Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audiovisual
Abstract
Perkembangan abad ke-21 menghadirkan beberapa tantangan yang harus dikuasai oleh siswa. Model yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran harus bersifat student centered agar siswa mampu mencapai tantangan yang dibutuhkan di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided inquiry berbantuan media audiovisual pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one groups pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMPN 9 Gresik dengan sampel kelas VIII-G. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase rata-rata 93%. Rata-rata skor peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest adalah 0,65 yang tergolong ke dalam kategori sedang. Sehingga dapat dikatakan bahwa model guided inquiry berbantuan media audiovisual dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Downloads
References
Ahmad, F. A., Tawil, M., & Rusli, M. A. (2020). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII (Studi pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal IPA Terpadu, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.35580/ipaterpadu.v4i1.14553
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta.
Banchi, H., & Bell, R. (2008). The many levels of inquiry. Science and children, 46(2), 26
Fauziyah, D. R. (2019). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um033v3i2p48-54
Ibnu, S., Verawati, V., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Alat-Alat Optik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 27–32. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3803
Kurniati, F., Soetjipto, S., & Indana, S. (2018). Membangun Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p15-20
Kuswanto, J., Nasir, M., & Ariyansyah, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan MIPA, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.37630/jpm.v11i2.463
Muharrami, L. K., & Ahied, M. (2018). Pengembangan LKS IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Natural Science Education Research, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21107/nser.v1i1.5104
Novelti, N. (2021). Implikasi Aliran Psikologi Kognitif dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. http://eprints.umsb.ac.id/289/
Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa SD/MI. Jurnal Basicedu, 5(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1546
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. PISA, OECD Publishing, Paris. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i1.31612
Putri, N. P. U. R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA [Masters, Universitas Pendidikan Ganesha]. https://doi.org/10/1923071031-COVER.pdf
Qoyyimah, T. F., & Nugroho, O. F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Pictorial Riddle Dalam Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SDN Gudang. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.37150/perseda.v4i3.1321
Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Programme for International Student Assessment (PISA).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana.
Yuliastutik, S., Sudarti, S., & Supriadi, B. (2021). Dampak Model Inkuiri Terbimbing disertai Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Maesan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.19184/jpf.v3i3.23275
Copyright (c) 2023 JURNAL PENDIDIKAN MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
- Seluruh materi yang terdapat dalam situs ini dilindungi oleh undang-undang. Dilarang mengutip sebagian atau seluruh isi situs web ini untuk keperluan komersil tanpa persetujuan dewan penyunting jurnal ini.
- Apabila anda menemukan satu atau beberapa artikel yang terdapat dalam Jurnal Pendidikan MIPA yang melanggar atau berpotensi melanggar hak cipta yang anda miliki, silahkan laporkan kepada kami, melalui email pada Principle Contact.
- Aspek legal formal terhadap akses setiap informasi dan artikel yang tercantum dalam situs jurnal ini mengacu pada ketentuan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).
- Semua Informasi yang terdapat di Jurnal Pendidikan MIPA bersifat akademik. Jurnal Pendidikan MIPA tidak bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi karana penyalah gunaan informasi dari situs ini.