Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah telah tersedia media permainan ular tangga kimia berbasis android materi sistem koloid yang valid dan sangat praktis, namun belum dilakukan uji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat keefektifan penggunaan media permainan ular tangga kimia berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas XI SMA/MA. Penelitian ini adalah lanjutan dari pengembangan menggunakan model Plomp. Desain penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Lareh Sago Halaban. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 4. Analisis data dengan uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Kelas eksperimen memiliki rata-rata posttest sebesar 88,24 dan kelas kontrol sebesar 73,06. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen 0,86 dikategorikan tinggi dan kelas kontrol 0,65 dikategorikan sedang. Nilai pengujian hipotesis didapatkan yaitu thitung (6,617) > ttabel (1,668) pada taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan media permainan ular tangga kimia berbasis android secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif sehingga hipotesis H1 diterima.
Downloads
References
Agustina, D. A. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa Sd. Elementary School, 4(1), 55–62.
Alatas, F., & Sakina, W. H. (2019). Guided discovery Berbantuan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 138. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.864
Amita, P., & Prasasti, T. (2017). Empowering Science Process Skill and Critical Thinking Through Guided Inquiry in Science Learning. Proceedings International Seminar oof Primary Education, 1, 15–20. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/ISPE
Creswell, J. W. (2014). Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH. Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH.
Handayani, A. S., Kirana, T., Rahayu, Y. S., & Jayanti, P. (2018). Implementation of Guided Discovery Learning to Improve Student Science Process Skills of Junior High School. 212, 731–735. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.165
Hediana, P. P., & Nurita, T. (2022). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 167–171.
Jannah, A. R. (2022). Analisis Keterlaksanaan Model Problem Solving pada Materi Redoks dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti (Vol. 33, Nomor 1). Universitas Jambi.
Kemendikbud. (2019). Pusat Penilaian Pendidikan: Laporan Hasil Ujian Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kinasih, R. A. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Intrapersonal Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Jurnal Belajar.
Llewellyn, D. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation (second). Corwin a SAGE Company.
Mulyar, L. D., Serevina, V., & Budi, A. S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI HUKUM NEWTON. VII, 129–136.
Murti, K. E. (2015). Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMK. 2009.
Ningrum, D. P., Budiyanto, M., & Susiyawati, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan LKPD Berbasis Scaffolding Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Pensa E-jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 399–406.
Nizar, M., Najib, M., Md-ali, R., & Yaacob, A. (2022). Effects of Phet Interactive Simulation Activities on Secondary School Students ’ Physics Achievement. South Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 3(2), 73–88. https://doi.org/10.48165/sajssh.2022.3204
Novebrini, S., Salamah, U., Agustin, S., & Azmi, N. (2021). Penggunaan LKPD Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang 1). 7(2), 179–188.
Ouahi, M. Ben, Lamri, D., Hassouni, T., & Al Ibrahmi, E. M. (2022). Science teachers’ views on the use and effectiveness of interactive simulations in science teaching and learning. International Journal of Instruction, 15(1), 277–292. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15116a
Purnamasari, J., Wardhani, S., Nawawi, S., & Info, A. (2021). Analisis Soal Keterampilan Proses Sains (Kps) Pada Materi Biologi Di Sma Kota Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 9–17.
Rusdiana, A. (2019). Penggunaan Media Physics Education and Technology (PHET) Terhadap Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 4 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rusman, & Andrian, Y. (2019). Century learning in curriculum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12, 14–23.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Ma Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826
Sulistyani, K., Indana, S., & Sudibyo, E. (2022). Analysis Effectiveness of Guided Inquiry Implementation to Improve Students’ Science Process Skills. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(6), 672–687. https://doi.org/https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.258
Supandi, S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 14–21. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4839
Tarumasely, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1), 54–65.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.