Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tema Kelistrikan pada Sistem Saraf untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX

  • Rahida Aprilianti Azzahra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Sjaifuddin Sjaifuddin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Liska Berlian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan berjalan kurang efektif karena kurangnya minat belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran, hasil tersebut disebabkan oleh kurangnya media pembelajaran yang tersedia dan kurang menariknya media pembelajaran, sehingga pemahaman siswa dalam memahami materi tema kelistrikan pada sistem saraf menjadi kurang maksimal. Salah satu media yang menarik dan dapat dikembangkan yaitu media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui tingkat kevalidan dan tingkat efisiensi dari media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D menggunakan model 4D dari Thiagarajan akan tetapi hanya dibatasi sampai tiga tahap yaitu pengembangan (Development). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli untuk menguji serta angket respon siswa untuk mengukur tingkat efisiensi dari produk yang dikembangkan. Hasil validasi dari media pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline tema kelistrikan pada sistem saraf untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas IX secara keseluruhan berdasarkan hasil validasi dari beberapa validator memperoleh nilai persentase sebesar 92,20%, ahli materi memperoleh nilai persentase sebesar 84,34% dengan kategori “Sangat Valid”, ahli media memperoleh nilai persentase sebesar 97,61 % dan guru IPA memperoleh nilai persentase sebesar 94,60% dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil tingkat efisiensi dari media pembelajaran memperoleh nilai persentase sebesar 89,94% dengan kategori “Sangat Efisien.

Downloads

Download data is not yet available.
Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi Articulate Storyline, Minat Belajar

References

Alhadi, D. F., & Cholik, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11, 126–132. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/44289

Anfira, D. K. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Kepuasan Belajar. Pedagogi Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(02), 150–163.

Arman Cahyanto, Lesmono, A. D., & Handayani, R. D. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Articulate Storyline 3 untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 3(2), 154–164. https://doi.org/10.30872/jlpf.v3i2.1551

Arta, A.-L. F., & Irfan, D. (2022). Perancangan media animasi interaktif pada mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika kelas IX Teknik Audio Vidio di SMKN 1 Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 4500–4501.

Asiani, A., Sjaifuddin, S., & Biru, L. T. (2021). Analisis Komponen Sikap Ilmiah Siswa Dalam Buku Teks Pelajaran IPA SMP Kelas VII Pada Tema Panas Di Bumiku. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 113–119. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.113-119

Asih, & Imami, A. I. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Pada Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatifatematika Inovatif, 4(4), 93. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.799-808

Aulia, S., Yuniasti, A., Wulandari, R., Ahied, M., Munawaroh, F., & Rosidi, I. (2022). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Articulate. 5(2), 50–59.

Cahyani, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Kontekstual pada Materi Jenis-Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia Muatan IPS Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.45203

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Terhadap Mata Pelajaran IPA Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Fatia, I., & Ariani, Y. (2020). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran Faktor dan Kelipatan Suatu Bilangan di Kelas IV Sekolah Dasar. 3(2), 503–511. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2797

Gunawan, R., Sudarman, S., & Astuti, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Di Smpn 34 Samarinda. Educational Studies: Conference Series, 2(1), 54–62. https://doi.org/10.30872/escs.v2i1.1196

Mahardhika, L. J., & Yusman, W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Software Articulate Storyline 3 untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMA N 1 Kasihan Kelas X Development of Interactive Learning Media Based on Articulate Storyline 3 Software. 1–8.

Muhammad, I., & Yolanda, F. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.11083

Nugraheni, T. D. (2017). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN,

Nuriman, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dan Pemanfaatan Media Cetak Terhadap Hasil Belajar ( The influence of Numbered Head Together Models and Utilization Media Print Towards Student ’ s Learning Outcomes ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 1(No. 1).

Oktiningrum, W., & Putri, A. R. (2023). Pengembangan bahan ajar pocket book berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SD. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 1(2), 45–54. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i2.1407

Putri, K., Djaja, S., & Suyadi, B. (2017). The Influence of Learning Interest and Emotional Intelligence towards Learning Achievement Grade XI Senior High School 1 Prajekan Regency Bondowoso School Year 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(2017), 67–74.

Putri, N. K., Yuberti, Y., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis web google sites materi hukum Newton pada gerak benda. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1, 133–143. https://doi.org/10.30631/psej.v1i3.1033

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Daring Di Kelas Va SDN Lembursitu. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 224. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.669

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika,Sains, Dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.

Saskia, R. A., Ajizah, A., & Hafizah, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs. Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2(2), 17. https://doi.org/10.20527/i.v2i2.7389

Shakina, A., & Afrianis, N. (2021). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Bentuk Molekul Kelas X IPA SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1), 17–24. https://doi.org/10.24036/jep/vol5-iss1/550

Sugiyati. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar. PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA, 2(1), 71–81.

Suhailah, F., Muttaqin, M., Suhada, I., Jamaluddin, D., & Paujiah, E. (2021). Articulate Storyline: Sebuah Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Sel. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 19–25. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.3208

Supeno, S., Fitriani, D. K., Wahyuni, D., & Rahayuningsih, R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Eduscience, 9(2), 294–304. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Utami, Y. S., & Wahyudi. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Peserta Didik Kelas V SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 04(April), 62–71. https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i1.5056

Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Semnara , 1–9.

Published
2023-09-01
How to Cite
Rahida Aprilianti Azzahra, Sjaifuddin Sjaifuddin, & Liska Berlian. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tema Kelistrikan pada Sistem Saraf untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas IX. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 681-692. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i3.1135
Abstract viewed = 315 times
PDF downloaded = 224 times