Pembelajaran IPA Kolaboratif: Siswa Reguler dan Anak Berkebutuhan Khusus Berkontribusi Aktif dalam Mencapai Tujuan Bersama
Abstract
Penelitian ini menggali manfaat kolaborasi antara siswa reguler dan anak berkebutuhan khusus (ABK) dalam pembelajaran IPA. Studi literatur menunjukkan bahwa kolaborasi siswa reguler dan ABK dapat meningkatkan sikap empati, pemahaman keberagaman, dan tanggung jawab siswa reguler, sementara ABK merasa diakui dan berkontribusi secara aktif. Kolaborasi dilakukan melalui tugas tim, pembelajaran berpasangan, dan proyek kolaboratif, yang membangun keterampilan sosial, tanggung jawab, dan kemampuan bekerja dalam tim. Kolaborasi ini juga mendorong lingkungan inklusif di mana semua siswa merasa dihargai. Dalam pencapaian tujuan bersama, siswa reguler dan ABK menghasilkan ide-ide baru dan solusi kreatif dalam pemecahan masalah ilmiah. Pentingnya peran guru yang mendukung dan lingkungan inklusif dalam memfasilitasi kolaborasi efektif antara siswa reguler dan ABK disoroti. Dengan demikian, pembelajaran IPA kolaboratif dapat menjadi wadah yang efektif untuk membangun tanggung jawab dan kerjasama antara siswa reguler dan ABK.
Downloads
References
Alfianita, R., Karnati, N., & Supadi, D. (2021). Profesionalisme Guru Reguler Dalam Pendidikan Inklusif. Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian Ke-III (SNHRP-III 2021), 529–534. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47466/hikmah.v17i1.180
Andini, D. Westri., Rahayu, A., Budiningsih, A., & Mumpuniarti. (2020). Pengembangan Kurikulum dan Implementasi Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar.
Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS. Jurnal Logika, XVIII(3), 2–18.
Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains, 03(01), 30–33.
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 147–300.
Dewi, A. P., Putri, A., Kurnia, D., Baskoro, A., Prayitno, A., Studi, P., & Biologi, P. (2019). Profil Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa pada Rumpun Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.17509/pdgia.v18i1.22502
Irawati, N. (2015). Hubungan Antara Empati Dengan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK Di Kelas Inklusif (SMPN 2 Sewon). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 1–12.
Khanifah, L. N., Mustaji, & Nasution. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Dan Keterampilan Kolaborasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Tema Cita-Citaku. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n1.p900-908
Millah, D. (2015). Audience Centered pada Metode Presentasi Sebagai Aktualisasi Pendekatan Student Centered Learning. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(02), 255–278.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology: Humanlight, 2(1), 31–47.
Nuryani, S. P., Hadisiwi, P., & Karimah, K. EL. (2016). Pola Komunikasi Guru Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Kejuruan Inklusi. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 154–171.
Perni, N. (2018). Penerapan Teori Belajar Humanistik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar: Adi Widya, 3(1). http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/AW
Sandra, O. N., & Zuhroh, L. (2021). Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 057–066.
Syurbakti, M. M. (2019). Implementasi Keterampilan Kolaborasi Pada Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ipa Di Sma Negeri 1 Simpang Empat Melalui Model Pembelajaran Cooverative Learning.
Utami, S. (2019). Menciptakan Joyful Learning Teaching Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Likhitaprajna, 19(1), 49–58.
Yuliawanti, R. (2021). Peran Kolaboratif Konselor di Sekolah Inklusif. Jurnal Ide Guru, 4(1), 68–74. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2174875&val=19666&title=Peran%20Kolaboratif%20Konselor%20di%20Sekolah%20Inklusif
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.