Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang memiliki bobot yang relatif lebih besar dibandingkan tiga kecakapan yang menjadi fokus pendidikan abad ke-21. Sementara, hasil survei PISA tahun 2018 oleh OECD menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia masih tergolong rendah. Padahal kemampuan ini diperlukan untuk memecahkan masalah dari berbagai sudut pandang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan respons siswa terhadap model learning cycle 5E. Aspek kemampuan berpikir kritis yang diteliti, yakni interpretasi, inferensi, analisis, eksplanasi, evaluasi dan regulasi diri. Rancangan pada penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design, dengan subjek penelitian sebanyak 31 siswa SMPN 1 Mojowarno. Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan ditandai dengan hasil perhitungan rata-rata N- gain sebesar 0,73 dengan kategori tinggi. Rata-rata respons siswa terhadap pembelajaran yang termasuk kategori sangat setuju sebesar 86%, yang berarti bahwa siswa memberikan respons positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VIII pada materi getaran dan gelombang. Karena penelitian ini hanya berfokus pada materi getaran dan gelombang, disarankan penelitian selanjutnya menggunakan materi lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Learning Cycle 5E, Kemampuan Berpikir Kritis

References

Ananda, Y. Y. T., Nazriati, N., & Dasna, I. W. (2021). Inquiry learning with a STEM approach to increase critical thinking skills in terms of students’ initial abilities. AIP Conference Proceedings, 2330(March). https://doi.org/10.1063/5.0043620

Aniqo, Z., Wisanti, & Kuswanti, N. (2015). Validitas dan Keterlaksanaan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Learning Cycle 5E Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. BioEdu, 4(1), 810–815.

Asriyadin, A., & Fikri, H. N. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 63–67.

Bybee, R. W., Taylor, J. a, Gardner, A., Scotter, P. V, Powell, J. C., Westbrook, A., & Landes, N. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. In BSCS (Ed.), Bscs (Issue September 2015). Executive Summary.

Cross, D., Taasoobshirazi, G., Hendricks, S., & Hickey, D. (2008). Argumentation: a Strategy for Improving Achievement and Revealing Scientific Identities. International Journal Of Science Education.

Dasna, I. . (2005). Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Kajian Teoritis dan Implementasinya dalam Pembelajaran Kimia. (hlm. 69-98).

Dewi, N. S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Dengan Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik.

Djadir, Upu, H., Hasmullah, & Rezky, A. (2021). Model Pembelajaran Learning Cycle 5E ( Engage , Explore , Explain , Elaboration , Evaluate ) Berbasis Daring Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1931–1943.

Facione, P. A. (2013). Critical Thinking:What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponerogo.

Handayani, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas IV MIN Se-Kabupaten Lombok Tengah. 5(1), 1–8.

Kusumastuti, R. P. et al. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. 8(3).

Ma, X., Zhang, Y., & Luo, X. (2021). Students’ and teachers’ critical thinking in science education: are they related to each other and with physics achievement? Research in Science & Technological Education ISSN: https://doi.org/10.1080 /02635143.2021.1944078

Marek, E. A. (2008). Why the learning cycle? Journal of Elementary Science Education, 20(3), 63–69. https://doi.org/10.1007/bf03174709

Miarti, E., Hasnunidah, N., & Abdurrahman, A. (2021). The Effect of Learning Cycle 5E on Critical Thinking Skills for Junior High School Students. Scientiae Educatia, 10(2), 177. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v10i2.9127

Narut, Y. F. dan, & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69.

Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10.

Panggabean, Suvriadi, et al. (2021). Buku Digital Sistem Student Center Learning Dan Teacher Center Learning_Atik Badiah_Tahun 2021 (A. Munandar (ed.)). Media Sains Indonesia.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Senindra, H., Muslim, M., & Fathurohman, A. (2016). Pengaruh Modelpembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1–7.

Susanto. Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenada Media.

Susilawati, E., Sarnita, F., Gumilar, S., Erwinsyah, A., Utami, L., & Amiruddin, A. (2019). Using inductive approach (IA) to enhance students’ critical thinking (CT) skills. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 52035.

Živkovic, S. (2016). A Model of Critical Thinking as an Important Attribute for Success in the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 102–108. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.034

Published
2023-09-01
How to Cite
Putri Nur Solichah, & Dhita Ayu Permata Sari. (2023). Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIII. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 596-602. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1117
Abstract viewed = 298 times
PDF downloaded = 210 times