Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Setting Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP

  • Yufianda Zulfa Nabila Universitas Negeri Surabaya
  • Dyah Astriani Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik setelah diterapkannya metode pembelajaran tutor sebaya setting kolaboratif. Domain hasil belajar yang diteliti merupakan level kognitif peserta didik yang mengacu taksonomi Bloom yaitu mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian one-group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 18 Surabaya yang berjumlah 31 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran tutor sebaya setting kolaboratif dapat meningkatkan hasil belajar kognitif kelas VII C dengan nilai N-Gain sebesar 0,6 kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya setting kolaboratif berpengaruh secara signifikan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Tutor Sebaya Setting Kolaboratif, Hasil Belajar Peserta Didik

References

Abrianto, O. R., & Prihatnani, E. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (Abridged Edition). Addison Wesley Longman, Inc. http://www.ablongman.com

Arends, R. I. (2014). Learning to Teach (Tenth Edition). McGraw-Hill.

Bengi, I. S., Pandiangan, A., Pandia, L. H. B., & Safriana, S. (2022). Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 2(2), 138–142. https://doi.org/10.52434/jpif.v2i2.1990

Berghmans, I., Neckebroeck, F., Dochy, F., & Struyven, K. (2013). A typology of approaches to peer tutoring. Unraveling peer tutors’ behavioural strategies. European Journal of Psychology of Education, 28(3), 703–723. https://doi.org/10.1007/s10212-012-0136-3

Falchikov, N. (2002). Learning Together: Peer Tutoring in Higher Education. RoutledgeFalmer.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2023). How To Design and Evaluate Research in Education (Eleventh Edition). McGraw Hill LLC.

Ginting, N. F., Prastowo, P., & Yusuf, M. (2022). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMP Negeri 3 Binjai. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 3(2), 145–153. https://doi.org/https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1432

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin, A SAGE Company.

Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 64(66). doi:10.1119/1.18809

Ilmiyatni, F., Jalmo, T., & Yolida, B. (2019). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Bioterdidik, 7(2), 35–45.

Kusumah, M. I., Sutisna, & Septian, D. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Vektor Kelas X MIPA MAN 1 Cirebon. JPFS: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 1(1), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.52188/jpfs.v1i1.62

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mashfufah, A., Dasna, I., & Utama, C. (2023). Model Pembelajaran Proyek Berbasis Komunitas Pada Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu. Malang: PT Literasi Nusantara Abadi Grup.

Masyithah, D. (2018). Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Kelas MVIII SMPN 8 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Misnoraliawati. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA II MAN I PALEMBANG. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 31–42. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jipf.v5i1.5750

Prayitno, M. A. (2022). Implementasi Metode Tutor Sebaya Sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas X (PTK di MA YPIP Panjeng Ponorogo). Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Purwanto, N. (2019). Tujuan Pendidikan dan Hasil Belajar: Domain dan Taksonomi. Jurnal Teknodik, 146–164. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.541

Rahayu, R., & Fatmawati, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Terhadap Siswa Kesulitan Belajar Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya. Ranah Research : Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 2(2), 18–28. https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/223

Rosanti, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v9i2.26773

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology (Sixth Edition). McGraw-Hill Education.

Seel, N. M. (2012). Encyclopedia of the Sciences of Learning. In N. M. Seel (Ed.), Encyclopedia of the Sciences of Learning. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6

Slavin, R. E. (2018). Educational Psychology : theory and practice (Twelfth Edition). Pearson.

Suleman, N., Naiyo, M. H., Duengo, S., & Kilo, A. K. (2022). Pengaruh Strategi REACT Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jambura Journal of Educational Chemistry, 4(1), 44–50. https://doi.org/10.34312/jjec.v4i1.13634

Sumarli, S., & Murdani, E. (2014). Model Pembelajaran Kolaboratif dengan Tutor Sebaya pada Pokok Bahasan Rangkaian Seri-Paralel Hambatan Listrik. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(2), 42–46. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v1i2.10845

Tetiwar, J., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Perkalian Bersusun Pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 302–308.

Ulia, N. (2018). EFEKTIVITAS COLABORATIVE LEARNING BERBANTUAN MEDIA SHORT CARD BERBASIS IT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 1. https://doi.org/10.30659/pendas.3.2.1-11

Wali, G., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA. Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173.

Wilujeng, I. (2018). IPA Terintegrasi dan Pembelajarannya. Yogyakarta: UNY Press.

Zulfira, T., Ngadimin, & Melvina. (2017). Pengaruh Metode Collaborative Learning Dipadu Dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 175–179.

Published
2023-09-01
How to Cite
Yufianda Zulfa Nabila, & Dyah Astriani. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Setting Kolaboratif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 644-650. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1132
Abstract viewed = 217 times
PDF downloaded = 141 times