatur menunjukkan bahwa kolaborasi siswa reguler dan ABK dapat meningkatkan sikap empati, pemahaman keberagaman, dan tanggung jawab siswa reguler, sementara ABK merasa diakui dan berkontribusi secara aktif. Kolaborasi dilakukan melalui tugas tim, pembelajaran berpasangan, dan proyek kolaboratif, yang membangun keterampilan sosial, tanggung jawab, dan kemampuan bekerja dalam tim. Kolaborasi ini juga mendorong lingkungan inklusif di mana semua siswa merasa dihargai. Dalam pencapaian tujuan bersama, siswa reguler dan ABK menghasilkan ide-ide baru dan solusi kreatif dalam pemecahan masalah ilmiah. Pentingnya peran guru yang mendukung dan lingkungan inklusif dalam memfasilitasi kolaborasi efektif antara siswa reguler dan ABK disoroti. Dengan demikian, pembelajaran IPA kolaboratif dapat menjadi wadah yang efektif untuk membangun tanggung jawab dan kerjasama antara siswa reguler dan ABK.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

An Nuril Maulida Fauziah, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Sains, Universitas Negeri Surabaya

Keywords: Kolaborasi, Siswa Reguler, Anak Berkebutuhan Khusus

References

Alfianita, R., Karnati, N., & Supadi, D. (2021). Profesionalisme Guru Reguler Dalam Pendidikan Inklusif. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 529–534. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v17i1.180

Andini, D. Westri., Rahayu, A., Budiningsih, A., & Mumpuniarti. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar.

Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Logika, XVIII(3), 2–18.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 03(01), 30–33.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 147–300.

Dewi, A. P., Putri, A., Kurnia, D., Baskoro, A., Prayitno, A., Studi, P., & Biologi, P. (2019). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.22502

Irawati, N. (2015). Hubungan Antara Empati Dengan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK Di Kelas Inklusif (SMPN 2 Sewon). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 1–12.

Khanifah, L. N., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908

Millah, D. (2015). Audience Centered pada Metode Presentasi Sebagai Aktualisasi Pendekatan Student Centered Learning. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(02), 255–278.

Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology: Humanlight, 2(1), 31–47.

Nuryani, S. P., Hadisiwi, P., & Karimah, K. EL. (2016). Pola Komunikasi Guru Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Kejuruan Inklusi. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 154–171.

Perni, N. (2018). Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar: Adi Widya, 3(1). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW

Sandra, O. N., & Zuhroh, L. (2021). Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 057–066.

Syurbakti, M. M. (2019). Implementasi Keterampilan Kolaborasi Pada Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 1 Simpang Empat Melalui Model Pembelajaran Cooverative Learning.

Utami, S. (2019). Menciptakan Joyful Learning Teaching Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Likhitaprajna, 19(1), 49–58.

Yuliawanti, R. (2021). Peran Kolaboratif Konselor di Sekolah Inklusif. Jurnal Ide Guru, 4(1), 68–74. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2174875&val=19666&title=Peran%20Kolaboratif%20Konselor%20di%20Sekolah%20Inklusif

Published
2023-06-23
How to Cite
Nurull Hary Mulya, & An Nuril Maulida Fauziah. (2023). Pembelajaran IPA Kolaboratif: Siswa Reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus Berkontribusi Aktif dalam Mencapai Tujuan Bersama. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 473-477. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1031
Abstract viewed = 583 times
PDF downloaded = 411 times