Efektivitas Media Pembelajaran Power-Point Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Peyangga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, pengembangan media yang dapat menampilkan level representasi kimia dalam bentuk power-point interaktif pada materi larutan peyangga. Media yang dikembangkan oleh Riska Septia Dewi sudah diuji validitas dan praktikalitasnya, untuk dapat digunakan perlu dilakukan uji efektivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran power-point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan peyangga terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Lembah Gumanti. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) ini menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari kelas XI MIPA di SMAN 1 Lembah Gumanti tahun pelajaran 2022/2023 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa instrument tes yang terdiri dari 20 soal. Data hasil belajar dianalisis dengan uji N-Gain dan uji Hipotesis (Uji t). N-Gain Kelas eksperimen 0,63 dan N-Gain kelas kontrol 0,51 dengan kategori sedang, N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari pada N-Gain kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t, didapatkan sig (2-tailed) (0,001) < taraf signifikasi (0,05), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran power-point interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan peyangga efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan di SMAN 1 Lembah Gumanti.
Downloads
References
Agang, M. J., Tangi, H. C., & Komisia, F. (2021). Penggunaan Video Pembelajaran Berbasis Integrasi Representasi Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kimia Siswa. … Education and Development, 9(4), 38–41. https://doi.org/10.37081/ed.v9i4.2968
Anggraeni, D., & Aini, S. (2022). Effectiveness of Interactive Powe-Point Learning Media Based on Guided Inquiry on Acid-Base Materials for Class XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 90–99. https://doi.org/10.0.93.152/jppk.v11.i2.2022.10
Cheva, V. K., & Zainul, R. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Untuk Sma/Ma Kelas X. EduKimia, 1(1), 28–36. https://doi.org/10.24036/ekj.v1i1.104077
Dewi, R. S., & Aini, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Larutan Penyangga. Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 162–171. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i3.342
Gazali, F., & Yusmaita, E. (2018). Analisis Prior Knowledge Konsep Asam Basa Siswa Kelas XI SMA untuk Merancang Modul Kimia Berbasis REACT. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 202. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/249
Indah, Y. A. S., & Azizah, U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Pada Materi Pokok Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Kelas X MIA 5 Sman 3 SURABAYA. 3(3), 1–23. https://doi.org/10.26740/ujced.v3n3.p%25p
Kristalia, A., & Yerimadesi. (2021). Efektivitas e-modul larutan elektrolit dan nonelektrolit berbasisi guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas x. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(2), 54–59. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.37910
Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333
Maypalita, F., & Zainul, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa ( LKS ) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMAN 5 Padang. Jurnal UNP, 2(5), 1–8. https://doi.org/10.31227/osf.io/j3fxc
Mayresta, R. (2022). Effectiveness of Integrated PowerPoint-iSpring Multimedia Prompting Questions on Learning Electrolyte and Nonelectrolyte Solutions Based on Guided Discovery Learning on the Learning Outcomes of Class X High School Students. 6(4), 603–612. http://dx.doi.org/10.31258/jes.6.4.p.603-612
Nasution, S. A., & Aini, S. (2021). Entalpi Pendidikan Kimia Development of Interactive PowerPoint Learning Media Based on Guided Inquiry on Electrolyte and Nonelectrolyte Solution Topic. Entalpi Pendidikan Kimia, 76–84. https://doi.org/10.24036/epk.v2i2.151
Nirmalasari, Santiani, H. M. R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Getaran Harmonis, 4(3), 74–94. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.511
Nuranisah, & Aini, S. (2022). Effectiveness of Guided Inquiry-based Interactive Power-Point Learning Media on Electrolyte and Non-electrolyte Solution Materials for Class X SMA • INTRODUCTION Interactive media are media that are equipped with controllers that can be operated by users. 11(2), 118–129. https://doi.org/10.23960/jppk.v11.i2.2022.13
Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378
Sarumaha, D. R., & Andromeda, A. (2022). Efektivitas Penggunaan E-Modul Larutan Penyangga Berbasis Inkuiri Terbimbing Dilengkapi Video Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Pulau-pulau Batu. 6(2), 1–7. https://doi.org/10.23887/jjpk.v6i2.40715%0A
Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017, 5(1), 53–68. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3446
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 24–32. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.