Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animaker pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Dalam kegiatan belajar mengajar, guru masih bersifat mononton dan guru hanya mengarahkan peserta didik untuk mencatat materi yang dijelaskan, kemudian guru memberikan tugas kepada peserta didik. Selain berpatokan pada buku tema dan buku LKS sebagai media yang digunakan dalam proses pembelaajran guru juga cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab, yang mengakibatkan peserta didik cepat merasa bosan. Guru juga tidak melibatkan media pembelajaran yang berbasis video pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan video pembelajaran berbasis animaker pada mata pelajaran IPA, tingkat kepraktisan video pembelajaran berbasis animaker pada mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: define (pendefinisikan), design (merancang), develop (mengembangkan), dan dessiminate (menyebarluaskan). Metode pengumpulan data dengan menggunakan angket yang terdiri dari ahli materi, ahli media, tanggapan guru, dan respon peserta didik. Hasil penelitian media video pembelajaran berbasis animaker sebagai berikut: 1) validasi kelayakan ahli materi video pembelajaran memperoleh persentase 95,2% dalam kategori sangat layak, 2) kepraktisan diperoleh dari angket respon guru sebesar 97,5% itu dalam kategori sangat praktis dan respon peserta didik diperoleh rata-rata 88,64% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis animaker pada mata pelajaran IPA Kelas IV SDN 15 Cakranegara dinyatakan layak dan praktis digunakan.
Downloads
References
Alwi, Z., Ernalida, E., & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Dan Saintifik. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 10. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312
Ardani, N. K., Dantes, I. N., & Marhaeni, A. A. I. N. (2020). Pengembangan Instrumen Literasi Humanistik dan Hasil Dasar Menganalisis Siklus Air dan Dampaknya pada Peristiwa di Bumi dan Kelangsungan Makhluk Hidup untuk Siswa Kelas V SD. PENDASI: Juranal Pendidikan Dasara Indonesia, 4(2), 112–121.
Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.
Degeng, I. N. S. (2013). lmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Kalam Hidup.
Fajarwati, M. I., & Irianto, S. (2021). Pengembangan Media Animaker Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Menggunakan Kalkulator Di Kelas Iv Sd Ump. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v5i1.608
Firmansyah, A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game Quizziz Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV MI Al-Ishlah Sidowayah Pasuruan. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 254798.
Abi Hamid M, Rahmi Ramadhani, Masrul, Juliana, Meilani Safitri, Muhammad Munsarif, Jamaludin, J. S. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Ningtyas, A. M., Dewi, R. S., & Taufik, M. (2021). Developing Animaker-Based Animation Videos on the Theme of “Daerah Tempat Tinggalku” At Grade Iv Sdn Banjarsari 2 Serang. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 739. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8355
Nurbaeti, R. U. (2022). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research adn Development). Alfabeta.
Suhendrianto. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV MIN Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Universitas Islam Negeri Malang Maulana Malik Ibrahim Malang.
Vemi, Munaris, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animaker Dalam Pembelajaran Daring Sebagai Sumber Belajar Pada Teks Iklan, Slogan, Atau Poster Pada Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya.
Wardani, K. S. K., Gunayasa, I. B. K., Sriwarthini, N. L. P. N., Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2022). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Bagi Guru Sdn 1 Cakranegara Di Era New Normal. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(3), 130–138. https://doi.org/10.29303/jwd.v4i3.193
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.