Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi terhadap Hasil Belajar Siswa
Abstract
Tersedianya media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi oksidasi yang sudah valid dan praktis, agar media ini dapat digunakan maka diperlukan uji efektivitas terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi oksidasi terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas X IPA MAN 2 Kota Padang tahun ajaran 2022/2023, cara penentuan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dua kelas dari tujuh kelas dengan pertimbangan tertentu dari guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Data hasil belajar dianalisis menggunakan N-Gain dan Uji T karena data yang didapatkan berdistrubusi normal dan memiliki varians yang homogen. Nilai N-Gain yang didapatkan yaitu 0,78 pada kelas eksperimen dan 0,68 pada kelas kontrol. Pada uji T didapatkan Thitung = 5,899 > Ttabel = 1,66 dan dinyatakan bahwa penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi reduksi oksidasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Anggraeni, D., & Aini, S. (2022). Effectiveness of Interactive Powe-Point Learning Media Based on Guided Inquiry on Acid-Base Materials for Class XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 90–99.
Bayharti, B., Azumar, O. R., Andromeda, A., & Yerimadesi, Y. (2019). Effectiveness of redox and electrochemical cell module based guided discovery learning on critical thinking skills and student learning outcomes of high school. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012144
Hake. (1999). Analyzing Charge Gain Scores. America Edutional Research Association’s Division, Measurrement and Research Methodology.
Hanson, D. M. (2005). Instructor’s Guide to Process Oriented Guided Inquiry Learning. Pasific Crest.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505
Hidayanti, M., & Aini, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Reaksi Oksidasi Reduksi Kelas X SMA / MA Pendidikan Kimia , Universitas Negeri Padang , Jl . Prof . Dr . Hamka Air Tawar Barat , Padang Abstract The reduction ox. 1(2), 76–83.
Latisma. (2011). Evaluasi Pendidikan. UNP Press.
Nainggolan, B., & PW, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Asam Basa. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(1), 147–152. https://doi.org/10.32734/st.v2i1.334
Nuranisah, & Aini, S. (2022). Effectiveness of Guided Inquiry-based Interactive Power-Point Learning Media on Electrolyte and Non-electrolyte Solution Materials for Class X SMA • INTRODUCTION Interactive media are media that are equipped with controllers that can be operated by users. 11(2), 118–129. https://doi.org/10.23960/jppk.v11.i2.2022.13
Rahmadansah, R., Haryanto, H., Sanova, A., Asrial, A., Yusnidar, Y., & Raidil, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Tai Berbantuan E-Lkpd Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Materi Asam Basa. Jurnal Zarah, 10(1), 38–46. https://doi.org/10.31629/zarah.v10i1.4252
Rahmani, R. A., & Abduh, M. (2022). Efektivitas Media PowerPoint Interaktif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2456–2465. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2378
Santoso, S. (2016). Panduan Lengkap SPSS Versi 23. PT. Elex Prenada Media Group.
Srimaya. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Biotek Volume 5 Nomor 1 Juni 2017, 5(1), 53–68. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3446
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. PT Bumi Aksara.
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wardani, S., Setiawan, S., & Supardi, K. I. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Dan Oral Activities Pada Materi Pokok Reaksi Reduksi Dan Oksidasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1743–1750.
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi. Jurnal Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 24–32.
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.