Analisis Miskonsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran IPA menggunakan Tes Diagnostik Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index)

  • Sri Rahmadani Pulu IAIN Ambon
  • Abd. Haji Amahoru IAIN Ambon

Abstract

Miskonsepsi adalah konsep yang salah dan menyimpang dari konsep yang sebenarnya. Miskonsepsi muncul karena adanya konsep yang tidak sesuai dengan konsep ilmiah para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi mahasiswa pada pembelajaran IPA (fisika) konsep fluida statis menggunakan tes diagnostik multiple choice berbantuan CRI (Certainty of Response Index). Untuk mengetahui penyebab miskonsepsi pada pemahaman mahasiswa digunakan metode CRI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Ambon. Peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling dalam memilih sampel penelitian. Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa semester VI dan Semester VIII yang telah lulus matakuliah pembelajaran IPA dengan rata-rata nilai hasil belajar yang tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes multiple choice berbantuan CRI dan lembar wawancara. Hasil analisis data menunjukan bahwa hampir pada setiap konsep fluida statis terdapat mahasiswa yang mengalami miskonsepsi. Rata-rata Miskonsepsi pada konsep tekanan hidrostatis dan hukum sebesar 68,57% dan miskonsepsi pada konsep hukum Archimedes sebesar 68.33%. Aspek penyebab miskonsepsi Mahasiswa adalah cara belajar, kemampuan mahasiswa, minat belajar dan metode mengajar. Perlu dilakukan reduksi miskonsepsi dengan menggunakan strategi pembelajaran yang cocok.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Miskonsepsi, Certainty Of Response Index (CRI), Pembelajaran IPA, Fluida Statis

References

Arnaudin, M. W., & Mintzes, J. J. (1985). Students’ alternative conceptions of the human circulatory system: A cross‐age study. Science Education. https://doi.org/10.1002/sce.3730690513

Berg, E V D. (1991). Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Fantiani, C., Afgani, M. W., & Astuti, R. T. (2023). Analisis Miskonsepsi Siswa Berbantuan Certainty of Response Index (CRI) pada Materi Pembelajaran Laju dan Orde reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 36–40. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.34946

Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2017). Fundamentals of Physics, Volume 1. In Wiley.

Haris Venny. (2013). Identifikasi Miskonsepsi Materi Mekanika Dengan Menggunakan CRI (Certainty of Response Index). Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.240

Harizah, Z., Kusairi, S., & Latifah, E. (2019). Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1596. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13058

Harmania, Aisyah, A., & Patandean, J. (2020). Miskonsepsi Materi Fluida Statis Pada Peserta Didik Kelas XI MIA 7 SMA Negeri 1 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2(2013), 2–5.

Hasan, S., Bagayoko, D., & Kelley, E. L. (1999). Misconceptions and the certainty of response index (CRI). Physics Education, 34(5), 294–299. https://doi.org/10.1088/0031-9120/34/5/304

Hewson, P. W., & Hewson, M. G. A. B. (1984). The role of conceptual conflict in conceptual change and the design of science instruction. Instructional Science. https://doi.org/10.1007/BF00051837

Inggit, S. M., Liliawati, W., & Suryana, I. (2021). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya Menggunakan Instrumen Five-Tier Fluid Static Test (5TFST) pada Peserta Didik Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Journal of Teaching and Learning Physics. https://doi.org/10.15575/jotalp.v6i1.11016

Irwansyah, Sukarmin, & Harjana. (2018). Analysis Profile of Student Misconceptions on the Concept of Fluid Based Instrument Three-Tier Test. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012020

Izza, R. I., Nurhamidah, N., & Elvinawati, E. (2021). Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan Cri (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Alotrop, 5(1), 55–63. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16487

Kamilah, D. S., & Suwarna, I. P. (2019). Pengembangan Three-Tier Test Digital untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis. Edusains, 8(2), 212–220. https://doi.org/10.15408/es.v8i2.5192

Loverude, M. E., Kautz, C. H., & Heron, P. R. L. (2003). Helping students develop an understanding of Archimedes’ principle. I. Research on student understanding. American Journal of Physics. https://doi.org/10.1119/1.1607335

Matinu Saifullah, A., Wartono, W., & Sugiyanto, S. (2021). Pengembangan instrumen diagnostik three-tier untuk mengidentifikasi miskonsepsi materi fluida statis pada siswa kelas X MIA. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.17977/um067v1i7p517-525

Novak, J. D. (1990). Concept mapping: A useful tool for science education. Journal of Research in Science Teaching. https://doi.org/10.1002/tea.3660271003

Paul Suparno. (2013). Miskonsepsi dan perubahan konsep dalam pendidikan fisika / Paul Suparno. Jakarta : Grasindo.

Prodjosantoso, A. K., Hertina, A. M., & Irwanto. (2019). The misconception diagnosis on ionic and covalent bonds concepts with three tier diagnostic test. International Journal of Instruction, 12(1), 1477–1488. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12194a

Saputra, O., Setiawan, A., Rusdiana, D., & Muslim, D. (2019). Miskonsepsi siswa SMA pada topik fluida. Seminar Nasional Lontar Physics Forum.

Sarini, P., & Selamet, K. (2022). Miskonsepsi Siswa pada Materi Fluida Statis dan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain sebagai Alternatif Meremediasi Miskonsepsi. Jurnal IPA Terpadu. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v5i2.31289

Sugiono, P. D. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.

Published
2023-06-26
How to Cite
Sri Rahmadani Pulu, & Abd. Haji Amahoru. (2023). Analisis Miskonsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran IPA menggunakan Tes Diagnostik Multiple Choice Berbantuan CRI (Certainty of Response Index). JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 478-486. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1039
Abstract viewed = 196 times
PDF downloaded = 183 times