Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audiovisual

  • Farihatul Maslahah Universitas Negeri Surabaya
  • Mohammad Budiyanto Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Perkembangan abad ke-21 menghadirkan beberapa tantangan yang harus dikuasai oleh siswa. Model yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harus bersifat student centered agar siswa mampu mencapai tantangan yang dibutuhkan di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan media audiovisual pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one groups pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMPN 9 Gresik dengan sampel kelas VIII-G. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase rata-rata 93%. Rata-rata skor peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest adalah 0,65 yang tergolong ke dalam kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa model guided inquiry berbantuan media audiovisual dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Guided Inquiry, Audiovisual, Hasil Belajar Siswa

References

Ahmad, F. A., Tawil, M., & Rusli, M. A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII (Studi pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.

Banchi, H., & Bell, R. (2008). The many levels of inquiry. Science and children, 46(2), 26

Fauziyah, D. R. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um033v3i2p48-54

Ibnu, S., Verawati, V., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Alat-Alat Optik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 27–32. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3803

Kurniati, F., Soetjipto, S., & Indana, S. (2018). Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p15-20

Kuswanto, J., Nasir, M., & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463

Muharrami, L. K., & Ahied, M. (2018). Pengembangan LKS IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Natural Science Education Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.5104

Novelti, N. (2021). Implikasi Aliran Psikologi Kognitif dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. http://eprints.umsb.ac.id/289/

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612

Putri, N. P. U. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA [Masters, Universitas Pendidikan Ganesha]. https://doi.org/10/1923071031-COVER.pdf

Qoyyimah, T. F., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1321

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Programme for International Student Assessment (PISA).

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.

Yuliastutik, S., Sudarti, S., & Supriadi, B. (2021). Dampak Model Inkuiri Terbimbing disertai Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Maesan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.19184/jpf.v3i3.23275

Published
2023-06-30
How to Cite
Farihatul Maslahah, & Mohammad Budiyanto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audiovisual. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 544-550. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1100
Abstract viewed = 120 times
PDF downloaded = 76 times