Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA

  • Anisa Sapitri Universitas Negeri Padang
  • Iswendi Iswendi Universitas Negeri Padang

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah telah tersedia media permainan ular tangga kimia berbasis android materi sistem koloid yang valid dan sangat praktis, namun belum dilakukan uji efektivitasnya terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengukur tingkat keefektifan penggunaan media permainan ular tangga kimia berbasis android terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif kelas XI SMA/MA. Penelitian ini adalah lanjutan dari pengembangan menggunakan model Plomp. Desain penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Lareh Sago Halaban. Pengambilan sampel dengan teknik Cluster Random Sampling dan terpilih kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 4. Analisis data dengan uji N-Gain dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Kelas eksperimen memiliki rata-rata posttest sebesar 88,24 dan kelas kontrol sebesar 73,06. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen 0,86 dikategorikan tinggi dan kelas kontrol 0,65 dikategorikan sedang. Nilai pengujian hipotesis didapatkan yaitu thitung (6,617) > ttabel (1,668) pada taraf kepercayaan α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan media permainan ular tangga kimia berbasis android secara signifikan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif sehingga hipotesis H1 diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Efektivitas, Media Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android, Sistem Koloid, Hasil Belajar

References

Agustina, D. A. (2017). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Ipa Sd. Elementary School, 4(1), 55–62.

Alatas, F., & Sakina, W. H. (2019). Guided discovery Berbantuan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(2), 138. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i2.864

Amita, P., & Prasasti, T. (2017). Empowering Science Process Skill and Critical Thinking Through Guided Inquiry in Science Learning. Proceedings International Seminar oof Primary Education, 1, 15–20. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/ISPE

Creswell, J. W. (2014). Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH. Proceedings of the Annual Conference of the International Speech Communication Association, INTERSPEECH.

Handayani, A. S., Kirana, T., Rahayu, Y. S., & Jayanti, P. (2018). Implementation of Guided Discovery Learning to Improve Student Science Process Skills of Junior High School. 212, 731–735. https://doi.org/10.2991/icei-18.2018.165

Hediana, P. P., & Nurita, T. (2022). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. PENSA E-JURNAL : PENDIDIKAN SAINS, 10(2), 167–171.

Jannah, A. R. (2022). Analisis Keterlaksanaan Model Problem Solving pada Materi Redoks dan Korelasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMAN Titian Teras H.Abdurrahman Sayoeti (Vol. 33, Nomor 1). Universitas Jambi.

Kemendikbud. (2019). Pusat Penilaian Pendidikan: Laporan Hasil Ujian Nasional. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kinasih, R. A. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Intrapersonal Siswa Kelas VIII pada Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Jurnal Belajar.

Llewellyn, D. (2013). Teaching High School Science Through Inquiry and Argumentation (second). Corwin a SAGE Company.

Mulyar, L. D., Serevina, V., & Budi, A. S. (2018). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI HUKUM NEWTON. VII, 129–136.

Murti, K. E. (2015). Pendidikan Abad 21 dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di SMK. 2009.

Ningrum, D. P., Budiyanto, M., & Susiyawati, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan LKPD Berbasis Scaffolding Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Pensa E-jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), 399–406.

Nizar, M., Najib, M., Md-ali, R., & Yaacob, A. (2022). Effects of Phet Interactive Simulation Activities on Secondary School Students ’ Physics Achievement. South Asian Journal of Social Sciences & Humanities, 3(2), 73–88. https://doi.org/10.48165/sajssh.2022.3204

Novebrini, S., Salamah, U., Agustin, S., & Azmi, N. (2021). Penggunaan LKPD Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang 1). 7(2), 179–188.

Ouahi, M. Ben, Lamri, D., Hassouni, T., & Al Ibrahmi, E. M. (2022). Science teachers’ views on the use and effectiveness of interactive simulations in science teaching and learning. International Journal of Instruction, 15(1), 277–292. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15116a

Purnamasari, J., Wardhani, S., Nawawi, S., & Info, A. (2021). Analisis Soal Keterampilan Proses Sains (Kps) Pada Materi Biologi Di Sma Kota Palembang. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 7(1), 9–17.

Rusdiana, A. (2019). Penggunaan Media Physics Education and Technology (PHET) Terhadap Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA Negeri 4 Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rusman, & Andrian, Y. (2019). Century learning in curriculum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12, 14–23.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sulistiyono, S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Ma Riyadhus Solihin. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(2), 61. https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i2.27826

Sulistyani, K., Indana, S., & Sudibyo, E. (2022). Analysis Effectiveness of Guided Inquiry Implementation to Improve Students’ Science Process Skills. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(6), 672–687. https://doi.org/https://doi.org/10.46245/ijorer.v3i6.258

Supandi, S. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri. Biodidaktika, Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 14(1), 14–21. https://doi.org/10.30870/biodidaktika.v14i1.4839

Tarumasely, Y. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1), 54–65.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. 2018–2019.

Published
2023-06-26
How to Cite
Anisa Sapitri, & Iswendi, I. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Kimia Berbasis Android Materi Sistem Koloid terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA/MA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 493-497. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1078
Abstract viewed = 278 times
PDF downloaded = 278 times