Kemampuan Literasi Sains Berbasis Gender Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul pada Konsep Ekosistem

  • Siti Nurrachmatia Azizah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Aa Juhanda Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Sistiana Windyariani Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Salah satu kemampuan literasi abad 21 adalah literasi sains. Literasi sains siswa Indonesia dari tahun 2000 hingga 2018 masih di bawah rata-rata, menurut PISA 2018. Ini karena literasi, yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari, tetapi kurang mendapat prioritas di ruang kelas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara hasil ujian literasi sains siswa laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini menggunakan pre-experimental dengan desain tipe one-group pre-test post-test design. Hasilnya menunjukkan bahwa kinerja anak laki-laki dan perempuan berbeda dalam tes literasi sains. Pada kategori sangat baik, nilai literasi sains siswa laki-laki sebesar 69, sedangkan pertumbuhan literasi sains siswa putri sebesar 83 juga sangat baik. Berdasarkan perbedaan tersebut, dapat dikatakan bahwa siswa perempuan mendapatkan lebih banyak meningkat daripada siswa laki-laki dalam hal literasi sainsnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Kemampuan, Literasi Sains, Gender, PBL, E-Modul

References

Abanikannda M O. (2016). Influence of problem-based learning in chemistry on academic achievement of high school students in Osun State, Nigeria. International Journal of Education, Learning and Development, 4(3), 55–63.

Asriyadin, A., & Fikri, H. N. (2016). Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan MIPA, 6(2), 63–67.

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Dulyapit, A., Supriatna, Y., & Sumirat, F. (2023). Application of the Problem Based Learning (PBL) Model to Improve Student Learning Outcomes in Class V at UPTD SD Negeri Tapos 5, Depok City. JOINME (Journal of Insan Mulia Education), 1(1), 31–37.

Fadlika, R. H., Mulyani, R., & Dewi, T. N. S. (2020). Profil Kemampuan Literasi Sains Berdasarkan Gender di Kelas X. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 12(2), 104. https://doi.org/10.25134/quagga.v12i2.2326

Fuadi, M., Arsyad, M., Arafah, K., & Asriyadin, A. (2020). Pengaruh Model Learning Cycle 5E Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA Negeri 2 Woha Bima. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(2), 116–121.

Hango, D. (2013). Gender differences in science, technology, engineering, mathematics and computer science (STEM) programs at university Insights on Canadian Society. Insights on Canadian Society, 75, 1–11.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714

Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis Capaian Literasi Sains Biologi Siswa Sma Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 1(2), 72. https://doi.org/10.24036/jep.v1i2.70

Jufri, W. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Penerbit Pustaka. Reka Cipta. 1(176), 8–23.

Juhanda, A., & Maryanto, Y. (1970). The emergence of biological problems in electronic school books (bse) class x reviewed from the scientific knowledge domain of scientific literacy. Biosfer, 11(2), 121–125. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v11n2.121-125

Meilasari, S., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207.

Ni’mah, S. N., & Noor, F. M. (2023). Development of Ethnoscience-Based Science Learning Module Oriented Science Process Skills of Students. Journal of Insan Mulia Education, 1(1), 1–10.

Nurazizah, S., Suhendar, & Nuranti, G. (2022). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Berdasarkan Gender Menggunakan Model STEM ( Profil Scientific Literacy Ability of Junior High School Students Bades on Gender Using The. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 207–214.

Pujiati, A., & Retariandalas, R. (2019). Literasi Sains Dan Kecerdasan Adversity Siswa Sekolah Menengah Di Cilodong, Kota Depok. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 28–34. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.6

Pusfarini, P. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning dalam Mereduksi Disparitas Gender pada Capaian Pembelajaran Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 57–65. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.909

Srikandi Maharani, M. dkk. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Sains Berbasis Gener Pada Materi Sistem Pencernaan. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 661–670.

Summaries, C. E. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Winarko, A. S., Sunarno, W., & Masykuri, M. (2013). Pengembangan Modul ElektronikBerbasis POEI (Prediksi, Observasi, Eksperimen, Interpretasi)Pada Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Negeri Ponorogo. Bioedukasi, 6(2), 58–75.

Windyariani, S. (2018). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 17–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.3

Windyariani, S., Setiono, S., & Sutisnawati, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Konteks dan Kreativitas untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bioedukatika, 4(2), 19. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v4i2.5326

Zubaidah, S. (2020). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Online. December 2016.

Published
2023-09-01
How to Cite
Siti Nurrachmatia Azizah, Aa Juhanda, & Sistiana Windyariani. (2023). Kemampuan Literasi Sains Berbasis Gender Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul pada Konsep Ekosistem. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 573-578. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1120
Abstract viewed = 216 times
PDF downloaded = 186 times