Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Konsep dan Dampak Pemanasan Global Fase E SMA/MA

  • Sonnya Camelia Universitas Negeri Padang
  • Mawardi Mawardi Universitas Negeri Padang
  • Okta Suryani Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi konsep dan dampak pemanasan global fase E SMA/MA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp dengan jenis penelitian Educational Design Research (EDR). Tahapan penelitian ini dilakukan hingga tahap prototyping phase pada uji small group. Pelaksanaan uji validitas dilakukan oleh tiga orang dosen kimia FMIPA UNPA dan dua orang guru kimi SMAN 8 Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia SMAN 8 Padang dan Sembilan orang peserta didik fase E SMAN 8 Padang. Instrument yang digunakan yaitu angket validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas dianalisis menggunakan rumus Aiken’s V. Hasil dari analisis data diperoleh tingkat validitas bahan ajar yang dikembangkan sebesar 0,88 dengan kategori valid dan hasil analisis data praktikalitas guru dan siswa sebesar 90% dan 88%. Hal ini menandakan bahwa bahan ajar untuk menunjang pembelajaran kurikulum merdeka pada materi konsep dan dampak pemanasan global telah valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Bahan Ajar, Kurikulum Merdeka, Pemanasan Global

References

Asmara, A. S., Prihamdani, D., & Haerudin, H. (2020). Pengembangan buku ajar berbasis Technopedagogy pada matakuliah konsep dasar matematika. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 11(2), 315–322. https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.7279

Chusnah, W., Ibnu, S., & Sutrisno, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Hidrolisis Garam dengan Pendekatan Scientific Inquiry Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 980. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13778

Gaja, M. R., & Mawardi, M. (2021). Sistem Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Larutan Nonelektrolit untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3173–3179. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1366

Herpika, F., & Mawardi, M. (2021). Validity of the Flipped Classroom Learning System Based on Guided Inquiry on Molecular Forms Using Augmented Reality for Class X SMA/MA Students. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 27(1), 232–236. https://doi.org/10.52155/ijpsat.v27.1.3062

Ineu, S., Teni, M., Yadi, H., Asep, H. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://media.neliti.com/media/publications/444639-none-ee780f83.pdf

Ismail, I. A., & Mawardi, M. (2021). Flipped Classroom Learning System Guided Inquiry On Thermochemical Materials For High School Students Class XI. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 30(1), 280–287.

Jannah, W., & Ellizar. (2018). Validitas dan Praktikalitas Modul Larutan Penyangga Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Menerapkan Teknik Probing Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. Menara Ilmu, XII(12), 101–111.

Khairunnisak, I., Mawardi, M., Widarti, H. R., & Yamtinah, S. (2023). Effectiveness of Guided Inquiry Based Student Worksheet Integrated with Flipped Classroom System on Reaction Rate Material on Students ’ Ability to Think Critically. 9(5), 2431–2437. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.3271

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Mawardi, M., Fitriza, Z., Suryani, O., Sukmawati, S., & Aumi, V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Guided Inquiry (FGIL) Pada Pembelajaran Kimia SMA di Kabupaten Agam Sebagai Model Untuk Pembelajaran Digital di Masa Pandemi Covid 19. Pelita Eksakta, 4(2), 176. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol4-iss2/170

Nazilah, N., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Wulandari, A. Y. R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Socio-Scientific Issues Pada Materi Pemanasan Global. Natural Science Education Research, 1(2), 192–205. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4810

Nengsih, N. R., Yusmaita, E., & Gazali, F. (2019). Evaluasi Validitas Konten dan Konstruk Bahan Ajar Asam Basa Berbasis REACT. EduKimia, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104017

Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research. Educational Design Research. https://doi.org/10.4324/9780203088364

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Sakinah, R. N. (2022). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 6349_6356.

Siregar, F. R., & Mawardi, M. (2022). Development of the Learning System of Flipped-Guided Inquiry-Based Learning (FGIL) Using Moodle on Chemical Equilibrium material. Indonesian Journal of Educational Studies, 25(1), 31–49. https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/33568

Suciana, D., & Ellizar, E. (2019). Pengembangan Modul Laju Reaksi Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas XI SMA/MA. EduKimia, 1(1), 37–45. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104079

Syafei, S. S., & Mawardi, M. (2022). POGIL Model Integrated Flipped Classroom Assisted Learning Management System (LMS) for Learning Solution in ERI 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 444–451. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1298

Tamara, N. C., Supriyati, Y., & Fahdiran, R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dampak Pemanasan Global Berbasis Problem Based Learning Management System (Lms) Schoology. VIII, SNF2019-PE-281–290. https://doi.org/10.21009/03.snf2019.01.pe.35

Waer, W. P., & Mawardi, M. (2021). Integrasi Model Inkuiri Terbimbing Dan Pendekatan Flipped Classroom Pada Pembelajaran Materi Sifat Koligatif Larutan Untuk Siswa Kelas XII SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1029–1037. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/498

Yuli, F., & Mufit, F. (2021). Disain dan Validitas Bahan Ajar Berbasis Konflik Kognitif Mengintegrasikan Virtual Laboratory pada Materi Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 101–112. https://doi.org/10.24036/jpp

Published
2023-06-29
How to Cite
Sonnya Camelia, Mawardi Mawardi, & Okta Suryani. (2023). Pengembangan Bahan Ajar untuk Menunjang Pembelajaran Kurikulum Merdeka pada Materi Konsep dan Dampak Pemanasan Global Fase E SMA/MA. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 530-537. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1091
Abstract viewed = 3269 times
PDF downloaded = 2618 times