Keefektifan Problem-Based Learning dan Discoveri Learning Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kreaktif Matematis dan Minat

  • Abd. Haris STKIP Taman Siswa Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan efektivitas Problem-Based Learning (PBL) dan Discovery Learning (DL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat siswa. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan efektivitas PBL dan DL dalam hal kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Woha Bima, dengan 3 kelas yang ada. Dua kelas, yaitu VIII A dan VIII C, dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIII A menerapkan pembelajaran PBL, sementara kelas VIII C menggunakan pembelajaran DL. Analisis data dilakukan menggunakan uji one sample t-test, two group MANOVA dengan kriteria T2 Hottelling, dan uji independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan yaitu pembelajaran PBL dan DL, efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematika matematis dan minat siswa. Selain itu, PBL juga terbukti lebih efektif daripada DL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan minat siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: PBL, DL, Berfikir Kreatif, Minat

References

Adi Apriadi Adiansha, & Khairul Sani. (2021). Pengaruh Model Brain Based Learning dan Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kompleks Matematis ditinjau dari Kreativitas Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 11(1), 36–44. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i1.454

Allen, D. E., Donham, R. S., & Bernhardt, S. A. (2011). Problem-based learning. New Directions for Teaching and Learning, 2011(128), 21–29. https://doi.org/10.1002/tl.465

Arends, D., & Kilcher, A. (2010). Teaching for Student Learning. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203866771

Astutik, H. S. (2017). Keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari penguasaan SK, motivasi, dan minat siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12722

Azwar, S. (2007). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya.

Capon, N., & Kuhn, D. (2004). What’s so good about problem-based learning? Cognition and Instruction, 22(1), 61–79.

Cheong, F. (2008). Using a problem-based learning approach to teach an intelligent systems course. Journal of Information Technology Education: Research, 7(1), 47–60.

Erni Mariana, Kusuma Wardany, & Dwi Aprillia Setia Asih. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 395–401. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.621

Faelasofi, R., Matematika, P., Muhammadiyah, S., & Lampung, P. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Fajri, Z. (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. In 64 | Jurnal IKA (Vol. 7, Issue 2).

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227–240.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99–117. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.21396

Faturohman, I., & Afriansyah, E. A. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Creative Problem Solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 107–118.

Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL berseting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9684

Fitriarosah, N. (2016). Pengembangan Instrumen Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 243–250.

Grieshober, W. E. (2004). Continuing a dictionary of creativity terms & definition. New York: International Center for Studies in Creativity State. University of New York College at Buffalo.

Haris, A., & Rahman, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Bantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Spasial Mahasiswa. Jurnal Pendidikan MIPA, 8(1), 87–93.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266.

H Sinambela, J., Elvis Napitupulu, E., Mulyono, M., & Sinambela, L. (2018). The Effect of Discovery Learning Model on Students Mathematical Understanding Concepts Ability of Junior High School. American Journal of Educational Research, 6(12), 1673–1677. https://doi.org/10.12691/education-6-12-13

Hung, W., Jonassen, D. H., & Liu, R. (2008). Problem-based learning. In Handbook of research on educational communications and technology (pp. 485–506). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203880869

Kamid, K., Anwar, K., Iriani, D., & Nawahdani, A. M. (2021). Analisis minat dan keterampilan proses dalam pembelajaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i2.42640

Kilroy, D. A. (2004). Problem based learning. Emergency Medicine Journal, 21(4), 411–413. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1136/emj.2003.012435

Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Memanfaatkan Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26. https://doi.org/10.30656/gauss.v1i1.634

Mahmudi, A. (2010). Mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis. Makalah Disajikan Pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30.

Maxwell, N. L., Mergendoller, J. R., & Bellisimo, Y. (2005). Problem-based learning and high school macroeconomics: A comparative study of instructional methods. The Journal of Economic Education, 36(4), 315–329.

Narendrati, N. (2017). Komparasi pembelajaran statistika melalui pendekatan CTL dan problem posing ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 67–77. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.12723

Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1).

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 59. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59-62

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

So, H.-J., & Kim, B. (2009). Learning about problem based learning: Student teachers integrating technology, pedagogy and content knowledge. Australasian Journal of Educational Technology, 25(1).

Surur, M., & Tri Oktavia, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Umar, W., & Abdullah, S. (2020). Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Disertai Penerapannya. PEDAGOGIK, 7(2).

Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01). https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657

Wibowo, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik dan saintifik terhadap prestasi belajar, kemampuan penalaran matematis dan minat belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.10066

Wood, D. F. (2003). Problem based learning. Bmj, 326(7384), 328–330. https://doi.org/https://doi.org/10.1136/bmj.326.7384.328

Yuliana Gazali, R., & Fajaruddin Atsnan, M. (2017). Peningkatan Motivasi dan Minat Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Pendidikan Matematika, 12(2), 123–134. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.15987

Published
2023-06-27
How to Cite
Abd. Haris. (2023). Keefektifan Problem-Based Learning dan Discoveri Learning Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kreaktif Matematis dan Minat. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 505-513. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1071
Abstract viewed = 135 times
PDF downloaded = 110 times